Sabtu, 15 Desember 2012

[Book Review] Kembalinya Sang Raja by J.R.R. Tolkien







Judul Buku  : Kembalinya Sang Raja (The Lord Of The Rings #3)
Pengarang  : J.R.R. Tolkien
Penerbit  : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit  : 2012 (Cetakan kelima)
Tebal : 520 Halaman


ABOUT
Situasi semakin kacau. Gondor dikepung oleh pasukan utusan Sauron, sang Penguasa Kegelapan. Mulai dari Orc, Troll, hingga Goblin yang dengan bodohnya mau menuruti perintah Penguasa Kegelapan lewat tangan kanannya, Sauron.
Penguasa Gondor, Denethor menjadi gila dan depresi karena kehilangan orang-orang yang dicintainya. Makin banyak korban berguguran akibat perang antara kebaikan melawan kejahatan ini.
Ketika harapan untuk menang mulai hilang, muncullah rombongan yang dipimpin oleh Aragorn (Strider), dan rombongan-rombongan lain yang sudah dimintai bantuan oleh Aragorn. Akhirnya, Gondor, Rohan, dan kaum Dúnedain bersatu melawan pasukan jahat utusan Penguasa Kegelapan.
Di lain tempat, Sam dan Frodo –yang hampir saja mati karena Orc namun berhasil diselamatkan Sam– masih berusaha meneruskan perjalanan mereka menuju Celah Ajal untuk menghancurkan penyebab semua kekacauan ini terjadi, Cincin Utama.
Tapi, Frodo dan Sam tidak menyadari kalau ternyata Gollum masih hidup dan masih berusaha mengincar cincin terkutuk itu.


THE REVIEW
Finally! Salah satu ending yang mampu memuaskan ekspektasi saya telah dibawakan dengan epik. Saya sama sekali tidak menyesal sudah membaca trilogi menakjubkan ini. Buku ini semakin mengukuhkan kecintaan saya pada karya-karya Tolkien.
Kisah di buku ini akan semakin suram, dan semakin banyak adegan peperangan. Alur dan narasinya memang khas Tolkien, sedikit lambat dan sangat detail tapi tetap menyenangkan untuk diikuti. Sang pengarang juga lihai dalam menggambarkan karakter-karakter yang muncul di bukunya.
Dan, selain memuaskan saya dengan endingnya yang cetar membahana badai, buku ini juga dilengkapi dengan Apendiks yang sangat sangat lengkap. Isinya pun bermacam-macam, tentang sejarah para Raja dan Penguasa, silsilah-silsilah, sistem penanggalan, sistem bahasa, dan masih banyak lagi yang dibahas di bagian ini. Tak ketinggalan juga, seperti seri-seri sebelumnya, seri ini juga melampirkan peta-peta yang lebih lengkap dari seri-seri sebelumnya.
Terakhir, karena karakter Frodo sudah sangat melekat di hati saya, Frodo Baggins telah  menjadi salah satu memorable characters untuk saya.



MEMORABLE QUOTES :

  • “Orang! Sama sekali bukan! Aku ini hobbit. Aku bukan orang dan aku tidak pemberani, kecuali mungkin sesekali, bila diperlukan. Jangan biarkan Gandalf menipu kalian.” – Hal. 19

  • “Dia tidak tahu nasib apa yang menunggunya; namun seandainya pun dia tahu, dia tetap akan maju terus.” – Hal. 58

  • “Tangan seorang raja adalah tangan penyembuh, dan dengan demikian raja yang asli bisa dikenali.” – Hal. 165

  • “Semuanya memang tanpa harapan, jadi tidak baik kalau cemas tentang hari esok. Mungkin saja hari esok tidak pernah datang.” – Hal. 229



RATING 5/5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar