Rabu, 02 April 2014

[Book Review] S.C.H.O.O.L : Chemistry by aL Dhimas






Judul: S.C.H.O.O.L: Chemistry (Seven Complicated Hours of Our Life #1)
Pengarang: aL Dhimas
Penerbit: GagasMedia
Tahun Terbit: 2014
Tebal: 214 halaman

“Melayani orang yang nggak suka padamu cuma akan membuatmu menyia-nyiakan waktumu untuk belajar.”

Marsha Anandita Hariadie. Berstatus siswi di salah satu SMA di Batam. Menyukai pelajaran Kimia dan punya cita-cita untuk ikut mewakili sekolahnya di olimpiade Kimia antar SMA. Alasan Marsha suka pelajaran Kimia adalah karena dia sama sekali tidak ingin berada di bawah bayang-bayang sang kakak yang pintar dalam semua mata pelajaran kecuali Kimia.

Seperti remaja lainnya, Marsha juga punya kelompok pertemanan yang beranggotakan 5 orang yaitu Mel, Roro, Alvie, Sarah dan Marsha sendiri.

Kembali ke impian Marsha yang ingin menjadi salah satu peserta olimpiade Kimia, hal itu sama sekali tidak mudah walaupun Marsha sudah berusaha keras. Apalagi ada seorang siswi bernama Tantri yang selalu nyinyir dan menunjukkan sikap tidak suka terang-terangan pada Marsha. Menurut Tantri, siswi seperti Marsha tidak pantas menunjukkan minat pada Kimia.

Untungnya sahabat-sahabatnya selalu mendukung Marsha. Tapi kemudian persahabatan mereka rusak karena rahasia yang disimpan oleh mereka sendiri.

“Orang yang nggak pernah gagal itu sebenarnya orang yang nggak pernah nyobain apa pun.”

SCHOOL merupakan gebrakan terbaru dari GagasMedia setelah sebelumnya sukses dengan STPC. SCHOOL merupakan akronim dari Seven Compicated Hours of Our Life, mendengarnya saja sudah sangat menjanjikan bukan? ;)

Tapi… buat saya, buku ini sebagai pembuka dari seri SCHOOL cukup mengecewakan. Tulisan di cover belakang memang terlihat sangat menjanjikan dan menawarkan konflik remaja cukup rumit. Kenyataannya, kalau boleh saya simpulkan, buku ini bercerita tentang “geng remaja yang punya janji konyol untuk sepakat tidak berpacaran”. Selanjutnya sudah bisa ditebak dong apa yang terjadi selanjutnya? Klise memang.

Sebenarnya saya lebih menunggu persoalan yang katanya “seorang adik yang selalu dibayang-bayangi prestasi kakaknya” daripada tentang geng cewek itu. Tapi malah dikecewakan karena “seorang adik yang selalu dibayang-bayangi prestasi kakaknya” itu cuma muncul sedikiiiiiit sekali. Itu pun cuma dari pengakuan si Marsha -____-

Karakterisasinya menurut saya kurang. Apalagi teman-teman Marsha yang dikenalkan sekaligus satu-per-satu di bab awal. Iya, SEKALIGUS. Saking banyaknya info tentang teman-teman Marsha ini di bab itu, saya malah suka lupa siapa yang "anu" siapa yang "itu".

Terus si karakter-utama-yang-namanya-Marsha ini, dia cerdas sik, tapi kok telmi amat kalo soal mendeteksi kebohongan dan mengendus hal tak wajar? Emang sengaja dibikin nggak peka kali yak? *positip tingking*

Saya pernah baca review orang di goodreads kalo ada sedikit kesalahan pada materi Kimia yang dibahas di buku ini *yang soal simbol unsur Tembaga ya kalo nggak salah?*. Dan karena saya sendiri nggak jago Kimia, jadi nggak sadar juga sik soal itu x))  

Untuk sisi baiknya, cover dan konsep buku ini keren! Jadi ya, di dalam buku ini ada halaman khusus yang bisa kalian corat-coret seperti halaman kosong buku tulis, selain itu ada juga jadwal pelajaran, mata pelajaran favorit, first crush dan masih banyak lagi. Selain itu ada juga Games School: cari kata, cari jalan dan cari perbedaan.

Cocok untuk dibaca adek-adek yang masih SMA. Percaya deh, kalian pasti bakal suka! ;))

“Jawaban bisa datang kapan dan dari mana aja, perhatikan aja sekeliling kamu.”

RATING 2.5/5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar