Senin, 07 Oktober 2013

[Book Review] Gone Girl by Gillian Flynn






Judul: Gone Girl
Pengarang: Gillian Flynn
Penerbit: Crown
Tahun Terbit: 2012
Tebal: 560 halaman

“I suppose these questions stormcloud over every marriage: What are you thinking? How are you feeling? Who are you? What have we done each other? What will we do?”

Karena saya bingung bagaimana menceritakan isi buku ini tanpa spoiler, selain itu bahasa Inggris saya masih sangat pas-pasan :D jadi untuk menceritakan kisah buku ini saya akan mengambil saja sinopsis bagian belakang cover bukunya.

On the morning of their fifth wedding anniversary, Nick’s wife, Amy, has disappeared. Nick is weak, Nick is a liar, and maybe he’s not the very best husbands—but is he a killer? Amy’s diary reveals turmoil over their marriage, strange sickness, and her deep widh to be a mother—but is she telling the whole story? As the evidence slowly mounts, and the police investigation deepend, Nick is incriminated in horrible ways. He swears he didn’t murder his beautiful wife and goes on the offensive to clear his name. The mystery of Amy’s disappearance only gets more tangled as secrets unfurl from the web of their knotty marriage, and it becomes clear that something may have happened more disturbing than death.

“My dating life seems to rotate around three types of men: preppy Ivy Leaguers who believe they’re characters in a Fitzgerald novel; slick Wall Streeters with money signs in their eyes, their ears, their mouths; and sensitive smart-boys who are so self-aware that everything feels like a joke.”

Sudah lama saya tidak merasa bersemangat untuk segera menyelesaikan buku yang sedang saya baca sekaligus tidak sabar untuk menuliskan kesan-kesan saya ketika membaca buku itu. Biasanya, ada dua jenis buku yang bisa membuat saya merasa seperti itu. Buku yang benar-benar bagus, dan satu lagi buku yang benar-benar membuat saya sebal ketika membacanya. Dan, Gone Girl termasuk di kategori pertama. 

Jadi, buku ini terdiri dari 3 part. Part pertama bercerita dengan POV Nick dan diary milik Amy. Di part ini saya akui memang alurnya lambat dan cukup membosankan. Tapi, ketika sampai di part dua, yang menggunakan POV Nick dan POV Amy, saya semakin tertarik untuk segera menuntaskan buku ini. 

Ide cerita buku ini brilian. Menggambarkan bagaimana kehidupan sebuah pernikahan yang dipaksakan untuk dijalani tapi sama sekali tidak membuat mereka yang menjalani merasa bahagia. Mungkin lain kali ini bisa dipakai lho, untuk ide settingan seleb-seleb agar menaikkan popularitas mereka kembali, bahkan ini akan lebih seru dan ekstrem dari sekadar tampar-tamparan. xD

Menurut saya genre thriller buku ini lebih ke psychlogical thriller yang bermain-main dengan emosi pembacanya. Kalau istilah saya sih, buku ini berhasil melabilkan ekonomi emosi saya xD

Jangan lupakan endingnya. Kisah buku ini diakhiri dengan elegan, maksud saya tidak seperti film-film Hollywood, tapi lebih seperti ending film-film bergenre serupa dari negara-negara Eropa.(saya tidak akan menyebutkan judul, nanti malah kalian berhasil menebaknya ;)))

Yang jelas, Gone Girl penuh dengan twist dan kejutan-kejutan tentang keputusan yang diambil oleh tokoh-tokohnya. Saya jamin kalian tidak akan merasa kecewa. Bahkan bagi saya pribadi, Gone Girl merupakan salah satu novel thriller terbaik yang pernah saya baca.


MEMORABLE QUOTES:

  • “People want to believe they know other people. Parents want to believe they know their kids. Wives want to believe they know their husbands.” – Hal. 124

  • “There is an unfair responsibility that comes with being an only childs—you grow up knowing you aren’t allowed to disappoint, you’re not even allowed to die.” – Hal. 348

  • “You are better than any storybook, you are better than anything anyone could make up.” – Hal. 471


RATING 5/5

Updated!!!
p.s.: di review kemaren lupa ngasih tau kalo buku ini kurang cocok dibaca buat yang di bawah 17 tahun ya *nggak berani ngasih rating 20+ karena diri sendiri masih 19 xD*, karena terdapat banyak adegan dan kata-kata vulgar.

p.p.s: sudah tahu kalau buku ini akan segera dibuat versi layar lebarnya?
Menurut imdb(http://www.imdb.com/title/tt2267998/), yang akan menjadi sutradaranya adalah sutradara yang sudah melahirkan film-film keren seperti Se7en, Fight Club, The Curious Case of Benjamin Button, The Social Network, dll. Yup, he's David Fincher!!! Yay!
Dan ini sebagian dari cast-nya:



 Ben Affleck as Nick Dunne




Rosamund Pike as Amy Dunne




Neil Patrick Harris as Desi Collins




Emily Ratajkowski as Andie




Carrie Coon as Margo "Go" Dunne


Bagaimana? Sesuai harapan kah? Kalau menurut saya sih cast-nya sudah pas. Semoga tidak ada penggantian pemain maupun sutradaranya :))


4 komentar:

  1. ngarep banget buku ini diterjemahin, huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dari dulu nungguin penerbit lokal mau nerbitin terjemahannya.
      Tapi karena penasaran, jadi beli versi bahasa inggrisnya yang secondhand, untung dapet dengan harga murah meriah xD

      Hapus
  2. Dapet beli dimana ya?
    Ada yg bekas gak ya kira2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya beli bukunya di @BaliBooks :)) di sana emang jual buku secondhand Bahasa Inggris kok, tapi walaupun secondhand buku yang dijual masih mulus *malah promosi* x))
      coba aja pantengin timeleine-nya kalo lagi buka lapak, siapa tahu ada Gone Girl :))

      Hapus