Selasa, 10 Mei 2016

[Artikel] Pengalaman Belanja e-book di SCOOP




Jika kalian ngikutin blog ini, pasti tau kalo saya agak malas beli buku online, kecuali ada penawaran spesial, atau sedang ada rezeki berlebih. Masalahnya ada pada ongkir. Sifat saya yang perhitungan kadang tidak mengizinkan untuk membayar ongkir yang bisa bernilai satu buku itu.

Jadi, kemarin saya kebelet banget kepingin baca buku yang lagi nge-hits sekarang: Tidak Ada New York Hari Ini. Atas dasar berbagai pertimbangan, jadilah saya memutuskan untuk beli e-book saja di SCOOP.

 *waah, Tidak Ada New York Hari Ini jadi no. 1 di kategori "Popular"! Padahal pas saya baru beli beberapa waktu lalu posisinya masih jauh di bawah*

Selain buku, tersedia juga majalah dan koran yang bisa dibeli eceran maupun secara berlangganan. Ternyata selain aplikasinya sendiri mudah digunakan, proses purchase e-book di SCOOP juga termasuk mudah. Ada berbagai macam pilihan pembayaran.


 *FYI, Kerumunan Terakhir cuma buat contoh yaa. Saya belum punya bukunya, in case ada yang mau ngasih #kodebanget x))*

Karena saya nggak punya kartu kredit, dan saldo atm sedang kosong *nggak penting banget buat diomongin*, alternatif pembayaran yang saya pilih adalah Google Play, karena eh karena pembayaran lewat Google Play bisa melalui pulsa bagi provider yang mendukung. Setelah proses selesai, langsung deh bukunya terunduh sendiri dan otomatis masuk ke library kamu. 

 *tampilan library-nya. Baru berisi dua buku xD*

Buat yang takut kalau nanti tiba-tiba aplikasinya ter-uninstall, atau mau ganti hape. Tenang saja, buku yang kamu purchase tetap tersimpan di akun kamu. Asal kamu ingat ID dan password-nya, nggak bakal ilang kok :)

Sejauh yang saya rasakan, aplikasinya nggak berat-beratin hape, nggak nge-lag atau tiba-tiba keluar sendiri juga. Untuk reader-nya, saya cukup nyaman bacanya. Ada fitur bookmark, mengganti tampilan kalau baca di malam hari atau minim cahaya (nggak tahu nama fiturnya apaan x)), bisa lompat ke halaman tertentu juga. Terus untuk yang layar hapenya kecil, halaman bukunya bisa di-zoom sesuai selera. Sayangnya fitur yang menurut saya kurang (mungkin ke depan bisa ditambahkan) adalah highlight (untuk menandai kata/kalimat dengan efek kayak distabilo) dan search (untuk mencari kata/kalimat tertentu yang diketikkan).

*tampilan reader-nya* 

 *setelah di-zoom*

Bicara mengenai koleksi buku, bisa dibilang Scoop ini cukup lengkap terutama untuk buku-buku terbitan Gramedia Pustaka Utama. Harganya juga bersahabat. Harga aslinya lebih murah bahkan dari harga buku cetak di toko buku online, ditambah setiap buku Indonesia didiskon 20%. Yang masih ragu, buku-buku yang dijual legal, lho. Bisa lebih murah karena tidak membutuhkan kertas. Karena setahu saya kertas yang digunakan juga berpengaruh dengan harga buku.

Kalau ada yang bertanya-tanya apa maksud SCOOP Point di gambar metode pembayaran di atas, SCOOP Point bisa dikumpulkan, dan kalau jumlahnya sudah cukup bisa dipakai untuk membeli buku yang diinginkan. SCOOP Point saya sekarang masih 146 sih. Selain purchase, cara menambah SCOOP Point adalah dengan share referral code milik kamu.

Saya jelasin lebih lanjut deh. Referral code punya saya: ARIANSY740. Nah misalnya kamu download aplikasi SCOOP dan mau bikin akun baru. Nanti ketika mau register, ada pilihan seperti gambar di bawah ini



*pilih "Got Referral Code?"*


 *akan keluar kolom baru untuk memasukkan code-nya :)*


Tinggal masukkan kode ARIANSY740. Nanti setelah ID kamu jadi, terus tinggal verifikasi akun kamu melalui e-mail yang dikirim. Langsung deh kamu dapat SCOOP Point sebesar 50. Saya juga akan dapat 50 kalau kamu memasukkan referral code punya saya. Selain itu ketika kamu verifikasi akun kamu, SCOOP Point akan bertambah lagi 100. Sudah paham? ;)

Semoga setelah baca artikel ini kamu tertarik buat nyoba aplikasinya yaa. Dan kalo mau register, jangan lupa masukkan referral code saya, ARIANSY740. Lumayan deh, kalo banyak yang make code-nya siapa tau saya bisa beli e-book inceran dengan gratis. Hahaha.

6 komentar:

  1. APA BUKUNYA BISA DIDOWNLOAD DAN DI BACA OFFLINE TANPA APLIKASI ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak bisa, karena ebook yang dijual adalah legal, tidak bisa di-share. Bisa dibaca offline karena setelah di-purchase buku otomatis terunduh, tapi membacanya harus dengan aplikasi SCOOP.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. apakah boleh di capture/secren shoot misalnya untuk capture resep di buku resep makanan?

    BalasHapus
  4. Untuk bukunya apakah tampilannya seperti halaman aslinya apa bisa "text reflow" seperti pada buku epub ya?

    BalasHapus