Jumat, 27 Desember 2013

Book Kaleidoscope 2013: Top 5 Most Memorable Quotes






Saya salah satu pembaca yang mencari quotes di setiap buku yang saya baca. Sumpah, sulit sekali rasanya untuk memilih 5 dari puluhan memorable quotes yang saya temukan di buku yang saya baca tahun ini. Ingat yaa, ini dari buku yang saya baca tahun 2013 bukan yang terbit tahun 2013 *penting*. Jadi, setelah berbagai pertimbangan, inilah Top 5 Memorable Quotes (dari buku yang saya baca tahun ini) versi saya:


5.      The Ocean at the End of the Lane by Neil Gaiman



“Aku ingin bilang sesuatu yang penting padamu. Orang dewasa juga tidak kelihatan seperti orang dewasa di dalamnya. Dari luar, mereka besar, tampak masa bodoh, dan selalu yakin dengan tindakan mereka. Di dalam, mereka tampak seperti diri mereka yang dulu. Seperti waktu mereka masih seumuranmu. Sesungguhnya, tidak ada orang dewasa. Tidak ada satu pun, di seluruh dunia ini.”

Atau dalam  versi Bahasa Inggrisnya:

“Grown-ups don't look like grown-ups on the inside either. Outside, they're big and thoughtless and they always know what they're doing. Inside, they look just like they always have. Like they did when they were your age. Truth is, there aren't any grown-ups. Not one, in the whole wide world.”

Pertama kalinya saya membaca karya Neil Gaiman dan langsung suka dengan tulisannya :D Saya rasa memang benar kalau sebenarnya di dunia ini tidak ada orang dewasa karena setiap orang orang dewasa pun pasti punya sisi kanak-kanak di dalam dirinya :))


4.      Norwegian Wood by Haruki Murakami


Nggak nemu foto cover yang versi terbitan KPG cetakan tahun 2013 -__- terpaksa pake cover yang ini


“If you only read the books that everyone else is reading, you can only think what everyone else is thinking.”

Saya baca bukunya yang versi terjemahan (dan belum di-review, rencananya barengan dengan saya me-review 1Q84 tapi karena Jilid 3-nya yang baru terbit sekarang dan saya belum baca terpaksa review-nya tertunda -____- *info maha penting*) dan terlalu malas untuk menemukan kembali kalimat terjemahannya, jadi yang saya tulis versi Bahasa Inggrisnya (yang didapat di goodreads) saja yaa. 

Inti dari quote di atas, bacaan kita sebenarnya berpengaruh dengan cara berpikir kita. Jadi, jika ingin pola pikir kita berbeda dengan pola pikir orang lain, jangan hanya membaca buku yang orang lain baca. Kira-kira begitulah intinya.


3.      The Perks of Being a Wallflower by Stephen Chbosky



"Be skeptical about this one. It’s a great book. But try to be a filter, not a sponge.”

Quote di atas dikatakan oleh Bill, guru Bahasa Inggris Charlie ketika memberikan Charlie buku yang berjudul The Fountainhead. Intinya, jangan menjadi sponge yang “menyerap” begitu saja, tapi jadilah filter dengan memilah-milah mana yang baik untuk “diserap” dan mana yang kurang baik untuk “diserap”.


2.      The Fault in Our Stars by John Green





“It’s a metaphor, see: You put the killing thing right between your teeth, but you don’t give it the power to do its killing.”

Kalimat di atas dikatakan Gus pada Hazel ketika Hazel menunjukkan sikap tidak suka melihat Gus merokok, padahal Gus tidak benar-benar merokok. Sejak itu saya langsung suka pada Gus. Selera humornya bagus :)) eh iya, ini juga saya punya yang terjemahannya dan Bahasa Inggrisnya, tapi baru yang terjemahan yang saya baca, yang versi Bahasa Inggrisnya baru beberapa halaman xD review-nya pun terpaksa tertunda setelah saya selesai baca dua-duanya. #abaikan

Dan saya nemu ini *lupa sumbernya*
V
V

 Yang bikin benar-benar kreatif ^^

1.      Tuesdays With Morrie by Mitch Albom


“Kematian mengakhiri hidup, tetapi tidak mengakhiri suatu hubungan.”

Dalam versi Bahasa Inggrisnya:

“Death ends a life, not a relationship.”

Ketika mendengar “Memorable Quotes”, yang ada di pikiran saya adalah saya mau memasukkan semua quotes dari buku-buku Mitch Albom khususnya buku yang ini xD. Abisnya buku-buku Mitch Albom itu quoteable bingits sik. Tapi karena terlalu tidak adil, makanya biarlah saya pilih satu yang benar-benar favorit saya. 

Ayo share juga memorable quotes versi kalian! 

6 komentar:

  1. no.4 dan 3 udah kayak saran banget ya buat active reader.
    really nice quote! :)

    BalasHapus
  2. aku baru baca yang urutan pertama... ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. APPAHH? Mbak Luckty belum baca TFiOS?? *lebay*

      Hapus