Minggu, 08 November 2015

[Blog Tour] Review & Giveaway: Sudut Mati - Tsugaeda







Perhentian terakhir Blog Tour Sudut Mati! Yeay! Seperti biasa, di bagian akhir artikel akan ada giveaway. Tapi sebelum itu, sila baca review dari saya biar semakin penasaran dengan bukunya ;))




Judul: Sudut Mati
Pengarang: Tsugaeda
Penerbit: Bentang Pustaka
Tahun Terbit: 2015
Tebal: 344 Halaman

“Kalau kau tak siap kehilangan satu hal kau akan kehilangan segalanya.”

Titan, yang sengaja pergi jauh ke Amerika dan memilih untuk tidak lagi berurusan dengan keluarganya, memutuskan untuk kembali ke Indonesia dengan mengajak pacarnya Kath. Alasannya pulang adalah untuk membantu perusahaan keluarga, Grup Prayogo yang sedang dalam masa kritis sejak Sigit Prayogo, ayahnya berambisi untuk mencalonkan diri menjadi orang nomor satu di Indonesia.

Tapi bukan hanya itu alasan kepulangan Titan. Dia menerima surat singkat yang berisi info kalau ternyata saingan Grup Prayogo sejak dulu, Ares Inco berencana untuk menghancurkan keluarga Prayogo.

Kedatangan Titan membawa dampak baik bagi Grup Proyogo yang terpuruk, tetapi Titok, kakaknya yang telah digadang-gadang untuk menjadi pewaris perusahaan merasa posisinya terancam dengan keberadaan Titan.

Sampai kemudian Titan mengambil keputusan ekstrem yang mengejutkan bagi orang-orang terdekatnya. Keputusannya ini membuatnya dibenci oleh keluarganya. Padahal tujuannya cuma satu, untuk melindungi Grup Prayogo dan keluarganya dari rencana jahat Ares Inco. Berhasilkah?

“Baginya obsesi manusia untuk mengatur dan mengelola kenyataan sosial yang lebih besar daripada dirinya adalah sumber utama kehancuran peradaban. Seorang manusia semestinya fokus memecahkan misteri eksistensi dirinya sendiri karena setiap individu mempunyai pergulatan autentik miliknya yang harus diselesaikannya di dunia. Hanya untuk pergulatan itulah dia diciptakan.”

Dari awal membaca Sudut Mati saya tidak terlalu berekspektasi tinggi. Saya pikir, karena genre yang diambil thriller korporasi—by the way saya juga baru tahu kalau genre thriller punya banyak sekali macam sub-genre-nya—jatuhnya akan sangat membosankan. Ternyata tidak sama sekali, cara penulisannya enak dan mengalir, tidak bertele-tele.

Buat saya, buku ini visualisasi-able. Maksudnya, apa yang dituliskan oleh penulisnya mudah terbayangkan di dalam benak. Berasa kayak lagi nonton film. Alih-alih membaca, saya seperti melihat langsung apa yang sedang dilakukan oleh karakter-karakter di dalamnya.

Selain visualisasi-able, buku ini juga page-turner. Mungkin dipengaruhi juga dengan bagian per chapters-nya yang pendek-pendek. Saya selalu suka dengan buku yang terdiri dari chapter-chapter pendek. Buat saya bacanya lebih santai dan nggak berasa, tiba-tiba sudah berpuluh-puluh halaman yang dibaca.

Sejak bagian awal, penulisnya sudah menyuguhkan fakta yang bikin bertanya-tanya. Di chapter-chapter setelahnya pun akan semakin membuat bertanya-tanya dan penasaran, terutama tentang “si Dokter”. Yah, walaupun twist tentang itu ketebak sih. Tapi justru ini menarik buat saya, karena penulisnya tidak berusaha terlalu menutup-nutupi clue penting tentang “si Dokter”. Saya malah paling males dengan buku yang twist-nya mengejutkan, tapi karena penulisnya sengaja menutup-nutupi, malah jatuhnya maksa.

Dan meski karakter-karakter di buku ini banyak. Banget. Fokus penceritaannya tak hanya di satu-dua karakternya saja sehingga tidak akan dibuat bingung. Penulisnya berhasil membuat karakter-karakter sampingannya ikut punya andil besar pada apa yang terjadi di dalam buku ini.

Menurut saya, Indonesia butuh lebih banyak lagi penulis yang mau menulis genre beda seperti buku ini. Dan sepertinya saya juga harus lebih memperluas genre bacaan saya dengan membaca lebih banyak lagi buku sejenis dengan Sudut Mati ini.

“Jika telah sampai di atas, tengoklah ke bawah. Amatilah baik-baik. Kau berasa di tempat yang terbaik untuk bisa mengetahui apa yang sedang terjadi di sekitarmu. Inilah keuntungannya pergi ke tempat tinggi.”

 ********************************

Review-nya sudah dibaca? Atau kamu langsung nge-skip ke bagian ini? Huehehe x))

Baiklah, kalau kalian sudah ngebet buat ikutan giveaway-nya ;) cara mudah kok. Simak syarat dan ketentuannya di bawah ini


  • Peserta berdomisili atau punya alamat kirim di Indonesia


  • Share postingan ini ke twitter. Formatnya bebas yang penting menyertakan hashtag #SudutMati. Mention ketiga akun di atas juga boleh

  • Jawab pertanyaan ini di kolom komentar:

Kalau kamu punya kesempatan untuk menulis buku thriller, buku seperti apa yang ingin kamu tulis? Ceritakan secara singkat saja ide cerita yang ingin kamu tulis

  • Jangan lupa untuk menyertakan nama, email, akun twitter, dan link share ketika menjawab

Oh iya, giveaway ini dimulai dari tanggal 8-14 November. Pemenang akan diumumkan secepatnya setalah giveaway ditutup. Selamat mengikuti dan semoga beruntung :))


**************** Update: 15 November ****************

Sebelum pemenangnya diumumkan saya mau berterimakasih kepada pihak Bentang Pustaka dan penulis yang telah memberikan saya kesempatan untuk menjadi salah satu host blog tour ini, juga kepada Mbak Ina dengan Mbak Desti, dua host lain yang sudah ikut mempromosikan giveaway di blog saya. 

Terima kasih juga buat kalian yang sudah ikutan. Maaf sekali karena jatah buku hadiahnya cuma satu :D, dengan terpaksa saya hanya bisa memilih satu di antara kalian yang menjadi pemenangnya.

Dan yang beruntung mendapatkan satu eksemplar Sudut Mati persembahan Bentang Pustaka adalah:

Annisa Zulfa Nur Azza (@annisa_nurazza) 

Selamat yaa! Nanti kamu akan saya hubungi via email untuk konfirmasi pengiriman hadiahnya. Sekali lagi selamat :)


21 komentar:

  1. Nama: Kiki Suarni
    Email: kikisuarni616@yahoo.com
    Twitter: @Kimol12
    Link share: https://mobile.twitter.com/Kimol12/status/663185948713316352

    Jawaban:
    Saya ingin menulis buku Thriller Psikologi. Ide ceritanya tentang obsesi seseorang yang menderita kelainan jiwa terhadap seseorang. Dengan bermain sedikit dengan teka teki misteri sebelum menuju klimaks cerita. Dibumbui dengan aksi berdarah tapi dalam porsi yang pas.

    BalasHapus
  2. Nama: Deasy
    Email: deena[dot]rosalina[at]gmail[dot]com
    Akun Twitter: https://twitter.com/DEENAmond/status/663212257199828992

    Jawaban: Fantasy-Thriller. Menceritakan tentang keinginan seorang ratu di dalam mitologi yang hidup di dunia nyata dan berniat mengubah sistem pemerintahan di negara Indonesia.

    BalasHapus
  3. nama : Annisa Zulfa Nur Azza
    email : annisa_nurazza@yahoo.com
    akun twitter : @annisa_nurazza
    link share : https://twitter.com/Annisa_nurazza/status/663219122260459521

    Kalau aku pengin bikin Thriller Psikologi , kan cita - cita aku pengen jadi psikolog /abaikan/ . Jadi ceritanya tentang ada sekolompok komunitas gitu yang suka dengan game - game mistik , trus nih ada yang tiba - tiba kirim pesan misterius gitu buat mereka nantangin untuk mainin sebuah game mistik lah pokoknya kayak permainan - permainan jepang yang horror gitu, dan mereka pun menerima tantangan itu , Pada akhirnya mereka terbunuh kecuali 2 orang , dan mereka berdua menyelidiki hal itu dan menemukan fakta bahwa dalang dari itu semua adalah seorang psikopat dan psikopat itu kini mengincar mereka berdua yang masih hidup. bakalan ada romance nya juga tapi sedikit aja dan bakalan ngebongkar sebuah rahasia besar tentang komunitas itu . gitu lah kira - kira

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Nama : Faiz Istighfara
    Email : faiz.istighfara@gmail.com
    Twitter: @istighfaraFaiz
    Link share: https://twitter.com/istighfaraFaiz/status/663290051107799040

    Aku bakalan gabungin antara psikologi-thiller kali ya. Jadi menceritakan tentang seorang gadis yang dulunya selalu direcoki ibunya untuk makan, makan, dan makan walaupun dia sudah sangat kenyang. Ibunya beralasan karena dulu dia sangat kekurangan, mangkanya sekarang dia tidak mau anaknya merasakan hal yg sama. Dan sekarang, si anak ingin balas dendam pada apapun yang membuat ibunya dulu kekurangan, hingga membuatnuya jadi obesitas dan kecanduan makan.

    BalasHapus
  6. Nama : Veny
    Email : himurasora@yahoo.co.id
    Twitter : @yutakaNoYuki
    Link : https://twitter.com/yutakaNoYuki/status/663515000653287424

    Aku ingin buat buku thriller tentang pembunuhan berantai. Jadi kisahnya tentang pembunuh berantai yang cerdas banget dan berhadapan dengan detektif polisi yang juga gak kalah jenius. Awalnya si pembunuh ini membunuh karena mengikuti naluri gilanya sebagai pembunuh tapi setelah tahu bahwa ia diselediki oleh seorang detektif yang terkenal kecerdasannya, ia malah menjadikan pembunuhannya sebagai duel kecerdesan antara dia dan sang detektif. Si pembunuh menjadi terobsesi untuk mengalahkan si detektif begitu pula sebaliknya dengan sang detektif. Dua karakter yang berbeda dunia namun punya rasa bangga, keras kepala dan egois yang hampir sama. Seperti satu koin dengan 2 sisi yang berbeda, karena seandainya takdir mereka dahulu sedikit saja berbeda, bisa jadi posisi mereka sebagai si pembunuh berantai dan si detektif pun akan berbeda saat ini. Posisi si pemburu dan buruannya.

    BalasHapus
  7. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Email: ayamurning@gmail.com
    Lonk share: https://twitter.com/murniaya/status/663660776872263680

    Entah ini thriller apa ya namanya. Tapi aku mau bikin cerita tentang seseorang yang adiknya sudah dibunuh seseorang sehingga ia ingin balas dendam. Lelaki ini punya kemampuan melihat 3 menit ke depan (yang akan terjadi 3 menit nanti) sebelum itu terjadi. Dia hanya bisa melihat future yang hanya berhubungan dengan hidupnya, bukan orang lain. Tapi, dia juga punya kekurangan yaitu ingatannya pendek. Dia hanya bisa mengingat 3-5 menit momen terakhir. Sehingga dia selalu mencatat segala hal-hal atau orang-orang penting demi pencarian kasus pembunuhan adiknya.
    Kemampuannya yang bisa melihat masa depan diburu oleh pihak mafia narkoba untuk menjadi bagian dari mereka sebagai bagian keamanan jika mereka akan dikejar polisi supaya bisa kabur lebih dulu, sedangkan ingatannya yang pendek membuatnya mudah ditipu oleh oknum tertentu yang sengaja memanfaatkan kelebihannya dan memperlambat pencariannya kepada si pembunuh adiknya.
    Di satu sisi dia terus menghindari kejaran mafia narkoba yang menginginkannya, di sisi lain dia punya urusan sendiri untuk mencari pembunuh itu. Tidak ada kata rehat dalam hidupnya.

    BalasHapus
  8. Tri Indah Permatasari
    triyusufciduk@yahoo.com
    @LiebeIs0503
    https://twitter.com/LiebeIs0503/status/663930874434424832

    kisah yang mengangkat tentang kasus pembunuhan, penculikan atau teror yang dilakukan oleh seorang pria yang mempunyai penyakit DID kepribadian ganda yang tidak ia ketahui. ia tidak sadar bahwa ia memiliki kepribadian ganda. satu sisi ia terlihat normal, satu sisi ia merupakan pembunuh, teroris atau bahkan buronan yang benar-benar bersih tanpa ada jejak akan dirinya sebagai pelaku. berfokus pada alasan kenapa ia bisa memiliki penyakit DID, dan puncak cerita dimana ketika ia mulai merasakan keanehan dalam dirinya yang hampir dikuasi oleh sisi jahat. aku ingin menyelipkan kenyataan yang tak terduga bahwa kenyataannya selain DID, ada hal lain yang memperngaruhi dirinya tanpa ia sadari.

    BalasHapus
  9. Nama : Tanya Fransisca
    Twitter : TanyaFcsh_
    Email : tanya28fransisca@gmail.com
    Link : https://twitter.com/TanyaFcsh_/status/663984657105485824

    Ada seorang gadis yg punya kelainan dgn indra perabanya
    Dia tidak merasakan apapun
    Ia bekerja dgn detektif yg menangkap penjahat kelas kakap dan menyelamatkan orang
    Tak jarang gadis ini menjadi sasaran kekerasan
    Tapi ia slalu baik2 saja

    Hingga ia mengalami kecelakaan dan indra perasanya tiba tiba dtng

    Lalu ia merasakan semua rasa sakit yg ia rasakan saat menyelamatkan orang orang

    Karena tidak kuat gadis ini memecah jiwanya menjadi kecewa marah dan sedih

    Tiap jiwa menuntut pembalasan dendam
    Dan bila dendam tlah dibalaskan jiwa itu akan hilang
    Hingga tinggal 1 jiwa
    Gadis ini harus memilih, membalas dendam lalu mati
    Atau tetap hidup dalam kesakitan

    BalasHapus
  10. Nama: Eris Andriyani
    Twitter: @RizAnNie88
    Email: ayaseyis@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/RizAnNie88/status/663983849337044992
    Jawaban:

    Aku ingin membuat cerita kisah anak gadis dari seorang jaksa hebat yg selalu bisa menyelesaikan berbagai macam kasus pidana yg dihadapinya, namun dibalik kehebatan sang ayah ini lah yg membuat dirinya selalu berurusan dengan berbagai macam tindak kejahatan dari anggota keluarga terpidana, yg tidak puas dengan keputusan ayahnya sebagai jaksa. Juga kisah seorang pemuda yg menjadi kaki tangan sebuah gengster yg memiliki kelainan alter ego, bukan hanya 2 tapi dia memiliki 4 kepribadian dlm dirinya yg masing-masing memiliki nama dan kepribadian suka mencuri, suka membunuh, pembohong dan playboy. Dan paling diburu oleh polisi karena tindak kejahatannya. Hingga suatu hari si pemuda diberi perintah oleh sang boss untuk menculik seorang gadis yg tak lain adalah anak dari sang jaksa. Setelah berhasil menjalankan misinya, pemuda itu merasa tertarik dengan si gadis sehingga menimbulkan stockholm syndrome (rasa sayang antara penjahat dgn korbannya). Hingga penghianatan pun terjadi disini, dia membawa kabur gadis itu sehingga membuat sang boss murka dan memburu keduanya. Kepribadiannya yg lain selalu menyudutkan dirinya, bahwa tindakannya terlalu bodoh namun dia tetap bisa mengontrol dirinya agar sisi lainnya itu tidak mencoba membunuh si gadis.
    Hingga akhirnya sampai dititik klimaks dimana mereka dihadapkan pada sebuah pilihan. Pilihan apa itu? Berhasilkah mereka lolos dan mengakhiri semua ini? Akankah catatan kriminal pemuda itu dihapuskan setelah membantu sang gadis? Atau malah berakhir tragis?

    "Jika Zeus selalu memberikan kemewahan Olympus padamu, maka aku adalah Hades yg akan memberikan siksaan neraka kepadamu"

    Hehe sebenarnya cerita ini akan ku share di wattpad ku, idenya sudah ada cuma nunggu momen yg tepat aja.

    Sekian terima kasih, maaf kalau kepanjangan

    BalasHapus
  11. Nama : Agatha Vonilia Marcellina
    Email : agathavonilia@gmail.com
    Twitter : @Agatha_AVM
    Link share : https://twitter.com/Agatha_AVM/status/664244840599674884

    Dark Romance-Thriller. Selama ini aku baca buku thriller atau horror masih jarang yang mengangkat genre ini. Ada sih beberapa tapi kurang pas aja menurutku.

    Ini sepenggal ide ceritanya :

    Ide awalnya: Konflik akibat perceraian yang menyebabkan seorang wanita dan ibu terbunuh. Siapa pembunuhnya? Apakah pasangan suami-istri yang baru saja bercerai tersebut? Atau ada orang lain? Mengapa wanita dan ibu tersebut dibunuh? Berawal dari sebuah dendam dan di situlah berbagai macam terror bermunculan sampai pada suatu peristiwa di mana manusia harus dihadapkan pada pilihan antara cinta dan kematian.

    BalasHapus
  12. Nama : Naning Pratiwi
    Akun Twitter : @chelseas_lovers
    Email : chelseas_lovers83@yahoo.com
    Link Share : https://twitter.com/chelseas_lovers/status/664266605325479938

    Idenya tentang psikopat keren yang ternyata punya banyak dendam. Masa lalu menjadikannya punya dua kepribadian bertolak belakang. :D :D :D

    BalasHapus
  13. nama: Visca Apriliyanti
    twiter: @Visca_Apr
    email: apriliyantivisca@yahoo.com
    link share: https://twitter.com/Visca_Apr/status/664293701506629633
    Kalau kamu punya kesempatan untuk menulis buku thriller, buku seperti apa yang ingin kamu tulis? Ceritakan secara singkat saja ide cerita yang ingin kamu tulis
    "kalo aku punya kesempatan buat nulis buku thriller, aku ga mau ngambil kesempatan itu, karena karena karena ada beberapa faktor yang kurang aku suka"

    BalasHapus
  14. Nama: Diyah Nurhasanah
    Email: diyah.nur815@gmail.com
    Twitter: @diyah8151
    https://mobile.twitter.com/diyah8151/status/664371752256974848

    Dulu pernah pengen bikin cerita tentang ilmuan yang ditemukan tewas di laboratoriumnya sendiri, penelitiannya tidak dicuri dan terlihat seperti ilmuan itu hanya terkena serangan jantung. Tapi ilmuan itu menerima ancaman kematian seminggu sebelumnya. Cuma karena keterbatasan semangat akhirnya ngga jadi. Hhe

    BalasHapus
  15. Nama: AA. Muizz
    Surel: dereizen@gmail.com
    Twitter: @aa_muizz
    Link share: https://twitter.com/aa_muizz/status/664415379410673664

    Aku ingin menuliskan thriller psikologi tentang orangtua yang menyiksa anaknya terus-menerus. Di kemudian hari saat anak udah dewasa, hal tersebut saangat berpengaruh terhadap kehidupan rumah tangganya, baik terhadap istri maupun anaknya. :)

    BalasHapus
  16. nama: Aulia
    email: auliyati.online@gmail.com
    akun twitter: @nunaalia
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/665044547542589440

    Kalau kamu punya kesempatan untuk menulis buku thriller, buku seperti apa yang ingin kamu tulis? Ceritakan secara singkat saja ide cerita yang ingin kamu tulis.

    Jawaban:
    Seorang aktor muda yg sedang naik daun tewas tertembak di tengah-tengah pemberkatan pernikahannya. Beberapa orang dekatnya dicurigai sebagai pelaku pembunuhan tersebut.
    - Manager; dendam pada korban karena sikap korban yg arogan, semena-mena, suka merendahkan & mempermalukannya di depan banyak orang
    - Calon mertua; dendam pada korban karena tidak menyukai putrinya menikah dengan korban tapi tidak bisa melarang karena putrinya cinta mati pada sang korban
    - Selingkuhan korban; dendam pada korban karena hanya menjadi pelampiasan nafsu bejat korban, tapi korban tidak mau mengakui hubungan mereka, dan lebih memilih menikah dengan putri konglomerat
    - Sang tunangan; dendam pada korban karena sakit hati mengetahui perselingkuhan korban
    - Sahabat sesama artis; dendam pada korban karena iri dengan kepopuleran korban yang licik, dan benci dengan kesombongan korban
    Namun satu persatu orang yg dicurigai terbunuh secara misterius, dan tersisa sang tunangan yg terus menerima teror.

    Aku gak tau ini termasuk genre thriller apa, mungkin ada yg tau? :D

    BalasHapus
  17. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Email : n0v4ip@gmail.com
    Twitter : @n0v4ip
    Link Share : https://twitter.com/n0v4ip/status/665454405785899008

    saya ingin menulis buku thriller yang temanya mengenai masalah lingkungan hidup.
    Jadi di buku ini akan dijabarkan hal-hal yang berkaitan dengan kejahatan manusia seputar lingkungan hidup, konflik yang terjadi antara mereka yang masih sayang pada lingkungan dengan mereka yang lebih mementingkan uang dan bagaimana cara manusia bertahan hidup ditengah dunia yang bahkan untuk bernapas saja sudah semakin susah.

    Terima Kasih ^^

    BalasHapus
  18. Nama : Tasya
    Email : tasyamanda9525@gmail.com
    Akun twitter : @tasyaamanda95

    Link share : https://twitter.com/tasyaamanda95/status/665489397555458048

    Ide ceritanya mengenai seorang wanita pengelana waktu, dia ingin mengembalikan waktu yang pernah ia sia-siakan. Ia ingin mengungkapkan rahasia dibalik pembunuhan seluruh anggota keluarga, suami dan teman teman terdekatnya. Seluruh rahasia itu ternyata dipegang oleh suami nya (yang berpura-pura mati) yang mempunyai dendam kepadanya dan seluruh anggota keluarga.
    Mudah-mudahan idenya ga aneh dan bisa pas dengan apa yg diinginkan host GA ini.

    BalasHapus
  19. Nama: Thia Amelia
    e-mail: thiameliasn@gmail.com
    twitter: @Thia1498
    link share: https://twitter.com/Thia1498/status/665542946897326081

    Kalau kamu punya kesempatan untuk menulis buku thriller, buku seperti apa yang ingin kamu tulis? Ceritakan secara singkat saja ide cerita yang ingin kamu tulis

    Kalau memang berkesempatan, maka aku ingin membuat buku thiller dengan latar belakang sejarah. Aku suka sekali dengan drama korea klasik, dan mungkin itu yang membuat aku berfikir bahwa thiller dengan latar belakang sejarah lebih bagus. Aku bisa membuat kisah thiller dengan tema orde lama atau orde baru yang memang saat itu sering terjadi pemberontakan, pelanggaran HAM dimana-mana. Dan semoga saja itu bisa terwujud, haha Aamiin.

    BalasHapus
  20. Wah,pertama kalinya menang GA .. Terimakasih . Email data lengkap sudah aku kirim.

    BalasHapus

  21. JURAGANQQ Adalah website yang paling digemari saat ini oleh para pecinta judi online
    Dengan adanya 8 game terbaik yang disediakan oleh pihak website JURAGANQQ , akan banyak mengundang para pecinta judi poker online untuk bermain diwebsite JURAGANQQ

    8 Game Yang disediakan oleh pihak JURAGANQQ diantaranya adalah :

    * AduQ
    * BandaarQ
    * BandaarQ Poker
    * Bandar 66 ( New Games )
    * Capsa Susun
    * Domino QQ
    * Poker
    * Sakong

    Keunggulan jika bergabung di website JURAGANQQ :

    - 100% Mudah Menang & Fairplay Game
    - Minimal Deposit & Withdraw Rp 20.000,-
    - Bonus Rollingan 0.3% (Tanpa Syarat)
    - Bonus Referral 15% (Seumur Hidup)
    - Sistem keamanan terbaru
    - Support 5 Bank Local Online 24Jam ( BCA , BNI , BRI , DANAMON , MANDIRI )

    Contact Us
    BBM : 33449B3B / E3876151
    WA : +6281330802453
    Line : juraganqq_official

    Link Official :
    juraganqq.org
    juraganqq.biz
    qqjuragan.com

    Tunggu apalagi ? Daftarkan diri anda segera juga dan menangkan jackpot jutaan rupiah hanya dengan modal Rp 20.000,-
    Hanya Di JURAGANQQ

    BalasHapus