Senin, 25 Februari 2013

[Book Review] Divergent by Veronica Roth








Judul Buku  : Divergent (Divergent #1)
Pengarang  : Veronica Roth
Penerbit  : Mizan Fantasi (Penerbit Mizan)
Tahun Terbit  : 2012
Tebal : 543 Halaman


“Kau bukan pengecut hanya karena kau tak ingin menyakiti orang lain.”


Chicago, usai perang nuklir yang menghancurkan dunia, sistem pemerintahan berubah. Terdapat lima faksi yang harus dipilih oleh anak-anak yang sudah mencapai usia 16 tahun. Kelima faksi itu adalah Amity, tempat orang-orang yang cinta kedamaian, Erudite tempat para jenius yang haus akan ilmu, Candor tempat mereka yang tidak menyukai kebohongan, Abnegation tempat mereka yang suka menolong tanpa pamrih dan tidak menyukai sifat egois, terakhir Dauntless, tempat para pemberani.

Pilihan yang dibuat itu berlaku selamanya, apakah mereka memilih untuk tetap di faksi yang sama dengan keluarga mereka atau meninggalkan keluarga mereka untuk pindah ke faksi lain.

Beatrice Prior, yang selama ini sudah merasa tidak cocok tinggal di faksi Abnegation memutuskan untuk memilih faksi Dauntless. Meskipun merasa bersalah dan merasa telah mengkhianati faksinya dan orangtuanya, Beatrice sama sekali tidak menyesal dengan pilihan yang dibuatnya.

Beatrice punya seorang kakak yang bernama Caleb. Caleb juga membuat pilihan yang mengejutkan Beatrice dan merasa sedikit benci pada kakaknya.

Di faksi Dauntless, Beatrice mencoba mengubah jati dirinya dengan mengubah namanya menjadi Tris. Sebelum resmi menjadi anggota Dauntless, Tris dan peserta inisiasi lain harus lulus dari inisiasi terlebih dahulu. Tak ada jalan kembali. Peserta yang tidak lulus inisiasi terpaksa pergi dan menjadi factionless, itu berarti dia harus hidup menggelandang selamanya.

Berhasilkan Tris bertahan di Dauntless? Tempat orang-orang yang menganggap kebrutalan sama dengan keberanian. Belum lagi rasa penasaran Tris akan hasil tesnya sebelum pemilihan faksi, di tes itu diketahui bahwa Tris merupakan seorang Divergent.


“Kita harus memikirkan keluarga kita. Tapi, kita juga harus memikirkan diri kita sendiri.”


Saya akui kalau saya tertarik untuk membaca buku ini karena seri keduanya, Insurgent berhasil unjuk gigi sebagai Goodreads Choice Award  for Best Young Adult Fantasy and Best Goodreads Author (2012). Saya juga baru tahu kalau sebenarnya buku pertamanya ini juga merupakan Goodreads Choice Award for Favorite Book of 2011 and for Best Young Adult Fantasy & Science Fiction (2011).

Buku ini tidak mengecewakan sama sekali. Bahkan melebihi ekspektasi saya. Di setiap halamannya mampu menghasilkan twist yang mencengangkan saya. Selain itu Veronica Roth berhasil membangun kisah cinta antara Tris dan Four yang berlatar ekstrem.

Sayangnya terdapat beberapa typo, yang paling sering muncul adalah penulisan "All" yang seharusnya "Al" dan "the Pit" yang seharusnya "The Pit". Tapi kadar typo nya sungguh masih bisa dimaklumi, dan tidak mengganggu kenikmatan membaca.

Dan yang jelas buku pertamanya ini sudah sukses membuat saya jatuh cinta dan penasaran dengan kisah di seri keduanya.


MEMORABLE QUOTES :

  • “Jurang ini mengingatkan kita ada batas yang jelas antara keberanian dan ketololan!” – Hal. 81
  • “Ayah pernah bilang, mereka yang menginginkan kekuasaan dan mendapatkannya, hidup dalam ketakutan akan kehilangan kekuasaan itu.” – Hal. 84-85
  • “Manusia akan menciptakan alasan apa pun untuk menoleransi hal jahat; itulah kenapa penting untuk tidak bergantung pada alasan-alasan semacam itu.” – Hal. 122
  • “Aku memiliki teori bahwa tak memiliki rasa pamrih dan keberanian tidak terlalu berbeda.” – Hal. 377
  • “Saat satu hal buruk pergi, maka hal buruk lainnya akan datang.” – Hal. 451
  • “Kau anakku. Aku tidak peduli tentang faksi.” – Hal. 488
  • “Manusia sepenuhnya tak bisa lama-lama menjadi baik sebelum akhirnya kejahatan mulai datang dan meracuni kita semua.” – Hal. 488


RATING 5/5

Trivia :
  • Hak cipta novel Divergent dibeli oleh Summit Entertainment untuk difilmkan dan rencananya akan dirilis tahun 2014.
  • Neil Burger yang pernah menjadi sutradara di film Limitless juga akan ikut andil di film Divergent.
  • Rencananya yang akan memerankan Tris di film ini adalah aktris muda yang sempat mencuri perhatian lewat The Descendants, Shailene Woodley.
  • Selain Shailene Woodley, aktris senior Kate Winslet juga telah bergabung dalam jajaran cast, tapi belum diberitahu apa peran yang diberikan pada Kate Winslet, menurut saya kemungkinan besarnya dia akan berperan sebagai Jeanine (atau mungkin ibu Tris?)
  •  Menurut rumor yang berhembus <--(kebanyakan nonton infotainment) kandidat terbesar untuk peran four adalah: Alex Pettyfer, Lucas Till, dan Jeremy Irvine.
  •  Lagi-lagi yang ini masih rumor: Chandler Massey as Will, David Bastian as Max, Luke Kleintank as Caleb, Jessica Sula as Christina.
source :
http://www.imdb.com/title/tt1840309/
http://www.divergentfans.com/profiles/blog/list?tag=casting+rumor
http://www.thehollywoodgossip.com/2013/01/divergent-casting-rumors-who-will-play-four/

3 komentar:

  1. Setuju! Trilogy Divergent ini jauh lebih menegangkan daripada Hunger Games, walaupun ceritanya sama-sama tentang perjuangan seorang gadis 16 tahun yang harus melawan ketidakadilan. Tetapi saya tidak bisa berhenti baca buku ini sebelum sampai di halaman terakhir. Dan senang banget ketika tahu buku ini akan difilmkan, dan pemeran-pemerannya tidak jauh dari bayangan saya ketika membaca buku ini. Semoga filmnya tidak mengecewakan. Dan nggak sabar juga menunggu buku ketiga nya, "Allegiant" terbit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heh, nggak nyadar kalo ada komentar di postingan ini :">

      Kalo mau tau update terbaru soal produksi filmnya bisa follow --> @DivergentID infonya lengkap ;)

      Sama! Saya juga nggak sabar nunggu Allegiant :D untung judul seri ke-3 ini bukan Detergent xD *garing yak?* xD

      Salam kenal ya ^^

      Hapus
  2. Filmx udah mau keluar... :D
    Tapi baru baca ini. hhe..

    http://duniawawasanku.blogspot.com/2014/02/film-baru-divergent.html

    BalasHapus