Jumat, 04 Juli 2014

#11TanpaBatas: Rekomendasi 11 Buku yang Wajib Dibaca







Jadi, hari ini salah satu penerbit mayor di Indonesia, GagasMedia, merayakan hari jadi yang ke-11. Yeay! Happy birthday Gagas! *tiup terompet* *nyalain petasan punya anak tetangga*(jangan ditiru! x)))

Di tahun ini, GagasMedia kembali bagi-bagi paket buku lewat kuis dan kontes menulis. Salah satunya menulis artikel yang bertemakan 11 buku GagasMedia yang wajib dibaca. Jujur ketika memilih-milih buku Gagas yang mau saya rekomendasikan, saya cukup bingung. Dan setelah melewati proses yang ketat *lebay* dengan berbagai pertimbangan, inilah 11 buku yang amat sangat wajib sekali kalian baca. *tiup terompet lagi*


1.      Joker – Valiant Budi (Vabyo)


Ketika saya memutuskan untuk membaca buku ini, saya hanya tertarik dengan kavernya yang unik saja. Tapi ternyata keluwesan bang Vabyo dalam menceritakan kisah di buku ini membuat saya susah berhenti ketika memulai membaca Joker. Dan jangan lupa twist di ending yang akan membuat kalian speechless.


2.      Here, After – Mahir Pradana


Mungkin bagi kalian pembaca setia blog ini *emang ada? -__-* bukan rahasia lagi kalau saya sudah menjadi penggemar tulisan bang Mahir Pradana sejak saya membaca karya debutnya ini. Here, After punya plot tidak biasa dan permasalahan karakter-karakternya yang kompleks. Saya suka bagaimana bang Mahir membuat karakter-karakter di buku ini saling terhubung satu sama lain.



3.      Fly to the Sky – Nina Ardianti & Moemoe Rizal


Siapa bilang buku duet yang ditulis dua orang dengan jenis kelamin berbeda akan jadi aneh? Buktinya buku yang telah mengenalkan saya pada karakter fiksi yang membuat saya susah move on ini—uhuk...Edyta..uhuk—, sama sekali tidak ada kesan aneh ketika saya membacanya. Malah bagian masing-masing yang ditulis oleh mbak Nin dan bang Moemoe saling melengkapi menjadi satu kisah cinta utuh yang manis. Semanis Edyta *uhuk*.


4.      Menuju(h) – Aan Syafrani, dkk


Kumpulan cerita yang mengambil tema “hari-hari yang bercerita”. Tujuh penulis yang berkontribusi di buku ini masing-masing punya ciri khas tersendiri di tulisan mereka. Selain itu, di setiap cerita di buku ini dilengkapi dengan ilustrasi-ilustrasi yang berhasil menggambarkan ceritanya itu sendiri. (spoiler alert: semua ilustrasinya kece-kece pake banget!)


5.      Restart – Nina Ardianti


Siapa yang tidak kenal buku ini? Bahkan beberapa waktu lalu Restart sempat memenangkan salah satu kategori di ajang Anugerah Pembaca Indonesia 2013. Di buku ini kita akan diajak berkenalan dengan keluarga Arsjad yang nantinya masing-masing akan menjadi tokoh utama cowok di karya selanjutnya dari sang penulis. Sangat direkomendasikan buat kalian yang suka kisah cinta manis dengan tokoh utama cowok sekseh ;)


6.      Murjangkung – A.S. Laksana


Jarang sekali sebenarnya GagasMedia menerbitkan buku sastra, kebanyakan didominasi oleh buku bertema romance. Tapi kalau saya lihat sekarang sik temanya sudah mulai beragam, semoga ke depannya lebih bertambah lagi keberagamannya. Kembali ke Murjangkung, saya berani mengatakan kalau buku ini salah satu kumpulan cerpen favorit yang pernah saya baca. Mas Sulak berhasil meramu tema nyeleneh di setiap cerpennya dengan menarik (dan terkadang kocak), tapi tetap mampu menyampaikan maksud dari cerpen itu dengan baik.


7.      Beauty Sleep – Amanda Inez


Selain karena pengemasan bukunya yang menarik, saya memilih buku ini karena saya suka dengan kesederhanaan ceritanya. Saya ikut terbuai dan jatuh cinta pada sosok Tuan Putri ketika membaca penggambaran si Bodoh tentangnya. Dan mengingat buku ini merupakan karya debut penulisnya, hal itu menjadi nilai tambah yang membuat saya semakin yakin memasukkannya ke list ini.


8.      Marriageable – Riri Sardjono


Sebuah fiksi dewasa yang kritis membahas isu pernikahan. Menariknya, isu tersebut ditulis dengan lucu dan tak jarang terdapat selipan jokes segar (yang terkadang sedikit vulgar xD). Membaca buku ini membuat saya mengerti apa yang sebenarnya dibutuhkan di dalam kehidupan pernikahan itu. Mau tahu apa itu? Makanya baca Marriageable dooongs... B))


9.      London – Windry Ramadhina


Cukup sulit memilih satu perwakilan serial Setiap Tempat Punya Cerita yang mau saya masukkan ke list ini. Karena semuanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan hampir semua serinya saya suka :D. Dan ternyata pilihan saya jatuh pada... LONDON! Kenapa saya memilih London? Karena saya suka cara mbak Windry menyelesaikan konflik di buku ini dengan baik dan mampu memuaskan saya. Saya juga suka side story-nya Mister Lowesley. Dan berdasarkan selentingan kabar yang beredar, katanya buku ini akan segera difilmkan loooh :)) kira-kira yang bakal meranin karakter Goldilocks siapa yaaa?


10.  Rhapsody – Mahir Pradana


Yang saya kagum dari bang Mahir Pradana adalah dia selalu mengangkat tema yang menarik di setiap tulisannya. Selain itu, tersirat pesan dan motivasi untuk pembacanya. Buku ini harus kalian baca agar kalian tahu, bahwa semua orang harus punya mimpi, bahwa keajaiban itu benar-benar ada, bahwa jika kita berkehendak dengan tulus semesta pun akan mendukung niat itu.



11.  Sabtu Bersama Bapak – Adhitya Mulya


Buku terbaru Gagas yang saya baca *review-nya baru kemarin diposting looh* *promo dikit*. Di antara buku-buku yang masuk list ini mungkin Sabtu Bersama bapak yang paling mudah kalian temukan di toko buku. Jadi, tunggu apa lagi? Segera baca buku ini! Dijamin buku ini akan membuat kalian merasa haru dan membuat hati kalian menjadi hangat karena kesederhanaan dan kejujuran kisahnya.

Naaaah, itulah kesebelas buku GagasMedia yang wajib dibaca versi saya. Harapan saya ke depan semoga Gagas menerbitkan lebih banyak lagi buku bermutu karya penulis lokal. Dan tetap membuat kaver keren nan kece untuk buku-buku terbitannya (ingat! Kesan pertama itu penting!).




2 komentar:

  1. Wow, Joker nomor 1. Nggak banyak loh yang bakal naruh buku ini di urutan pertama. Mungkin karena buku ini kurang mengandung unsur romance dibanding buku2 Gagas yang lain. Tapi buatku, buku ini brilian. Endingnya... wah, pokoknya seru lah. Nggak nyangka.

    Btw setuju kalau cover-cover bikinan Gagas selalu keren. Kayaknya Gagas deh, trendsetter cover-cover kece untuk buku lokal.

    Selamat ulang tahun, Gagas. Wish u all the best. <--- kebiasaan. Haha.

    BalasHapus
  2. buku-buku gagas temanya tidak terlalu akrab denganku.
    omong-omong, cover Joker kok mirip ya dengan cover single "Invincible"-nya Muse?

    BalasHapus