Senin, 25 April 2016

[Blog Tour] Review + Giveaway: Starlight - Dya Ragil






Judul: Starlight
Pengarang: Dya Ragil
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2016
Tebal: 264 halaman

“Aku terlalu terbiasa kalah sampai rasanya nggak percaya aku bisa menang dari seseorang. Akhirnya aku malah menganggap gampang semua hal, karena aku tahu aku akan tetap kalah biar dicoba gimanapun juga.”

Tiga juara kelas. Satu trouble maker. Satu penggembira. Siapa sangka, takdir justru menyatukan mereka berlima menjadi satu kelompok belajar.

Wulan, sang penggembira—dia benci mendengar seseorang menyebutnya penggembira, omong-omong—tidak sepintar Lintang, kembarannya. Kadang rasa iri dan marah dan sedih meliputinya kala melihat eskpresi bangga ayahnya pada Lintang. Wulan lelah mencoba membuat ayahnya juga bangga pada dirinya. Yang tidak diketahui Wulan...

Lintang sebenarnya merasa terbebani dengan ekspektasi tinggi ayahnya. Bagi Lintang, beliau hanya peduli pada prestasi, tak peduli apakah Lintang bahagia dengan tuntutan-tuntutan itu. Terutama tentang olimpiade astronomi, padahal Wulan lah yang menyukai astronomi. Belum lagi masalahnya dengan...

Teguh, si trouble maker. Dulunya Teguh dan Lintang berteman baik, tapi karena kejadian buruk ketika mereka SMP membuat hubungan mereka renggang dan Lintang terus-terusan merasa bersalah padanya. Teguh berwatak keras, dan mudah emosi, hampir selalu terjadi masalah ketika dia bersinggungan dengan si cerdas bermulut pedas,

Bagas. Kata-kata yang dilontarkannya selalu tajam. Bagi Bagas orang-orang yang tak lebih pintar darinya berada di posisi jauh di bawahnya sehingga dia bisa dengan bebas meremehkan mereka.

Anggota terakhir, Nindi. Tak kalah pintar dari Lintang dan Bagas. Dijuluki si ratu es saking dingin dan juteknya. Sangat benci membuang waktu untuk hal yang sia-sia, dan lebih benci lagi pada orang yang membuat waktunya terbuang sia-sia.

Dengan dibumbui tentang astronomi, Starlight akan mengajak pembacanya merasakan (kembali) kehidupan kala SMA ketika konflik utama dalam hidup hanya berupa impian, persahabatan, dan rasa suka.

“Aku nggak perlu ngerendahin orang lain. Sejak awal mereka emang udah ada di bawahku. Orang yang ada di bawah selalu kelihatan kecil buat orang yang ada di atas, kan?”
“Tapi orang yang ada di atas juga selalu kelihatan kecil buat orang yang ada di bawah.”

Kalau harus menggambarkan Starlight dengan satu kalimat pendek, menurut saya kalimat yang tepat adalah “buku yang kontennya realistis”. Ya, realistis. Dimulai dari nama tokoh-tokohya yang “merakyat”. Hehehe. Maksud saya, nama tokoh-tokoh di buku ini umum banget, bukan nama-nama yang asing di telinga. Sebab novel remaja sekarang suka ada nama tokohnya yang saking uniknya membikin bingung pelafalannya gimana x)) Tak ada salahnya sih, cuma kalau mau menuruti selera, saya lebih suka yang seperti Starlight ini.

Kerealistisan berikutnya adalah penggambaran kehidupan SMA-nya. Pokoknya ketika baca saya berasa balik lagi jadi anak SMA. Poin ini cukup bikin saya bernostalgia, mengenang kembali masa indah jaman itu. Pengin deh ngulang lagi masa-masa itu. Tapi.. minus bangun pagi, PR numpuk, dan pelajaran tambahan yaaa :p


Dari segi teknis, saya suka gaya penceritaannya, lugas. Juga rapi. Hanya ada satu atau dua typo yang saya temukan. Untuk urusan fisik, buku ini cakep deh. Selain cover, yang saya suka adalah layout-nya. Di beberapa halamannya dihiasi dengan langit malam, bulan, dan bintang-bintang. Cantik! Balik lagi soal cover, teenlit-teenlit sekarang covernya memang bagus-bagus sih. Jadi kepingin punya semua! Yang sekarang menjadi wishlist: Bowl of Happiness, terus ada teenlit lain yang juga berjudul “star”, Finding You Among the Stars, sama yang segera terbit, Insecure. Belum lagi premis-premisnya terdengar menjanjikan semua!

Bagian paling favorit saya di buku ini adalah ketika Lintang dan ayahnya berdebat perihal olimpiade Astronomi di depan Wulan. Penggambaran suasana hati Wulan-nya dapet banget. Hati saya ikutan teriris ketika membaca bagaimana komentar ayahnya tentang partisipasinya pada olimpiade Astronomi. Lebih teriris lagi kala membaca bagaimana reaksi Wulan terhadap hal itu.

Sayang ada satu yang menurut saya menjadi kekurangan buku ini, di balik banyak kelebihannya. Konfliknya buat saya kebanyakan. Mungkin ini masalah selera juga, karena dari awal saya ngarepnya yang digali lebih dalam adalah soal olimpiade Astronominya, tapi di sini malah konflik tentang Lintang-Teguh yang paling banyak diceritakan. Saya bukan penggemar Astronomi, tapi membaca buku ini bikin saya jadi tertarik dengan Astronomi dan suka sekali dengan selipan-selipan Astronominya, maka itu agak kecewa bagian olimpiadenya ini kurang banyak dibahas.

Starlight cocok dibaca siapa saja, tapi patut direkomendasikan terutama buat kamu (remaja atau berjiwa remaja) yang masih bimbang dan ragu dengan impianmu ;). Karena ceritanya manis-getir, realistis, bikin bernostalgia, dan tokoh-tokohnya juga nggak kalah manis-getir (karena di awal ada beberapa yang nyebelin ._.), 4 bintang buat Starlight dari saya!


“Kata orang, impian seharusnya digantungkan setinggi bintang di langit. Tapi... bahkan bintang pun bisa jatuh, kan?”

“Sekolah adalah rumah kedua buat anak-anak itu. Dan kita adalah orangtua kedua mereka. Saya tahu Bapak terbiasa dengan bimbel sehingga yang Bapak pikirkan cuma bagaimana menaikkan nilai mereka. Tapi ini sekolah. Kita tidak hanya mengajar, tapi juga mendidik.“

“Karena sisi gelap bulan lebih indah daripada sisi terangnya. Kupikir kamu seperti itu.”






****


Di blog tour kali ini saya kembali mendapat jatah satu buku untuk dibagikan ke pembaca setia blog ini ^^ untuk ikutan, silakan baca dulu syarat dan ketentuan di bawah ini:

  • Beralamat di Indonesia.
  • Share postingan ini ke twitter-mu. Nggak mention saya juga nggak apa-apa yang penting pake tagar #Starlight.
  • Jawab pertanyaan ini:

“Apa mata pelajaran di sekolah kamu (dulu atau sekarang) yang paling menjadi favoritmu? Sertakan juga alasannya yaa..”

  • Jangan lupa untuk menyertakan nama, akun twitter, dan link share kamu ketika menjawab di kolom komentar.
  • Giveaway akan berakhir sampai tanggal 1 Mei 2016. Pemenang akan saya umumkan keesokan harinya (jika tidak ada halangan).
  • Satu orang pemenang bakal dapetin satu eks Starlight yang akan dikirim langsung ke rumahmu.

 Semoga beruntung ^^

42 komentar:

  1. Nama : Markhamah
    Twitter : @ivedvedi
    Link Share : https://mobile.twitter.com/ivedvedi/status/724408626702508032


    Pelajaran semasa SMA, FISIKA DAN ASTRONOMI, dikarenakan saya pernah menjuarai olimpiade fisika meskipun cuman di tingkat sekolah, dan nggak lolos di tingkat kabupaten. Belajar Fisika, itu menyenangkan. penuh teka teki, dan.hebatnya lagi. Bila kita mempelajari Fisika sama hal nya kita mempelajari rumus rumus untuk mempermudah kehidupan, contoh nya saja pesawat terbang, cara pembuatannya pun didasarkan atas.dasar.hukum fisika.

    Astronomi, dikarenakan pelajaran itu membuat ku takjub akan kebesaran yang Allah.ciptakan. Serunya lagi, bisa belajar mengenai antariksa serta planet planet lainnya. Dan.tentunya, cita-cita saya yang pengin banget menjadi seorang astronot


    BalasHapus
  2. Nama : Rachmah Wahyu
    twitter : @rachmah_wahyu
    link share : https://twitter.com/rachmah_wahyu/status/724409960814104576
    domisili : Surabaya
    Jawaban :

    Mata Pelajaran yang paling saya sukai semasa sekolah dulu adalah kimia dan biologi. Karena menurut saya mata pelajara itu keren sekali. Kimia mempelajari unsur-unsur benda di alam sementara biologi mempelajari tentang sistem-sistem kehidupan dan sistem organ.
    Saya dulu juga pernah mewakili sekolah untuk olimpiade kimia, walaupun gagal haha...
    Dan jujur saja mata pelajaran yang paling tidak saya sukai adalah fisika! Orang fisika itu menurut saya kurang kerjaan, meja nggak ngapa-ngapain di dorong, bola tahu-tahu di gelindingkan, sudah begitu disuruh menghitung daya dan energinya... nggak jelas banget kan.. -.-'
    Tapi saat saya kelas tiga SMA ada salah seorang guru fisika saya yang merubah mind set saya tentang fisika. Beliau mengatakan fisika adalah ilmu yang sangat keren. Beliau memberi contoh tentang gelombang misahlnya saja gelombang cinta. Kalau kita memperhatikan orang yang kita sukai di kelas, lama-lama orang itu akan melihat ke arah kita, katanya mungkin karena adanya gelombang cinta (so sweet ya!). Habis itu guru saya itu juga bercerita tentang ilmu santet, yang menurut beliau prinsipnya mirip dengan mengirim pesan SMS dengan gelombang elektromagnetik. Mungkin ilmu santet ini adalah ilmu fisika masa depan! Dan yang terakhir beliau bercerita tentang Asbabul Kahfi yang tertidur di dalam gua selama beratus-ratus tahuh lamanya. Menurut beliau peristiwa itu dapat dijelaskan dalam teori dilatasi waktu dalam ilmu fisika.
    Saat itulah saya berpikir ilmu fisika sangat keren, tapi tetap saja terasa sulit bagi saya hehehe...

    BalasHapus
  3. Nama : Diah P
    Twitter : @She_Spica
    Link share : https://twitter.com/She_Spica/status/724412454596317184

    Mata pelajaran yg paling disukai dari dlu sampai sekarag adalah bahasa Arab. Saya tergelitik untuk mmpelajari bahasa alquran yg maknanya maha dahsyat. Awal saya mnyukai ini ketika prtama kali mmbaca novel HAMKA yg brjudul Di Bawah Naungan Kabah ketika kelas 4 SD. sejak terhanyut oleh kisah ini sya pun mulai mncari tahu tntg HAMKA yg trnyta seorang ulama besar. Entah kenapa saya jd senang dgn sastra dan mencoba mnekuninya melalui pelajaran ini. Karna trnyata sastra org2 arab tuh asli keren bingit. Krena kecntaan sya inilah mmbawa saya nekat untuk kuliah mengambil jurusan sastra Arab yg puyengnya luarbiasa, namun pelajaran serta pengalaman yg saya alami tidak kalah luar biasanya. Terima kasih.

    BalasHapus
  4. Lala
    @fazidaa_
    https://mobile.twitter.com/fazidaa_/status/724416360348946432

    Bahasa Inggris. Karena aku selalu menyukai hal yang berhubungan dengan bahasa, salah satunya mempelajari bahasa baru. Kebetulan dari SD memang minat dan skill ku dalam bahasa asing (bahasa inggris) sudah besar. Ditambah dengan les, semakin aku mudah memahami bahasa inggris dibanding teman-teman yang lain. Sampai sma pun, aku masih memfavoritkan bahasa inggris, dan pelajaran bahasa asing yang lain yaitu bahasa Prancis. Nilai-nilaiku semua sangat baik, sampai selalu dijadikan sumber contekan teman-teman dan selalu ditanyai ini-itu tentang bahasa, sampai sekarang (kuliah) pun masih sering banget ditanyai perihal bahasa inggris lewat sosmed oleh teman-teman lamaku, padahal aku pikir kemampuanku nggak sebagus itu :/ Bersyukur aja minat mempelajari bahasa milikku sangat tinggi, karena bahasa itu penting. Untuk menyukai dan mempelajari nya butuh usaha ekstra. Nggak jarang aku bertemu teman yang segitu takutnya dengan bahasa asing, segitu nggak bisanya sampai kalimat mendasar pun harus nanya. Karena menurutku sendiri, bahasa itu sulit untuk dipelajari layaknya fisika yang bisa dihafal rumusnya, matematika yang bisa dilatih dengan banyak mengerjakan soal, bisa dilakukan dalam beberapa bulan. Bahasa nggak seperti itu cara belajarnya (harus punya minat besar banget). Kalau sekadar belajar untuk pelajaran sekolah butuh waktu dari TK-SD-SMP-SMA, itu pun masih nggak jago-jago amat. Bahasa yang paling sulit untuk menemukan cara belajarnya. Karena menurut pengalamanku sendiri, matematika walau aku bodoh, aku masih bisa dapat nilai bagus saat mengusahakannya, sedangkan temanku yang tidak bisa bahasa asing, mau dia belajar bagaimana sudah sulit karena dipikirannya sudah tidak bisa, metode belajarnya pun tidak bisa dihafal karena harus kaya akan vokabulari (banyak baca), dan itu nggak butuh waktu yang sebentar. Jadi aku suka bingung kalau masih ada orang yang meremehkan anak bahasa atau sastra. Yakin bisa seperti mereka? Otak dijejali dengan susunan kata yang berbeda dengan bahasa Indonesia, huruf-hurufnya juga berbeda. Itu bangganya kalau jago bahasa asing!

    BalasHapus
  5. Nama : Husnul Aini
    Twitter: @azadinda
    Link share: https://twitter.com/azadinda/status/724410482749120512

    Mata Pelajaran yang paling jadi Favorit ada 2, Matematika dan Fisika. Alasannya karena kedua mata pelajaran ini melibatkan proses berpikir pemecahan masalah. Rasanya tertantang banget waktu ngerjain soal-soal yang ada di buku. Apalagi kalau ada soal dan disertai kunci jawaban. Udah dicoba berkali-kali hasilnya salah terus. Awalnya pusing sampe uring-uringan. Eh, setelah jawabannya ketemu, rasanya sesaat itu kayak di kasi hadiah. Seneng banget.
    Suka matematika juga awalnya karena ada guru yang bikin sakit hati. Gara-gara kakaknya temen dikenal pintar, temen ini juga dianggap pintar. Jadi deh, yang dapat nilai bagus cuma dia yang lain nggak dianggap. Gurunya juga suka ngeremehin. Karena nggak terima diperlakukan seperti itu. AKu jadi giat belajar matematika. Sampai akhirnya "keberadaanku" diakui.
    Kalau yang Fisika, alasan khusus aku suka, karena dulu punya cita-cita pengen bikin mobil berbahan bakar air. Kayaknya keren aja kalau bisa jadi penemu gitu. Bisa ngasi solusi untuk permasalahan yang ada.

    BalasHapus
  6. wening | @dabelyuphi | https://twitter.com/DabelyuPhi/status/724432077253279744

    pelajaran favorit dari dulu tuh biologi. karena selalu gantian antara praktek di laboratorium dan nulis di kelas, jadi gak bakalan bikin bosan. apalagi pelajaran biologi itu selalu ada hal yang menarik dan seru untuk dibahas di tiap bab yang dipelajari.

    suka sama biologi tuh gara-gara pas kecil suka banget nonton National Geographic yang membahas alam liar. jadi saat masuk bangku sekolah dan ada mata pelajaran yang membahas hal yang disukai pasti langsung dijadiin pelajaran favorit dan segiat mungkin mempelajarinya. meskipun tidak selalu mendapatkan nilai yang bagus, aku tetap suka mempelajari materi-materi seperti klasifikasi, organ, mikroskopis, sesuatu yang tidak bisa aku lihat di sekitarku.

    BalasHapus
  7. Nama : Dera Devalina
    Twitter : @deradevalina
    Link Share : https://twitter.com/deradevalina/status/724453045799649281

    Sebenernya ngak tergantung sama mata pelajarannya sih tapi siapa yang ngajarinya / gurunya, waktu pas SMA mata pelajaran bahasa inggrisnya ngak terlalu ribet tapi lebih kayak anak tk gitu :D, jadi setiap pelajaran B. Inggris sama Miss. Sri disuruh bawa CD lagu Barat trus minjem Tape dari kantor buat dipasangin di kelas.. jadi sambil nyatat materi sambil dengerin lagu, pas waktu itu aku kan bawa kaset Westlife eh ternyata si Miss nya juga ngefans banget sama Westlife jadi setiap pelajaranya diingetin bawa CD nya Westlife, jd lagu2nya ampe hapal semua, kadang ada permainannya juga, nyanyi, menceritakan hobi pake B. inggris, ada kuis – kuisnya juga jadi ngak pernah bosen deh kalo pelajaran B. Inggris. Belajar pun jadi semangat dan ngertinya pun lebih cepet :D, klo gurunya killer :p mau sefokus apapun tetep aja otaknya ngeBlank :( apalagi klo disuruh ngejawab soal di papan tulis... :D

    BalasHapus
  8. Nama: Fitriscia Jacilia
    Twitter: @jacilpo
    Link Share: https://twitter.com/jacilpo/status/724481335675363329

    Pelajaran yang paling menjadi favorite saya adalah Akuntansi. Semua jenis akuntansi, dari keuangan, perpajakan, dan menejemen, saya suka semuanya. Pertama, karena saya menikmati ketika saya melakukan hitung-hitungan daripada hafalan. Kedua, karena di pelajaran akuntansi inilah saya bisa menunjukan kemampuan saya dari teman-teman saya. Saya bisa dibilang kurang begitu baik dipelajaran hafalan, sehingga biasanya nilai yg saya dapat itu kurang dibanding hitungan. Dan karena akuntansi lah, saya bisa menjadi pede ketika berbaur dengan teman-teman yang lebih pintar lainnya. Jadi, dengan akuntansi inilah, saya yang pemalu menjadi lebih pede ketika berbincang dan mengobrol soal pelajaran, apalagi akuntansi 😆

    BalasHapus
  9. Nama :makhina
    Twitter :@khina_lover
    Link share https://mobile.twitter.com/khina_lover/status/724480026847010816

    Pelajaran yang aku sukai semasa skolah smpy sekarang adalah tentang kesenian, seperti menggembar dan mendesain entah kenapa kesenian bikin aku happy, bikin otak fresh.. apalagi liat macam2 warna yg aku tuangkan dalam gambarku sehingga terciptanya sbuah krya yg unik....

    BalasHapus
  10. Nama : Miftahur Rizqi
    Twitter : @MR_Laros
    Link Share :
    https://twitter.com/MR_Laros/status/724501533031698432

    pelajaran favoritku Bahasa Inggris. aku suka banget, sejak aku duduk dibangku Sekolah Menengah Pertam, aku suka sama pelajaran yang asalnya dari negeri Ratu Elizabeth ini. buat aku, Bahasa Inggris itu induk dari semua bahasa. kan sekalian buat jaga-jaga, siapa tau aku nanti jadi duta besar Indonesia di Inggris. hi..hi..hi (ngarep banget). sangking cintanya sama Bahasa Inggris, aku sempat membela sekolahku dalam olimpiade Bahasa Inggris tingkat kabupaten. yachh... walaupun nggak menang, tapi aku bangga, karena Pak Pri dan dewan guru sudah percaya padaku untuk mewakili sekolahku. bangganya... :)

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Arie Pradianita | @APradianita

    https://twitter.com/APradianita/status/724535220175691776

    Berbicara mengenai pelajaran terfavorit, dari dulu saya suka sekali MATEMATIKA, tidak perduli gurunya seperti apa saya tetap suka, pokoknya asyik aja. Mungkin karena saya suka sekali dengan hitung-hitungan. Nilai tertinggi di raportpun selalu ditempati oleh pelajaran ini. Ada cerita dulu sewaktu belum menyukai matematika, tepatnya kelas 3 SD, sewaktu baru pindah sekolah ke Sukabumi. Saya dulu tidak pernah mau belajar, jadi nilai ulangan juga selalu pas-pasan. Pada saat pelajaran matematika, sampailah pada bab pembagian dan perkalian, saya tidak bisa-bisa, hingga saat ulangan nilai saya nol karena salah semua. Sampai di rumah kertas ulangan itu langsung saya tunjukkan pada ibuku, sambil merengek minta diajari pembagian dan perkalian. Akhirnya sorenya langsung diajari, tapi karena saya gak ngerti-ngerti, mungkin ibuku jadi agak ‘keras’ dalam menjelaskan, sampai-sampai saya menangis lama sekali. Saya lupa sampai berapa lama berhasil menguasai pelajaran perkalian dan pembagian, tapi kalau ingat masa itu jadi merasa lucu dan tertawa sendiri. Mungkin sejak itu saya jadi mau belajar dan suka matematika, nilai raportku juga jadi agak lumayan meningkatlah.

    Selain matematika, saya suka pelajaran GEOGRAFI. Apalagi kalau sudah sampai bab tentang negara-negara di dunia, asyik rasanya mengenal negara dan kebudayaan di belahan bumi lain, wah serasa keliling dunia deh. Saya juga suka BIOLOGI, meskipun nilainya tidak sebagus matematika, dari biologi kita bisa mengenal macam-macam makhluk hidup dari yang kecil sampai yang besar, termasuk diri kita sendiri. Saya memilih bidang ini sebagai jurusan waktu kuliah, karena terpengaruh ibuku, aku juga berpikir bosen banget ya bermain dengan angka-angka melulu, makanya saya pilih biologi dan bukan matematika. Meskipun ternyata ketika sudah menjalani kuliah di jurusan biologi, mata kuliahnya banyak yang susah dan tidak semuanya kusukai.

    Memang faktor guru pengajar sangat mempengaruhi suka atau tidak sukanya siswa terhadap pelajaran tersebut, yang akhirnya berpengaruh juga pada nilainya. Tapi bagaimanapun juga pelajaran-pelajaran yang kita dapat waktu sekolah dulu semuanya bermanfaat untuk kehidupan di masa mendatang, dan sebenarnya penerapannya bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari.. :-)

    BalasHapus
  13. Nama: Peri Hutan
    Akun twitter: @peri_hutan
    Link share: https://twitter.com/peri_hutan/status/724559708699291648

    Sebenernya nggak ada mata pelajaran yang aku suka, nggak suka sekolah, wakakakaka.

    Tapi waktu SMA kelas iga aku ska banget sama pelajaran Bahasa Indonesia, gara-gara yang ngajar asik banget. Aku orangnya tergantung banget sama yang ngajar, kalau caranya enak dan cocok denganku, aku bakalan cepat memahami. Nah, guru Bahasa Indonesiaku itu orangnya antik banget, sudah tua, nggak lama lagi pensiun. Dia punya cara ajar yang asik banget dan lain dari pada yang lain. Dia akan menyuruh murid untuk menyiapkan 3 buku tulis, buku tugas, ulangan dan catatan, dia akan memerikasa buku catatan secara berkala. Dia jauh dari kata galak, malah seringnya lucu tapi jeli banget bila ada kesalahan. Sejak itu, mata pelajaran Bahasa Indonesia selalu aku nanti-nantikan, berharap akan ada guru lain seperti dia. Yang tidak hanya mementingkan nilai akhir, tapi juga proses.

    BalasHapus
  14. Nama : Agatha Vonilia M.
    Akun twitter : @Agatha_AVM
    Link share : https://twitter.com/Agatha_AVM/status/724571529892098048

    Pelajaran terfavorit ya? Ada dua sih.
    1. Bahasa inggris, aku jatuh cinta sama bahasa inggris nih mulai dari SMP. Pas SD, aku benci banget malahan. Waktu SMP ntu guru bahasa inggrisnya baik dan cantik banget. Ngajarinnya juga nggak monoton, selalu diselingi games-games dan aku inget banget belajar semalaman suntuk untuk kuis berikutnya. Padahal hadiahnya cuma bolpoin waktu itu. Tapi, kalau dapat senengnya bukan maen deh. Apalagi keseruannya, nggak bakalan aku lupain. Mulai dari anak yang nggak bisa bahasa inggris, 'nol putul' istilahnya sampai mahir bangettss. Emang guru bahasa inggris SMPku ntu TOP. Bukan hanya gamesnya aja yang bikin semangat ngikutin kelasnya, ada 1 kalimat yang bikin aku jatuh mabuk kepayang sama bahasa inggris dan kuliah pun sekarang ambil sastra inggris bidang minat penerjemahan. Rasanya seneng banget gitu baca buku berbahasa inggris sambil dengerin musiknya 'Maroon 5' dan nulis arti terjemahannya. Ini kalimat yang aku inget dan aku jadiin motivasi sampai sekarang, "Anggaplah bahasa inggris itu makanan favorit kamu."

    2. Kimia, kalau pelajaran ini aku suka mulai dari SMA. Dari kelas 1 sampai 3, nilai rapornya selalu 9. Mungkin sih aku cocoknya jadi profesor atau peneliti gitu ya. Hehhee Aku paling suka banget kalau lihat rumus kimia, ada tantangan tersendiri untuk menyelesaikannya. Apalagi gabungan antara huruf dan angka, mataku langsung berbinar-binar apalagi aku juga sering disuruh bantuin nyiapin peralatan uji coba di lab. Pernah sih dulu karena terlalu bersemangat sampe mecahin salah satu gelas ukur. Meskipun dimarahin abis-abisan tetap nggak nyurutin rasa sukaku pada mata pelajaran satu ini.

    Menurutku, pelajaran akan disukai atau tidak olehh para murid tergantung bagaimana trik-trik para guru untuk menyampaikan ilmu dan pesan dalam pelajaran tersebut. Aku yakin setiap pelajaran yang disukai maupun tidak pasti akan berguna dalam hidup kita dan kita tidak bisa terlepas dari pelajaran-pelajaran tersebut. Pelajaran yang aku sukai hanya salah satu pelajaran prioritas. Seluruh pelajaran begitu penting dalam hidup di masa kini dan masa mendatang. Terima kasih atas jasa para guruku. Terima kasih atas segala usaha dan kerja keras mereka.

    BalasHapus
  15. Nama : Gita Nurladikasari
    Akun Twitter : @oneonlygzb
    Link Share : https://twitter.com/oneonlygzb/status/724588263701245953
    Jawaban :
    Mata pelajaran yang aku suka itu Matematika. Alasannya selain aku dapat guru yang menarik yang gak galak yang pintar ngejelasin secara ringkas dan gak berbelit-belit. Aku dapet guru seperti itu dari SD sampai SMK. Betapa beruntungnya aku *pamer* hahaha. Aku yaa suka aja, kepalaku bisa di ajak berpikir terus, kan kebanyakan contoh dan soal itu pasti berbeda. Kalau contoh pasti angka-angkanya lebih sedikit dan caranya juga simple jadi gampang di mengerti. Beda banget kalau soal, angkanya banyak caranya beda dengan contoh *aku berkata seperti ini, karena rata-rata temenku ngeluh begitu*. Jadi otak kita akan lebih banyak berpikir, lebih mencari tau, dan aku suka itu. Kebanyakan pada bilang matematika itu sulit dan rumit. Yaa suka sama matematika itu sama seperti pacaran, yaa kita kenali dulu, pahami cara pengerjaannya dan rumusnya. Hafal rumus belum tentu bisa ngerjain soalnya. Tapi kalo kita pahami rumus itu kita bisa mengerjakan soalnya. Dan jangan malas berlatih, jangan pemahaman kita di sekolah aja, smapai rumah yaa di coba kerjain soal-soal yang lain. Lama-lama bakal ngerti dan akhirnya jatuh cinta sama matematika. Apa banget yaa bahasa-ku ini, hehehe. Tapi, aku benar-benar bingung sebenernya kalau di tanya apa alasannya, ya aku suka aja. Menurutku mudah. Sama seperti cinta kan, tanpa alasan yaa cinta aja. Hahaha

    BalasHapus
  16. Nama : Rinita
    Akun twitter : @Rinitavyy
    Link share : https://mobile.twitter.com/RinitAvyy/status/724605662022389762?p=v

    “Apa mata pelajaran di sekolah kamu (dulu atau sekarang) yang paling menjadi favortimu?"

    Dulu aku suka pelajaran Bhs. Indonesia, soalnya aku suka baca novel atau cerita yg ada di buku2 paket atau buku lks-nya. Aku juga suka nulis cerita fabel, meski enggak bagus2 amat--makhlum dulu masih SD--Tapi sekarang aku masih tetap suka sama bhs indonesia. Berkat pelaharan BIN, aku makin mengasah kemampuan menulisku, melatih pengejaan EYD-ku dengan baik dan benar. malah aku juga makin suka nulis cerita2 pendek--walau gk sekeren penulis best seller--namanya juga masih belajar. Siapa tahu nantinya bisa kan, lagian aku pengen banget jadi penulis dan ahli di bidang sastra.

    BalasHapus
  17. Nama: Annisa Hanako Nurfarah Cahyani
    Akun Twitter: @AnnisaHanako
    Link Share: https://twitter.com/AnnisaHanako/status/724624179228643330
    Jawaban: MTK dan Bahasa Indonesia.
    Alasan:

    1. MTK. Aku menyukai MTK sejak masih TK sampai sekarang. Entah kenapa, jika menyangkut dengan hitung-hitungan, aku langsung semangat untuk mengerjakannya. Selain itu, (menurutku) banyak orang-orang yang mengaggap MTK itu sebagai musuh yang wajib untuk dijauhi. Tapi menurutku, MTK itu adalah teman yang harus didekati, kalau bisa bersahabat baiklah :D Karena, di dalam kehidupan sehari-hari kita juga memerlukan MTK. Seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, persentase, dsb. Dan juga, jika aku dan teman-temanku mengerjakan soal yang menurut kami sulit, aku merasa tertantang untuk menyelesaikannya dengan cepat. Dan ingin menjadi orang yang pertama untuk mengumpulkannya :D

    2. Bahasa Indonesia. Pelajaran ini baru aku sukai sejak awal semester ganjil kelas 8 kemarin. Mungkin, karena pada saat itu guru yang mengajarku sangat suka membicarakan tentang-tentang kepenulisan. Baik itu cerpen, novel, biografi, dll. Kebetulan, aku sangat suka menulis cerita dan sangat ingin menjadi penulis. Jadi, aku merasa klop aja dengan guru juga pelajarannya :D

    BalasHapus
  18. Nama: Fetreiscia Frida
    Twitter: @fetreisciafrida
    Link share: https://twitter.com/fetreisciafrida/status/724785689435336704

    Pelajaran yang paling saya suka itu waktu SMA. Di sekolah saya ada yang namanya pelajaran BK, atau Bimbingan Konseling. Ga pernah ada ulangan ataupun ujiannya. Di pelajarin ini gurunya masuk buat ngebimbing kita gitu. Justru itu yang saya suka. Bukan karena ga ada ujian atau ulangan nya, tapi karena pelajaran BK ini saya menemukan semangat lagi buat belajar dan sekolah. Mungkin bagi beberapa orang pelajaran ini ga penting, tapi bagi saya ini pelaaran paling enak. Saya juga menemukan sebuah titik terang ketika saat kelas 12 saya gatau apa yang harus saya lakukan. Dari guru BK saya menemukan banyak sekali pelajaran. Bukan mengenai angka dan teori2 sains ataupun ips, tapi mengenai teori kehidupan. Sesuatu yang mungkin ga bisa didapatkan dengan mudah. Karena katanya kalau sudah jd mahasiswa atau terjun ke masyarakat, kita sudah dianggap dewasa. Uda bukan waktunya 'disuapin' lagi kaya waktu pakai seragam. Oleh karena itu saya sangat menikmati pelajaran BK ini. Guru saya ga cuma sekedar menjalankan kewajiban sebagai guru, tapi beliau benar2 menunjukan jalan bagi setiap siswanya.

    BalasHapus
  19. Nama : Alfiani Z Fitri
    Akun twt : @falfanyfitri
    Link share : https://twitter.com/falfanyfitri/status/724926943720779777

    Sedikit bercerita, aku menganut prinsip cinta jadi benci untuk pelajaran paling favoritku ini.

    Ketika SMP, aku mengambil kelas fisika yang artinya akan ada pelajaran fisika olimpiade. Padahal aku tidak terlalu jago ipa dulu. Dan malah, kesan pertamaku adalah sulit. Ditambah lagi gurunya yang pertama masuk langsung memberi banyak tugas, tidak ada penjelasan. Katanya, dicoba dulu. Serius. Sinting, kan? Aku benci sebenci-bencinya saat itu.

    Dan yah, setelah itu aku banyak berusaha untuk mengerti fisika, dari sana juga aku mulai jatuh hati pada fisika. Jatuh sejatuh-jatuhnya.

    Seiring waktu, aku mulai menyadari hal menarik yang hanya ada di fisika. Fisika membawaku memahami tentang sekitar, dalam diriku, bahkan yang di luar jangkauanku. Semisal tentang alam semesta, fisika sukses mengenalkanku pada apa yang bahkan mustahil untuk kuraih. Lewat konsepnya yang fundamental itu, aku diajari banyak hal tentang bagaimana semesta bekerja. Menariknya, aku tidak pernah merasa harus menghafal rumusnya. Semua itu turunan, asal mengerti konsep, begitu kata seseorang yang kemudian menjadi guru favoritku.

    Akhirnya, kecintaanku pada fisika kusalurkan lewat berbagai olimpiade. Alhamdulillah sukses tersampaikan :)

    BalasHapus
  20. Putri Prama A.
    @putripramaa
    https://twitter.com/PutriPramaa/status/724931147071889409
    Matematika dulu dan sekarang. Aku suka dengan kesederhanaan matematika. Bukan berarti aku meremehkan matematika kalau pelajaran itu sederhana banget. Sederhana dari mananya? Karena matematika itu nggak muluk-muluk maunya, cuman mau dihitungin aja, bahkan ada yang cuma mau dilihatin aja kaya soal mencari yang mana jaring-jaring bangun ruang kubus, dll. Sederhana, tapi pemikiran kita aja yang kadang nggak sederhana tentang matematika ini. Kita terlalu meremehkan diri sendiri hingga akhirnya menyerah dan membenci matematika, seperti kata-kata "Don't judge book by it's cover", jangan benci matematika karena itung-itungannya aja, banyak banget lho guna matematika ini.
    Bagiku, matematika itu seperti Roma. Kenapa aku menyebutnya begitu? Karena ada banyak jalan menuju Roma; ada banyak jalan untuk menyelesaikan satu soal matematika. Nggak harus rumus itu, tapi bisa dengan rumus lain. Kaya suatu masalah di kehidupan, matematika itu pasti ada penyelesaiannya. Jadi, semangat terus untuk belajar matematika!
    Akhir-akhir ini aku suka dengan BIOLOGI. Kalau dipikir-pikir biologi ini bertolak belakang banget sama matematika yang menurutku sederhana. Bagiku biologi itu rumit. Kenapa rumit? Karena ... kalo lupa ya lupa, nggak bisa diganggu gugat lagi kecuali kita berusaha mengingat-ingat. Misal, kita lupa tentang hormon-hormon yang mempengaruhi produksi ovum, kalo lupa ya lupa. Tapi karena kerumitannya itu, aku suka dengan biologi. Menanti banget pelajaran boilogi, deh. Tapi nyebelinnya, kok aku belum hafal-hafal juga ya sama saraf tepi. xD Selain karena kerumitan buat ngafalin biologi, aku suka biologi karena dengan biologi aku menyukuri apa yang telah Tuhan ciptakan ini. Aku bangga dengan tubuhku meskipun secara genetika aku dapat gen 'tt' xD Terima kasih, Tuhan.
    Yah, itu dua pelajaran yang kusukai dulu dan sekarang.
    Terima kasih untuk giveawaynya, Kak ABO. :D

    BalasHapus
  21. Nama:Arien Prakasari
    Twitter:@Arrinn_Kka
    LinkShare: https://twitter.com/Arrinn_Kka/status/724494855242584064

    Pelajaran favorit aku matematika pas jaman SMP dulu, bukannya apa-apa cuma gara-gara sering kena hukuman jadinya aku malah di kasih banyak soal sama si Bapak guru dan itu membuat aku semakin mengerti dan suka banget sama matematika. Dan juga pealajaran seni saat SMA, sukanya karena sering praktek jadi aku bener-bener tau rasanya jadi penyanyi saat seni musik, jadi pelukis saat seni rupa, dan jadi aktor saat seni teater :D wahhh sungguh menyenangkan :)

    BalasHapus
  22. Nama:Asep Nanang
    Twitter:@asepnanang59
    LinkShare: https://twitter.com/asepnanang59/status/725099820348743680

    Jawaban:
    Ada banyak matapelajaran yang saya sukai ketika sekolah. Beberapa diantaranya adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Biologi, dan Sejarah. Jika saya bertemu dengan keempat pelajaran tersebut, saya seperti bertemu teman masa kecil yang begitu mengasyikan. Ada beberapa alasan yang membuat saya suka keempat matapelajaran di sekolah.
    1. Matematika, saya menyukai pelajaran ini karena selalu sukses membuat saya pusing. Ketika saya bergelut dengan soal-soal matematika saya selalu menghabiskan banyak waktu dan pikiran untuk menyelesaikan berbagai persamaan yang rumit. Kesulitan yang saya hadapi saat menyelesaikan soal matematika terkadang bisa membuat saya lupa bahwa kegetiran hidup saya.
    2. Bahasa Indonesia adalah matapelajaran yang mengenalkan saya pada puisi dan kata mutiara. Sesuatu yang saya sukai hingga saat ini. Bahkan saya sudah menganggap puisi-puisi saya sebagai kekasih yang saya sayangi.
    3. Biologi adalah matapelajaran yang mengasyikan karena ada banyak pengetahuan yang seru walau kadang saru,eh. Bahasan yang paling saya tunggu dari pelajaran biologi adalah tentang sistem reproduksi. Semangat saya mendadak berkobar ketika membahas tentang bab yang satu ini.
    4. Sejarah merupakan matapelajaran yang selalu menyumbangkan nilai yang bagus di raport saya. Selain itu sejarah membuat saya mengingat masa lalu dengan berbagai cerita serunya.

    BalasHapus
  23. Nama : Rizky Mirgawati
    Twitter : @Rizky Mirgawati
    Link Share : https://twitter.com/RizkyMirgawati/status/725141524984520709

    Jawaban:
    Mata pelajaran favoritku sepanjang masa itu : Biologi
    Entah kenapa dari semua pelajaran di sekolah, sejak mengenal Biologi, aku dibuat jatuh cinta. Semua materi yang ada di buku pelajaran Biologi begitu saja langsung nancap di otak, menjadikan tiap jam pelajaran maupun tugas-tugas yang diberikan aku selalu mendapatkan nilai yang memuaskan, bahkan nilai biologiku selalu yang tertinggi. Mungkin salah satu penyebabnya juga karena guru Biologiku selama ini guru yang asyik dan selalu menjelaskan dengan bahasa yang enak dan mudah dipahami.

    Yang paling kuingat banget, salah satu momen terbaik bisa menjadi salah satu peserta Olimpiada Biologi tingkat provinsi mewakili SMAku dulu, walau akhirnya tidak bisa melaju ke tingkat nasional, tapi bertemu dengan siswa-siswi yang sama-sama menyukai Biologi itu menyenangkan sekali dan mendapatkan ilmu baru :)

    BalasHapus
  24. Nama: Rizky Tris Sella Maharani
    Twitter: @trissella
    Link share: https://twitter.com/trissella/status/725145209554632704

    Pelajaran favoritku biasanya dipengaruhi oleh guru yang asyik. Waktu SMP, contohnya. Aku selalu semangat waktu pelajaran Fisika. Kenapa? Karena guruku hobi ngelawak. Padahal aku nggak begitu jago Fisika waktu itu. Terus kenapa bisa aku suka dengan Fisika? Ya itu. Tiap masuk kelas seperti dikocok perutnya.

    Jadi begini, tiap ada murid yang tanya, "Pak, itu rumusnya kok bisa begitu, asalnya dari mana?"
    Si Bapak jawab, "Ya mboh. Tanya sana sama Mbahmu." (Ya nggak tau. Tanya sana sama Nenekmu)
    Maka seisi kelas akan gaduh dengan suara tawa hahaha.

    BalasHapus
  25. Nama: Rizky Tris Sella Maharani
    Twitter: @trissella
    Link share: https://twitter.com/trissella/status/725145209554632704

    Pelajaran favoritku biasanya dipengaruhi oleh guru yang asyik. Waktu SMP, contohnya. Aku selalu semangat waktu pelajaran Fisika. Kenapa? Karena guruku hobi ngelawak. Padahal aku nggak begitu jago Fisika waktu itu. Terus kenapa bisa aku suka dengan Fisika? Ya itu. Tiap masuk kelas seperti dikocok perutnya.

    Jadi begini, tiap ada murid yang tanya, "Pak, itu rumusnya kok bisa begitu, asalnya dari mana?"
    Si Bapak jawab, "Ya mboh. Tanya sana sama Mbahmu." (Ya nggak tau. Tanya sana sama Nenekmu)
    Maka seisi kelas akan gaduh dengan suara tawa hahaha.

    BalasHapus
  26. Nama : Humaira
    Akun Twitter : @RaaChoco
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/725293122079465472?p=v


    “Apa mata pelajaran di sekolah kamu (dulu atau sekarang) yang paling menjadi favortimu? Sertakan juga alasannya yaa..”

    Banyak yang aku sukai, tapi yang paling aku sukai itu Biologi dan Matematika, apalagi jika yang mengajarnya juga menyenangkan, jadi makin suka.

    Menurutku Biologi itu pelajaran paling keren. Aku sangat menyukainya, aku sering menjawab pertanyaan yang diajukan guruku, bahkan guruku sampai bosan dan melewatkanku yang sedang tunjuk tangan begitu saja, jika anak-anak sudah tidak ada yang tunjuk tangan, baru deh soal itu dilempar ke aku. Dalam Biologi banyak sekali yang dipelajari. Mulai dari anatomi tubuh, pernapasan, DNA, hewan, tumbuhan dan masih banyak lagi. Di pelajaran Biologi kita jadi tahu awal terbentuknya manusia, lewat pelajaran Biologi pula kita belajar bersyukur atas rahmat yang diberikan oleh Sang Pencipta. Betapa kaya dan sempurnanya kita sebagai makhluk hidup. Sedangkan jika mengerjakan pelajaran matematika, aku merasa sedang menemukan puzzle yang hilang dan diminta menyusunnya. Banyak tantangan saat mengerjakannya, kalo belum dapet itu jawaban, pasti diaduk-aduk sama aku sampe dapetnya. Buka buku sana sini, setelah dapet jawabannya, rasanya seperti menang lomba lari marathon :D :D

    BalasHapus




  27. Nama : Daisy
    Twitter : @daisy_skys
    Link share : https://twitter.com/Daisy_skys/status/725521368683413504
    “Apa mata pelajaran di sekolah kamu (dulu atau sekarang) yang paling menjadi favortimu? Sertakan juga alasannya yaa..”

    Saya suka pelajaran Bahasa .Apapun itu entah bahasa inggris bahasa indonesia bahkan bahasa jawa sekalipun (Saya orang jawa kak ) .Karena saya menguasai mata pelajaran itu lebih dari mata pelajaran yang lain . Saya suka membuat untaian kalimat yang mengalir langsung diotak saya ketimbang mengerjakan soal soal matematika ,fisika ,ataupun kimia yang membuat saya pening .Jujur saja deh saya benci pelajaran menghitung . Saya berfikir saya tidak terlahir untuk benar benar menguasai pelajaran - pelajaran semacam itu . Kalau pun dituntut untuk bisa itupun pasti karena kepepet .Misal kepepet mau UN .

    Saya tidak pernah les atau ikut bimbel manapun . Bahasa Indonesiaku bagus karena saya sering membaca (novel ,komik ,cerpen ,atau pun berita di internet ) ,Bahasa Inggrisku baik karena dulu tergila - gila dengan serial Harry Potter dan menonton filmnya berulang - ulang sampai hafal dialognya ,nonton film /drama yang subtittle nya inggris ( kalo nyari sub indonya nggak dapet ) ataupun variety show kpop yang subtittle juga Inggris .Bahasa jawaku bagus karena di rumah bicara sama ibu bapak pakai basa krama ,apalagi kakekku pecinta wayang kulit ,aku sering diajak nonton wayang sampai tengah malam ,awalnya nggak ngerti tapi lama - lama aku paham bahasa krama inggil yang dipakai .


    Bagiku bahasa itu seperti kebiasaan .Bisa karena terbiasa .kalau nggak terbiasa jangan berharap untuk bisa .Orang bilang ,mereka yang menguasai pelajaran bahasa punya hati yang lebih peka " Language is about sense " .Itu benar ,aku merasakannya. Kita menulis ,membaca ,mendengar dengan perasaan .Bahkan ketika memilih option jawaban pun kita menimbang - nimbang dengan hati .

    Yang membuat saya semakin mencintai pelajaran ini adalah karena saya pernah ikut berbagai lomba dalam bidang ini .
    SD→Saya pernah ikut lomba menulis sinopsis dan mengarang bahasa indonesia .Tidak sampai juara satu sih tapi cuma dapat juara 4 dan 2 . Saya juga pernah ikut lomba pidato bahasa jawa dan geguritan (Semacam puisi versi bahasa jawa ) waktu itu cuma dapat juara 3 untuk keduanya .
    SMP→Saya mewakili sekolah dalam OSN bahasa Inggris tapi belum dapat juara .Saya juga mewakili sekolah lomba storry telling dan dapat juara 3 .
    SMA (saya masih SMA )→Baru awal semester II lalu saya mewakili lomba debat bahasa inggris .Dan ini paling menantang buat saya .Waktu itu saya sempat grogi dan merasa mau mati saja ,saya ragu saya bisa nggak nanti berdebat tapi dalam bahasa inggris apalagi lawannya sekolah favorit .Meskipun akhirnya pulang dengan kekecewaan tapi setidaknya kalah terhormat .Cuma perbedaan 80 poin dan timku bisa masuk final .Coba kalau jurinya nggak subjektif.Tapi ya sudahlah .

    Dengan pencapaian itu saya semakin gila dalam belajar bahasa .Apalagi di sekolah juga ditambah bahasa Jepang (saya juga penggemar anime loh ) saya di rumah juga lagi belajar bahasa Arab ,bahasanya al - Qur'an dan bahasa Korea .Saya tidak keberatan sedikitpun dengan belajar beberapa bahasa ,justru saya merasa senang sekali .

    Tau tidak apa lagi yang membuat saya sangat menyukai pelajaran bahasa ?

    Saya tidak perlu bersusah payah belajar karena untuk mencari jawaban dalam soalnya kita cuma butuh pemahaman dan perasaan .Tidak ada rumus pasti dan jawaban yang pasti .Tidak ada nilai seratus ,sembilan adalah nilai sempurna .

    BalasHapus
  28. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/725576829424144384

    “Apa mata pelajaran di sekolah kamu (dulu atau sekarang) yang paling menjadi favortimu? Sertakan juga alasannya yaa..”

    Waktu SMA pelajaran favorit itu Kimia & Matematika karena gurunya enak dan menyenangkan jadi pelajaran sesulit apapun tetap menarik dan nilaiku pun selalu bagus.
    Sebenarnya aku juga suka pelajaran Fisika karena guru yg mengajar pun enak dan seru, bahkan jadi guru favorit aku. Tapi sayangnya setiap kali ulangan nilaiku tidak terlalu bagus seperti Kimia & Matematika. Aku kadang suka bingung sendiri kenapa bisa begitu, padahal saat belajar mudah dan aku menikmatinya, tapi saat ulangan pasti soalnya bikin mumet. Ada apa dengan Fisika? Atau sebenarnya ada apa dengan otakku? hahahaaa :D Walau begitu Fisika tetap jadi pelajaran favorit dan selalu bikin aku penasaran untuk menguasainya.

    BalasHapus
  29. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    https://twitter.com/RiniCipta/status/725694826008612868

    Sebenarnya tingkat kesukaanku pada pelajaran bisa dikatakan biasa aja, nggak ada yang favorit banget dan nggak ada juga yang dibenci banget. Biasanya sih suka sama pelajaran itu kalau kita paham, jadi ingatnya juga sampai kapanpun hehe..
    Salah satu mata pelajaran yang bisa aku pahami adalah IPA, khususnya biologi. Soalnya kalau kimia dan fisika agak mumet dikit, ada hitungan dan aku termasuk nggak kuat di bidang itu. Belajar biologi itu menyenangkan. Jadi banyak tau tentang hal-hal yang sering kita alami dalam kehidupan. Belajarnya juga nggak cuma dikelas, kadang praktek langsung atau percobaan di lab. Metode eksperimen ini yang paling berkesan karena kita belajar langsung mulai dari tahapannya hingga hasilnya. Dengan belajar juga nggak gampang lupa :)

    BalasHapus
  30. Nama: Eni Lestari
    Akun twitter: @dust_pain
    Link share: https://twitter.com/dust_pain/status/725850888053526528

    "Apa mata pelajaran di sekolah kamu (dulu atau sekarang) yang paling menjadi favoritmu! Sertakan juga alasannya ya..."

    BAHASA MANDARIN. dulu aku masuk jurusan bahasa. bahasa ketiga yang diajarkan selain bahasa Indonesia dan Inggris adalah Mandarin. kenapa aku suka belajar Mandarin? soalnya belajar mandarin itu AMAT-SANGAT-MENYENANGKAN-SEKALI! mungkin pengaruh gurunya juga ya (panggilannya Lao Shi yang artinya guru). Lao Shi itu orangnya seru, supel, gaul, dan suka ngomong. cara ngajarnya juga gak kaku kayak pelajaran lain. pokoknya asyik deh diajar Lao Shi. nah, bisa dibilang Lao Shi yang menularkan virus suka Mandarin ke murid2. dia bilang belajar bahasa asing itu penting, karena nanti dunia gak terpusat sama Amrik aja, dan akan bergeser ke negara2 di Asia Timur. makanya gak rugi kalo belajar Mandarin, Jepang, atau Korea mulai dari sekarang. apalagi ketiga bahasa itu sebenernya mirip2. malah kalo belajar Mandarin duluan, nanti kalo belajar bahasa Jepang akan dimudahin banget waktu belajar nulis kanji, karena goresannya mirip.

    oya, banyak banget filosofi yang diajarkan di Mandarin. tulisan karakter dalam Mandarin itu sebenarnya bentuk lambang dari benda aslinya. nah, Lao Shi banyak cerita tentang hal itu. itu bagian yang aku suka banget, karena jadi paham dari mana asal kata yang aku pelajari. rasanya jadi kayak belajar sejarah atas kata juga. seru banget kan?

    bagian sulit dari Mandarin itu mungkin ngapalin kata2nya yang harus ditulis pakai karakter Mandarin. bisa seharian tuh ngapalinnya. dan gak cuma satu-dua yang dihafalin lho, tapi bisa ratusan. tapi, karena bagiku Mandarin itu menyenangkan, jadi gak kerasa sulit. lama2 apal juga, karena dikasih tau caranya, yaitu dengan menuliskannya berulang2 di buku kotak yang diameternya agak gede (biasanya buku buat anak TK). dengan cara kayak gitu, secara gak langsung otak kita jadi menghafal karakter yang kita tulis. alhasil, kita pun jadi terbiasa deh. sayang, aku udah lama gak belajar Mandarin, jadi banyak karakter yang aku lupa, huhuhu.

    ah ya, yang paling sulit dari Mandarin itu adalah... pengucapannya! mungkin kalo nulis gak terlalu banyak masalah ya, tapi kalo ngomong itu yang susah. soalnya di Mandarin itu pengucapannya pakai nada. tulisan sih bisa aja sama, tapi kalo nadanya beda, beda pula artinya. kalo ada praktik Mandarin, yang paling ancur nilainya ya praktik ngomongnya ini. soalnya banyak yang salah nada, hahaha. tapi kata Lao Shi sih gak masalah. nanti juga bisa asal latihan terus. makanya dulu disuruh liat Metro Xinwen sama Lao Shi. yah, walau gak paham2 amat (secara ngomongnya cepet banget wkwkwk) tapi itu salah satu bentuk belajar juga.

    ada lagi bagian yang menurutku asyik di Mandarin, yaitu belajar kaligrafinya. sebenernya, kayak nulis biasa aja, tapi pakai kuas, tinta, dan kertas HVS. walau kesannya gampang, tapi susah juga lho nulisnya. kalo mau bagus, mesti latihan berulang2 biar goresannya keliatan cantik dan gak putus2. apalagi pakai kuas itu gak sama kayak pake pulpen. kalo gak dipakai terus2an ya nanti kuasnya jadi kering. dan buat melembutkannya lagi butuh waktu juga.

    hehehe, maap yak kalo jawabannya jadi panjang lebar. soalnya Mandarin bener2 pelajaran fav ku banget dulu xDD

    BalasHapus
  31. Nama : Heni Susanti
    Akun Twitter : @hensus91
    Link Share : https://twitter.com/hensus91/status/725868152811180032
    “Apa mata pelajaran di sekolah kamu (dulu atau sekarang) yang paling menjadi favoritmu? Sertakan juga alasannya ya?”
    Sebenarnya ada dua, Matematika sama Bahasa Inggris.
    Matematika karena aku menikmati proses mencari jawaban dalam setiap soalnya. Dan saat bisa menyelesaikan satu soal yang sulit maka akan muncul satu perasaan bangga, senang dan lega.
    Tapi yang aku paling suka adalah Bahasa Inggris. Alasannya karena sejak pertama kali kenal Bahasa Inggris saat kelas 1 SMP gurunya pinter banget menyampaikan materi jadi setiap pelajaran Bahasa Inggris pasti menyenangkan. Lalu selama setahun belajar Bahasa Inggris dengan menyenangkan jadi terbawa seterusnya suka sama pelajaran itu, apalagi kalau ada kata-kata baru yang bisa digunakan sehari-hari, jadi merasa lebih pinter kalau bisa Bahasa Inggris :D. Paling menyenangkan kalau nonton film berbahasa Inggris lalu mengabaikan subtitle tapi bisa paham maksudnya. Apalagi Bahasa Inggris kan bahasa dunia, jadi pengen bisa bisa fasih dan kalau suatu saat kesasar di negeri seberang tetap aman terkendali. :D

    BalasHapus
  32. Nama : Agsari Irma
    Twitter : @irmagsari
    Link share : https://twitter.com/irmagsari/status/725875012113068033

    Paling suka pelajaran Bahasa Inggris. Bahkan sejak sebelum betul-betul diajarkan di sekolah udah suka hafalin kosakata-nya, soalnya waktu masih kecil bangga gitu kalau ada temennya Ibu/Bapak atau saudara yang nanya dan tau jawabannya, jadi suka nyari arti kata yang sederhana di kamus. Karena cuma bermodal itu doang, waktu SD pernah ditunjuk ngewakilin lomba tapi rangkingnya bawah banget, kan jadi malu ya haha. Sejak itu aku mulai belajar struktur kalimat dan lain-lain. Walaupun sampai sekarang belum bener-bener jago dan masih akan terus belajar, tapi alhamdulillah gara-gara suka Bahasa Inggris bisa nambah-nambah uang saku soalnya sempat jadi guru les juga waktu SMA sampai pertengahan kuliah. :))

    BalasHapus
  33. Nama: Nisa Rahmah
    Twitter: @niesya_bilqis
    Link share: https://twitter.com/niesya_bilqis/status/726223347613233153

    Rasanya dulu waktu SMA semua pelajaran (kecuali olahraga) saya senangi, hahaha. Karena saya termasuk tipe pelajar yang..., seperti Amanda (siapa itu Amanda? :D). Bedanya kalau Amanda mungkin ada di skala 5 saya cukup di poin 3 saja.

    Tapi, yang saya benar-benar suka itu Fisika. Saya tidak terlalu hebat mata pelajaran ini, nggak ahli-ahli banget sampai bisa memprediksi materi mana saja yang keluar di UN, tapi saya suka. Kesukaan saya adalah karena, ada kepuasan sendiri saat berhasil menyelesaikan soal yang paling rumit. Seperti habis dapat harta karun gitu. Belajar fisika juga membuat saya mengenal dunia-dunia tak kasatmata (bukan dunia gaib atau makhluk halus ya :D), apalagi kalau ada hubungannya dengan hal-hal yang berada di luar nalar, tapi mampu dijelaskan dengan konsep fisika. Keren sekali lah pokoknya.

    Atas dasar kesukaan itu juga sekarang saya profesinya sebagai guru fisika. Seru banget, apalagi misi saya adalah berusaha dan berupaya untuk mengubah mindset fisika yang menyeramkan dan susah menjadi..., menyenangkan (dan tetaps susah juga sih hahaha). Setidaknya, jika belajar dengan hati senang dan situasi yang menyenangkan, segala sesuatu yang dianggap susah akan menjadi mudah.

    BalasHapus
  34. Hana Fathimah
    @hanafathimah
    https://twitter.com/hanafathimah/status/726229344452907009

    Mata pelajaran yang paling kusuka adalah TATA BOGA waktu SMP.
    Karena siswa kampung, jadi excited banget waktu tahu ternyata makan itu ada tata kramanya, ternyata penempatan gelas/sendok/pisau itu ada aturannya, ternyata makanan yang sehat dan seimbang itu begini dan begitu, ternyata kalau di pesta kebun nggak disediain tempat duduk tuh kita makannya sambil berdiri, nggak usah cari-cari tempat duduk.. Haha. Asik deh.

    Bu Guru yang ngajar Tata Boga waktu itu sering bawa makanan yang kita belum pernah lihat (maklum siswa kampung), dan kita disuruh nyobain. hehe
    Belum lagi kalau udah mulai praktik. Cihuuy.. Aku suka feeling kebersamaannya waktu dari mulai belanja, masak sampai nge-garnish, dilakukan bareng sama temen-temen..

    Pokoknya itu mapel paling seru yang pernah kupelajari selama ini.

    BalasHapus


  35. Nama : Ari
    Twitter : @Harikun__
    Link share : https://twitter.com/Harikun__/status/726279392226242561


    “Apa mata pelajaran di sekolah kamu (dulu atau sekarang) yang paling menjadi favortimu? Sertakan juga alasannya yaa..”

    Favoritku pelajaran olahraga .Alasannya karena pelajaran olahraga mikirnya dikit .Kita nggak perlu pakai rumus rumus kaya fisika buat main sepak bola ,kita nggak harus ngapalin panjang lebar kaya sosiologi buat main Basket , Kita nggak harus ulangan tertulis tiap bab . Pelajaran olahraga itu soal kebugaran tubuh dan tekhnik . Intinya pelajaran itu mikirnya dikit nggak kaya mapel lainnya.

    BalasHapus
  36. Bintang Permata Alam
    @Bintang_Ach
    https://twitter.com/Bintang_Ach/status/724409885580910593

    Sebelumnya, jika boleh jujur, segala hal yang berkaitan tentang masa sekolah adalah topik yang sangat menyenangkan untuk dibicarakan. Untuk yang sudah alumni maupun yang masih berkecimpung di dalamnya (seperti aku).

    Menanggapi pertanyaan di atas, jawabanku adalah bahasa inggris. Kenapa?

    Entah kenapa, sejak SD aku sangat menyukai pelajaran yang satu ini. Hingga kemudian berlanjut ke SMP dan SMA, aku masih tetap menyukai bahasa inggris. Aku juga pernah mengikuti kursus bahasa inggris yang diadakan rutin setiap hari jum’at (dulu sih, hehe). Sebenarnya, aku tidak terlalu memedulikan tipe seperti apakah guru bahasa ingggris tersebut. Selama masih nyantol dan enjoy, aku masih tetep suka.

    Dulu, pas SMP, aku pernah ditunjuk menjadi salah satu pembimbing untuk ekstrakurikuler bahasa inggris. Dengan teman-teman yang lain, aku memandu ekstra bahasa inggris setiap hari senin setelah bel pulang sekolah. Menyenangkan sekali, karena kita langsung terjun ke lapangan tanpa didampingi oleh guru atau Pembina lainnya. Sebenarnya ada sih, tapi mereka nggak terlalu ambil peran, dan mayoritas kegiatan diserahkan kepada kita semua. Selain itu, pas ujian nasional SMP kemarin, dibanding MAT, B.IND, dan IPA, Alhamdulillah B.Inggris adalah mata ujian yang mendapat nilai paling tinggi. Nggak usah disebutkan ya kayaknya? Nggak mau sombong lebih lanjut, hehe. Selain itu, aku juga memiliki seorang guru bahasa inggris favorit di SMP. Namanya Bu Nanik. Senang sekali dengan cara beliau mengajar, meski banyak murid yang tidak suka, namun aku justru sebaliknya. Rasanya sedih gitu tiap kali beliau nggak masuk dan nggak ngajar. Padahal yang biasanya membuat mood-ku menjadi baik adalah karena kehadiran Bu Nanik. Duhh, udah lama nggak ketemu beliau. Lama ngga sowan ke SMP, huhuu. Maafkan aku Bu Naniiikk. Miss her so much!

    Selain itu, Alhamdulillah kesukaanku terhadap b.inggris juga terus berlanjut ke masa SMA. Di SMA aku memiliki kesempatan yang lebih besar lagi untuk belajar bahasa inggris. Karena setiap bulannya sekolahku akan kedatangan bule dari berbagai Negara dan kami menyebutnya ‘english day’. Meski sekarang udah jarang sih, tapi ya nggakpapalah. Beberapa pengalaman yang pernah aku dapatkan di English day sebelumnya sangatlah berkesan. Aku juga sering nyoba ngomong dalam bahasa inggris sama mereka, meski kadang sering plonga plongo sih, hahahaha. Kebanyakan ngomongnya sih cuma izin buat minta foto, itu pun disuruh sama temen-temen, wkwkwkwk.

    Dan yang membuat aku suka dengan bahasa inggris yang selanjutnya adalah… Aku berhasil mendapat juara 1 di lomba story telling yang diadakan beberapa bulan lalu. Alhamdulillah, puji syukur, menjadi juara di bidang yang aku gemari itu bagai tertimpa durian runtuh. Sumpah, nggak nyangka banget sekaligus happy. Yang bikin lebih bangga lagi adalah aku menjadi satu-satunya peserta laki-laki di antara peserta cewek yang lain. Pas masuk ruangan sih ya grogi dan malu juga. Dari sekian banyak peserta, cuma aku aja yang cowok. Tapi harus tetap PD dong. Dan rupanya kerja kerasku dan bekal PD ku itu tidak sia-sia. Beberapa hari sesudahnya aku mendapat info kalau aku menang juara 1 story teling. Woaahhh senengg banget, hehe. Harapanku, semoga bisa merasakan kesenangan yang serupa lagi di lain waktu nanti. Aamiin.

    Nah, itu tadi adalah ulasan tentang pelajaran yang aku sukai: Bahasa Inggris. Terima kasihh untuk guru-guru bahasa inggrisku: Bu Yun, Bu Nyami, Pak Agus, Mbak Servi (guru kursus), Bu Nanik, Bu Dyah, dan Pak Samsi. Tresno siji-siji (Cinta satu-satu). Hehe

    Terima kasih, moga beruntunggg :))

    BalasHapus
  37. nama: famia
    twitter: @amifamia
    link share: https://mobile.twitter.com/amifamia/status/726429440884891649?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C9995888918


    jawaban:
    pas MTs aku suka pelajaran IPA fisika, karena yang ngajarin gurunya asyik dan nyantai, jadi saat dijelasin tuh mudah faham, dan aku juga jadi juara harapan ke-2 se kabupaten. Pas sekarang (MA) karena sekolahku program studinya IPS, aku suka Ekonomi, karena pelajaran ekonomi ada materinya juga hitungannya, 11-12 sama ipa fisika, jadi lumayan mengobati rindu sama pelajaran fisika.

    BalasHapus
  38. nama: Noer Anggadila
    akun twitter: @noeranggadila
    link: https://twitter.com/NoerAnggadila/status/726727963295666177
    jawaban: Untuk sekarang, Bahasa Indonesia. Entah kenapa pelajaran ini bisa bikin aku betah, nyaman, gimanapun model guru yang mengajar. Ini udah terbukti karena dari kelas 10 hingga sekarang kelas 11 smt 2 aku udah gonta-ganti guru bahasa Indonesia sebanyak 3 kali, dan cara mengajar mereka beda-beda, kebetulan gurunya perempuan semua. Ada yang suka cerita banyak, ada yang kalem, ada yang duduk aja pas ngajar *maaf, bu, maaf*, ada yang kalau ngasih tugas rumah atau PR itu buanyak kaya paket lebaran *sekali lagi, maaf, bu*, ada yang nyatai ngajarnya, ada yang kalau lagi jelasin aku harus mendekat ke meja guru atau mendengarkan bener-bener karena suaranya kadang kedengeran kadang nggak *masih melambaikan bendera putih*, ada yang kalaungajar selalu nanyakin udah beli buku EYD belum? dan muridnya pada bandel akhirnya setia pelajaran mesti diingetin kayak gitu sampai akhirnya aku ngerasa "Sudah beli buku EYD" adalah quote of the day dan kalimat bersejarah. namun, perbedaan itu ternyata gak buat aku terlalu terganggu atau membuat pelajaran bahasa Indonesia itu pelajaran yang memberatkanku, sebanyak apapun dan 'sejlimet' apapun materi yang harus dipelajari, aku bisa cepat beradaptasi dan membawanya menjadi pelajaran yang menyenangkan, meskipun [lagi-lagi] pas ulangan mesti buat jari jemari jadi pegal-pegal karena jawabannya selalu seperti menulis essay, hehe. Karena Bahasa Indonesia juga materinya banyak yang aku suka, kaya pas bab fiksi tentang novel dan cerpen, bahas film juga, bahas dunia jurnalistik juga, dan bahasa Indonesia mengajarkanku tentang betapa pentingnya membaca, karena dengan membaca banyak sekali manfaat yang diperoleh, karena membaca aku gak akan sendirian, dan karena pelajaran bahasa Indonesia perlu membaca, aku merasa terus hidup!

    BalasHapus
  39. Nama: Annisa Ayundi Prastiwi
    Twitter: @annsynd
    Link share: https://mobile.twitter.com/annsynd/status/726750037124874240

    Pelajaran favorit saya yaitu B.Inggris Peminatan. Saya suka pelajaran ini karena gurunya nyenengin banget, namanya Miss Ikoh. Beliau friendly dan easy going banget, jarang marah, sekalinya marah pun nggak keliatan lagi marah. Biasanya beliau marah kalau anak muridnya nggak ngerjain tugas, dan biasanya dikasih hukuman suruh nyanyi lagu inggris, gitu doang, baik kan? Beliau kalau ngajar selalu ngasih nasihat dan mengajarkan hal-hal baik kepada muridnya. Cara mengajarnya pun menyenangkan, beliau tidak menganggap muridnya sebagai muridnya, tetapi sebagai teman. Beliau seperti orang tua yang sangat baik, ramah, dan penyayang bagi saya. Ketika mengajar, beliau sering mengajak muridnya mengobrol hal apapun menggunakan bahasa Inggris, mungkin ini caranya supaya anak muridnya bisa cepat mempelajari bahasa Inggris, saya bangga jadi murid beliau, saya kagum banget. Mungkin bukan saya aja yang senang sama beliau, tetapi teman-teman saya yang lain juga :D

    BalasHapus
  40. Nama: Thia Amelia
    Akun twitter: @Thia1498
    Link: https://twitter.com/Thia1498/status/726758951837028353

    “Apa mata pelajaran di sekolah kamu (dulu atau sekarang) yang paling menjadi favoritmu? Sertakan juga alasannya yaa..”

    Dulu, saya sempat menyukai sosiologi karena ingin menjadi sosiolog. Tapi setelah kelas 12 ini, entah kenapa saya sangat tertarik dengan pelajaran Akuntansi. Bahkan saya sudah mendaftar di beberapa universitas dan program studi nya pun akuntasi. Tidak tau apa sebenarnya yang membuat saya suka dengan akuntansi, banyak teman-teman saya yang bilang, ‘untuk apa menghitung uang orang lain, uang sendiri saja belum keurus’, saya sempat berfikir ke situ sih, tapi tetap aja rasa suka itu terus tumbuh.

    Menyukai akuntansi, seperti melihat diri saya sangat pintar, itu mungkin yang saya suka. Banyak nya kertas, pensil, penghapus dan pulpen dimeja membuat saya seperti orang yang terlalu banyak mikir. Saya suka akuntansi, karena itu setiap pelajaran akuntansi teman-teman saya langsung mendekati saya, padahal saya hanya menyukai, bukan pintar, tapi tetap saja teman-teman saya nempel. Saya suka akuntansi, dan kesukaan saya dengan akuntansi itu membuat saya bangga karena setidaknya saya tidak dipandang rendah karena tidak bisa ini itu, setidaknya ada yang membuat teman-teman saya mendekati saya dengan kemampuan, yah walaupun intinya menyontek, tapi saya suka membantu, dan akuntansi memuluskan jalan saya. Karena itu, saya suka akuntansi.

    BalasHapus
  41. Nama : SalwaBalfas
    Akun twitter : @Safaira01
    Link share : Lihat Tweet @Safaira01: https://twitter.com/Safaira01/status/726770244757258240?s=09

    - “Apa mata pelajaran di sekolah kamu (dulu atau sekarang) yang paling menjadi favortimu? Sertakan juga alasannya yaa..”

    》Ada dua sih. Fisika dan KKAP.
    Pas SMP aku suka banget sama Fisika, gurunya asik dan saat belajar itu gak ngebosenin jadi mudah banget dicernanya. Dan menurutku Fisika itu lebih mudah daripada MTK, walaupun sama-sama menggunakan rumus tapi Fisika tidak rumit. Dan Alhamdulillah nilai harian maupun ulangan aku selalu masuk posisi dua besar dikelas. Tapi saat SMA aku melanjutkannya SMK dan gak ada pelajaran Fisikanya sedih sih, tapi semua buku pelajaran Fisika saat masih SMP selalu aku simpan, dan aku selalu tertarik dengan hal berbau Fisika.
    Saat SMK aku suka dengan pelajaran KKAP (Kompetensi Kejuruan Adm.Perkantoran) sesuai dengan jurusanku (Adm.Perkantoran), aku suka sama pelajaran ini, mencakup banyak hal dari mulai menangani telepon, membuat jadwal meeting, membuat notulen, membuat agenda, persentasi, menangani arsip, membuat surat, mengelola kas, mengolah dokumen-dokumen, dsb. Semua kegiatan yang biasa di lakukan di kantor. Tapi hanya satu yang nggak kusuka yaitu stenographi, pelajaran menulis cepat ala jurnalis ini sangat susah sekali, kita harus tahu setiap hurufnya dan jika menjadi sebuah kata atau kalimat itu akan beda lagi. Sampe anak-anak sekelas nyerah dengan pelajaran ini. Untung saja pelajaran ini hanya sampe kelas 11 semester 1, hehee.

    terima kasih GA nya kak. Semoga aku beruntung aamiin. :)

    BalasHapus
  42. Nama : Daivara Rezuki Wijaya
    Twitter : @dairezuki
    Link Share : https://twitter.com/dairezuki/status/726754632504995840

    “Apa mata pelajaran di sekolah kamu (dulu atau sekarang) yang paling menjadi favoritmu? Sertakan juga alasannya yaa..”

    Favorit yaa? Hmmmmzz banyak sih, tapi yang paling favorit masih Bahasa Sunda. Dari dulu hingga sekarang aku masih sangat menyukai mata pelajaran tersebut. Mungkin jarang yang menyukai pelajaran Bahasa Daerah karena pelajaran tersebut tidak terlalu berpengaruh. Tapi bagiku Bahasa Sunda sangat membantu, terlebih lagi ketika sedang menguping gosip hot para ibu-ibu di samping rumah *ini apaan?-_-* hal yang membuatku sangat menyukai Bahasa Sunda yaitu karena gurunya sangat baik dan sangat tampan seperti Song Joong Ki XD aku akan menyukai sebuah mata pelajaran jika aku menyukai gurunya dan kebetulan, setiap yang mengajar Bahasa Sunda itu laki-laki yang masih sangat muda:3 selain itu, aku sangat setuju dengan pernyataan, orang sunda teh meuni kasep jeung geulis pisan. Intinya sih, aku menyukai pelajaran tergantung dari gurunya:)

    Sekian, terima kasih:) Semoga berjodoh dengan bukunya:D

    BalasHapus