Sabtu, 04 Juli 2015

Happy Bi12thday GagasMedia, #TerusBergegas






Ada apakah yang spesial di bulan Juli? THR yang akan segera datang setelah sekian lama dirindukan kemunculannya? Atau persiapan menuju Hari Kemenangan? Atau ada yang berulang tahun?

Nah, bulan Juli juga merupakan bulan yang spesial buat salah satu penerbit mayor di Indonesia: GagasMedia. Tak terasa waktu berlari dengan cepat. Rasanya baru kemarin saya bikin postingan #11TanpaBatas tentang “11 Buku GagasMedia yang Wajib Dibaca” dalam rangka mengikuti salah satu kontes di ulang tahun ke-11 GagasMedia itu. Walaupun akhirnya nggak menang x))

Juga masih membekas di ingatan ketika saya memenangkan 10 buku dari penerbit ini berkat event10 Things I Hope from GagasMedia” di ulang tahunnya yang ke-10 yang saat itu mengambil tema #unforgotTen.

Di tahun ke-12 ini, GagasMedia kembali merayakan ulang tahunnya bersama para pembaca. Tahun ini tema yang diambil adalah #TerusBergegas. Postingan ini dibuat dan diikutkan untuk event “Kado untuk Blogger”.

Tanpa berlama-lama, inilah jawaban dari 12 pertanyaan Kado untuk Blogger dari GagasMedia (biar nyambung dengan judul dan tema, jawaban-jawaban saya semuanya soal buku terbitan GagasMedia ;))

1. Sebutkan 12 judul buku yang paling berkesan setelah kamu membacanya!
Pertanyaan yang sulit untuk orang yang mudah jatuh cinta (pada buku yang saya baca) seperti saya. Agar lebih mudah, akan saya jawab berdasarkan judul-judul yang muncul di pikiran ketika saya baca pertanyaan ini:
Here, After – Mahir Pradana
Rhapsody – Mahir Pradana
Restart – Nina Ardianti
Fly to the Sky – Nina Ardianti & Moemoe Rizal
Joker – Valiant Budi Yogi
Sabtu Bersama Bapak – Adhitya Mulya
London – Windry Ramadhina
Interlude – Windry Ramadhina
Melbourne – Winna Effendi
Bangkok – Moemoe Rizal
Jatuh Cinta Adalah Cara Terbaik untuk Bunuh Diri – Bernard Batubara
Marriageable – Riri Sardjono

2. Buku apa yang pernah membuat menangis, kenapa?
Sabtu Bersama Bapak. Drama keluarganya benar-benar menghangatkan (hati dan kadang mata). Bagian yang sering bikin mata berkaca-kaca sih bagian yang melibatkan rekaman-rekaman Bapak (pastinya). Petuah-petuah bijak Bapak soal hidup nggak kalah deh sama profesor Morrie di Tuesdays With Morrie.

3. Apa quote dari buku yang kamu ingat dan menginspirasi?
“Every dream has a deadline. Then a good dreamer must ignore the deadline.”
Quote di atas adalah salah satu Lesson of Life yang disebar bang Mahir Pradana di setiap awal bab dalam Rhapsody. Intinya adalah tidak ada kata terlambat untuk bermimpi. Yang harus kaulakukan adalah bekerja keras untuk meraih mimpimu. Kesuksesan tidak mengenal umur.

4. Siapakah tokoh di dalam buku yang ingin kamu pacari? Hayo, berikan alasan kenapa kamu cocok jadi pasangannya. Hehehe.
Edyta dari Fly to the Sky karya duet Nina Ardianti dan Moemoe Rizal. Sifatnya yang lucu dan ceroboh yang menjadi daya tarik Edyta. Bahkan pas dia “muncul” lagi di Restart sebagai sahabat Syiana, saya makin jatuh cinta x))
Alasan kenapa Edyta cocok dengan saya... I just have a feeling that I’m her destiny, she belongs to me, not Ardian x))

5. Ceritakan ending novel yang berkesan dan tak akan kamu lupakan!
Ending dari London-nya mbak Windry Ramadhina dong. Saya kagum dengan keputusan yang diambil oleh karakter utamanya. Dan bagian epilog-nya itu loh, sukses bikin senyum karena pada akhirnya semua orang akan sampai ke akhir bahagianya masing-masing :)

6. Buku pertama GagasMedia yang kamu baca, dan kenapa memilih itu?
Kambing Jantan – Raditya Dika. Waktu itu pas saya masih SMA kelas 1, emang Kambing Jantan sedang hangat-hangatnya dibicarakan sih, makanya jadi tertarik buat baca. Kebawa hype. Dan akhirnya sampai sekarang pun jadi penggemar tulisan bang Radit berkat perkenalan dengan Kambing Jantan :D

7. Dari sekian banyak buku yang kamu punya, apa judul yang menurutmu menarik, kenapa?
Jatuh Cinta Adalah Cara Terbaik untuk Bunuh Diri. Kumpulan cerpennya Bernard Batubara. Sedikit buku yang bisa membuat saya penasaran kepingin baca karena judulnya, dan buku ini jadi salah satunya. Nggak tahu kenapa. Mungkin karena ketidakbiasaan penulis yang tidak mempermanis sebuah hal bernama Cinta. Malah bermaksud menunjukkan sisi gelap dari Cinta.

8. Sekarang, lihat rak bukumu... cover buku apa yang kamu suka, kenapa?
All You Can Eat. Dari pertama liat cover-nya udah langsung suka. Menurut saya cover All You Can Eat inilah yang menjadi cikal-bakal dari cover-cover kece ala buku-buku luar yang dipakai oleh GagasMedia di buku-buku terbitannya.

9. Tema cerita apa yang kamu sukai, kenapa?
Saya selalu suka dengan buku romance yang memuat unsur perjalanan (traveling). Khususnya “stranger meets stranger”. Sejak nonton Before Sunrise, saya sudah tergila-gila dengan dengan ide jatuh cinta dengan orang asing yang dikenal di tempat asing. Errr... kedengaran mengerikan sih x)) tapi menurut saya romantis dan menarik. Apalagi kalau buku tersebut berhasil mengajak saya ikut mengunjungi tempat-tempat keren yang menjadi settingnya.

10. Siapa penulis yang ingin kamu temui, kalau sudah bertemu, kamu mau apa?
Mbak Nina Ardianti! Kalo ketemu, saya pengin minta tanda tangan, selfie bareng, terus nodong minta ditulisin cerita yang tokoh utamanya saya dan Edyta. Hahaha. Terus saya juga pengin ngepoin caranya meluangkan waktu untuk menulis di sela-sela kesibukan, tips menulis, cara bikin dialog yang enak dibaca, dan banyak lagi! Semoga suatu saat bisa ketemu, ya Mbak Nin :))

11. Lebih suka baca e-book (buku digital) atau buku cetak (kertas), kenapa?
Buku cetak. Karena tidak ada aroma yang lebih wangi daripada aroma kertas dari buku baru :)

12. Sebutkan 12 kata untuk GagasMedia menurutmu!
Penerbit paling berani dalam berinovasi demi memuaskan para pembaca. Happy Birthday, GagasMedia!

Itulah jawaban-jawaban saya dari 12 pertanyaannya. Yang juga tertarik pengin ikutan Kado untuk Bloger, bisa melihat caranya di gambar di bawah ini (klik gambar untuk memperbesar). Masih ada waktu loh buat ikutan :))



4 komentar:

  1. Sabtu Bersama Bapak jadi favorit semua orang ya, semoga kita menang ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, hampir di semua jawaban yang ikutan pasti ada Sabu Bersama Bapak :D. Amin, mbak :))

      Hapus
  2. Jadi pengin nuntasin baca Sabtu Bersama Bapak :))

    BalasHapus
  3. stranger meets stranger kayaknya romantis tapi ekstrim ya hahahaha :D
    tapi kalo menurut saya sih ide sahabat jadi cinta lebih oke :D

    BalasHapus