Rabu, 02 Maret 2016

Halo.




Halo.
Ketika mengetik tulisan ini, waktu dan tanggal di komputer saya menunjukkan pukul 1.54AM pada 2 Maret 2016. Tapi boleh jadi berjam-jam setelahnya tulisan ini baru saya post ke blog ini.

Bisa jadi di antara kalian ada yang bertanya-tanya ke mana perginya saya hingga tega menelantarkan blog ini. Well... saya tetap di sini, dan baik-baik saja. Dan masih sering eksis di berbagai social media. Masih aktif nge-tweet nyinyir atau hal-hal random lain :p

Jadi, alasan saya tidak meng-update blog ini bukan lantaran rasa malas (walaupun tak bisa dimungkiri hal ini menjadi satu penyebabnya x))), tapi lebih karena kesibukan saya sebagai mahasiswa semester akhir. Yep, saya masih tetap mantengin komputer dan memainkan jari ke tuts keyboard. Tapi bukan untuk menulis review atau artikel untuk blog ini, untuk ngerjain skripsi sehingga esoknya wujud print-out-nya bisa dicoret-coret oleh pembimbing saya ._. Singkat cerita, setelah berbulan-bulan berkutat dengan skripsi, dan menghadapi sidang yang bikin gugup, saya dinyatakan lulus. Tinggal mengurusi tetek bengek perintilan-perintilan untuk wisuda :))

Untuk itulah, menandai comeback saya dan blog ini, saya memutuskan untuk menulis artikel ini. Dengan ini saya nyatakan, resmi sudah saya kembali ke dunia per-blog-an.

Lalu bagaimana kabar progress bacaan saya? Bisa dibilang cukup memalukan. Sepanjang tahun 2016, baru 8 buku yang berhasil saya selesaikan. Dan saat ini buku yang sedang saya baca adalah Supernova: Inteligensi Embun Pagi, episode terakhir dari serial Supernova. Sejauh ini pendapat saya sebagai penggemar serialnya, saya suka banget dengan bukunya. Bikin saya bernostalgia lagi dengan tokoh-tokoh dari episode-episode sebelumnya. Dan beberapa kali saya dikejutkan dengan pelintiran kisahnya. Nantilah, kalau sudah kelar, saya akan cerita banyak tentang buku ini di sini.

Dan karena banyak sekali hal-hal baik dan menyenangkan saya alami selama ini (termasuk anugerah umur 22 tahun yang baru 4 hari saya jalani :)))), saya juga ingin berbagi kebahagiaan buat kamu yang sudah bersedia membaca tulisan ini sampai habis. Ya! ada giveaway kecil-kecilan. Hadiahnya berupa 4 (empat) buku koleksi pribadi saya (beberapa saya beli sendiri, ada pula yang gratisan menang kuis/dikasih penerbit), yang bisa kamu pilih sendiri dari daftar yang saya sertakan di bawah ini. Daftar hadiah yang bisa kamu pilih adalah sebagai berikut:
 
Rahasia Batik Berdarah – Leikha Ha
Perfection – Farrahnanda
Kilah – Vinca Callista
Mawar Hitam – Candra Malik
School: Chemistry – aL Dhimas
Versus – Robin Wijaya
Happily Ever After – Winna Efendi
Little Bee – Chris Cleave

Penampakan buku-bukunya


Syarat dan ketentuannya: 
  • Peserta berdomisili di Indonesia
  • Share tentang giveaway ini di akun twittermu. Nggak usah pake tagar/hashtag, yang penting mention saya.
  • Jawab ini di kolom komentar: “Selain review buku, tulisan/artikel seperti apa sih yang kamu ingin saya tulis sebagai selingan di blog ini?”
  • Dengan jawabanmu, sertakan juga nama, email, akun twitter, link share dan 4 (empat) judul buku pilihanmu dari daftar di atas.
  • Giveaway ini berlangsung selama 2 minggu. Jawaban terakhir saya terima paling lambat tanggal 16 Maret 2016.
  • Akan dipilih satu peserta beruntung yang akan mendapatkan 4 buku pilihannya tersebut.
Semoga beruntung :)

43 komentar:

  1. Nama: Peri Hutan
    Email: zhuelhiez at yahoo dot co dot id
    Twitter: @peri_hutan
    Link share: https://twitter.com/peri_hutan/status/705015371737108480

    Postingan yang ngajak diskusi pembaca blog, jadi biar ada interaksi, bisa membahas isu yang sedang hangat saat ini tentang dunia perbukuan :)

    Aku mau empat buku paling atas, yang empat paling bawah udah baca semua XD

    BalasHapus
  2. Nama: Rozi
    E-mail: marcinhauchiha@yahoo.com
    Twitter: @marcinhauchiha
    Link Share: https://mobile.twitter.com/marcinhauchiha/status/705044376146354


    :“Selain review buku, tulisan/artikel seperti apa sih yang kamu ingin saya tulis sebagai selingan di blog ini?”


    kuis tanya jawab min, gak perlu hadiah juga gak papa. mimin ngadain sebuah kuis yang mengetes seberapa pengetahuan kita tentang dunia literasi/sastra.

    contoh nih min. permainan warning word.

    A A D H R P C J O
    J K R N W Z G I Y
    T U Q H R M D G U
    C R R A P E C K S O
    N K W L R W N G U

    Temukan sebuah kata:
    *nama pengarang novel
    *novel yang memoriable
    *novel dunia dewa-dewa
    Dan lain-lain. Bisa di kembangkan.
    Selain menghibur juga bertambah lho ilmu pengetahuan kita tentang dunia tulis menulis, dan lebih dekat dengan para book lovers. Selamat mencoba min!.

    Jika saya menang, saya pengen dapat semuanya! :D
    #karna saya kutu buku, tapi sedikit punya buku :D

    BalasHapus
  3. 4 yang saya pilih:

    .Rahasia Batik Berdarah – Leikha Ha



    .Versus – Robin Wijaya

    .Happily Ever After – Winna Efendi

    .Little Bee – Chris Cleave

    BalasHapus
  4. Nama: Farah Fakhirah

    E-mail: farahfar311@gmail.com

    Twitter: @farahfar

    Share: https://mobile.twitter.com/farahfar/status/705050052490756097

    Mungkin tulisan ringan tentang penulis novelnya, Kak. Jadi, kita tidak cuma tau tentang novelnya saja, tapi juga siapa yang menulis dan bagaimana orangnya hehe.

    Aku pilih:

    Versus: Robin Wijaya

    Mawar Hitam: Candra Malik

    Happily Ever After: Winna Effendi

    Rahasia Batik Berdarah: Leikha Ha

    BalasHapus
  5. Nama: Vinia Dayanti Purba
    e-mail: viniaww@gmail.com
    Akun twitter: @viniapurba
    Link Share: https://twitter.com/viniapurba/status/705050715673133056?s=17

    “Selain review buku, tulisan/artikel seperti apa sih yang kamu ingin saya tulis sebagai selingan di blog ini?”
    Kalo boleh saran, tulisan/artikel yang bisa jadi selingan selain book review:
    1. Wawancara dgn para penulis novel Indonesia, disitu bisa ditanya gimana proses si penulis bisa ngungkapin imajinasinya sampe buku mereka terbit
    2. Karena katanya kamu punya selera random, mungkin bisa kali ya ngereview drama atau film atau apapun itu yg dimana film, drama dsb itu mirip dgn salah satu sinopsis novel yg dibaca. Kan lumayan seru tuh. Apalagi kan kamu suka K-pop juga, K-pop banyak tuh dramanya.haha

    Buku pilihan:
    Kilah – Vinca Callista
    Mawar Hitam – Candra Malik
    Versus – Robin Wijaya
    Little Bee – Chris Cleave

    Thx udah adain giveaway. Selamat udah lulus kuliah..

    BalasHapus
  6. Nama: Rizki Wulandari Madfia
    Email: kacamataque@gmail.com
    Twitter: @blogpostrizki
    Link share: https://twitter.com/BlogpostRizki/status/705065698473553920

    4 judul buku pilihan:
    Little Bee by Chris Cleave
    Happily Ever After by Winna Effendi
    Versus by Robin Wijaya
    Kilah by Vinca Callista

    Saran dariku ada dua:
    #1 Membuat list karakter dengan tema khusus dari buku yang sudah dibaca. Misalnya, membuat list karakter monster mitos yang ada di buku Percy Jackson and The Olympians. Di list tersebut bisa dilengkapi dengan ilustrasi monsternya dan sedikit cerita mengenai karakter dan ciri-ciri para monster di postingan tsb.

    #2 Membuat list yg semacam nominasi gitu per bulan atau per tiga bulan (bebas). Nominasi tsb mengenai tokoh, setting, dst dari novel2 yang sudah dibaca di bulan2 tersebut. Kategorinya bisa dibuat se-nyeleneh dan se-random mungkin. Misalnya: "Buku terbaik yg kubaca di bulan ini"; "Karakter Cowok Fiksi yg Paling Nggak Mungkin Eksis di Dunia" atau "Adegan paling tragis di buku yg kubaca di bulan Maret". Haha, kira-kira begitulah maksudku. Mudah2an bisa dimengerti. :D

    Sukses buat GA-nya. :D

    BalasHapus
  7. Nama : Agatha Vonilia Marcellina
    Email : agathavonilia@gmail.com
    AKun twitter : @Agatha_AVM
    Link share : https://twitter.com/Agatha_AVM/status/705215150492508160

    Nih saran dariku, banyakkk dikittt :

    1. Musik
    Ulas tentang berbagai macam musik dong yang pas banget kalau lagi baca bukunya sesuai dengan genre masing-masing bukunya. Biar tambah baper dan dapat banget suasananya. Nggak harus musik barat kok, lokal tambah oke banget. Kan biasanya koleksi lagu-lagu cowok lebih banyak daripada cewek. Atau mungkin juga bisa diulas para penyanyi atau band yang mungkin sedang ngeluarin buku biografi atau debut sebagai penulis.

    2. Wawancara desainer kover buku donggg :) Aku sebenarnya penasaran sama para desainer kover terutama untuk PSA 3 bisa bagus banget, unik, cantik dan menurutku cozy. Kan kalau blog-blog lain udah pernah mewawancarai editor, coba deh para desainer kover. Siapa tahu dapat tips cara bikin desain nggak cuma cover atau photo quotes unik tapi sederhana.

    3. Info-info tentang penerbit baru mungkin atau penerbit yang udah tutup. Harga paperback juga malah meningkat tajam bisa dibikin grafik tiap 2 bulan sekali. Jadi, para pembaca nggak kudet juga tentang kualitas buku tersebut dan nggak nyesel juga nantinya kalau udah beli malah nggak sesuai dengan ekspetasi.

    4. Tempat-tempat asyik sambil baca buku bareng temen-temen. Heheheee Kan biar sekalian traveller juga nih tapi yang biayanya juga nggak terlalu mahal sih.

    5. Ari sendiri udah ada ide belum tentang selingan postingan di blog? Ari bisa share ke kita juga mungkin dengan membuat satu atau dua tema terus dipolling aja di twitter. Pengunjung setia blog Ari bisa berimajinasi dulu apa sih yang akan Ari bahas dengan tema yang diangkatnya.

    Kelima saran di atas hanyalah suggestion, keputusan tetap ada di tangan Ari. Kalau Ari punya ide lebih baik dari kami, dishare aja terus kita diskuss. Lebih comfort sih menurutku.

    Buku yang aku pingin dari keempat buku di atas :

    Rahasia Batik Berdarah – Leikha Ha
    Perfection – Farrahnanda
    School: Chemistry – aL Dhimas
    Happily Ever After – Winna Efendi

    BalasHapus
  8. nama: pramestya
    email: pramestya23@gmail.com
    akun twitter: @p_ambangsari
    link share: https://twitter.com/p_ambangsari/status/705246646704025604

    judul buku pilihan:
    Rahasia Batik Berdarah – Leikha Ha
    Kilah – Vinca Callista
    Versus – Robin Wijaya
    Perfection – Farrahnanda

    Jawaban:

    Aku nyaranin sih, Interview penulis buku yang kakak review, tips and trick mereview, bisa juga baca bareng (kakak dan temannya baca buku yang sama lalu di diskusiin di satu postingan blog).

    Diskusi buku. Kak Ari ngirim sebuah post yang berisi tata cara/syarat diskusi buku ini. Lalu kak Ari nentuin temanya dan memberikan awalan diskusi biar bisa disambung diskusi sama pembaca blog kakak. Sebelumnya yang harus dilakukan adalah share postingan di akun media sosial dan ajak orang terdekat yang sama-sama suka baca buku. Terus diskusi bisa di mulai di komentar blog post. Selanjutnya, setelah diskusi selesai, bisa di rangkum dan dibuat sebuah kesimpulan di post baru.
    Lebih seru lagi kalau ada iming-iming reward. Agak ribet sih, tapi kalau benar berhasil bisa ramai dan seru. Hehe

    Buat reading challenge khusus membaca ABOokaddict posts. Semakin ban6yak yang tertarik, semakin banyak yang ngomentarin. Di akhir tahun, di rekap dan ditentukan pemenangnya.
    (Kok saranku lomba semua ya? Hmm)

    Kalau artikel yang aku sendiri butuhkan banget itu recommendasi buku per bulan, pertriwulan, dan jangka waktu tertentu. Bisa buku lama, atau yang baru rilis. Isinya bisa resensi bukunya, perbandingan dengan karya yg lain dari penulis yg sama atau beda penulis tapi memiliki tema yang sama. Bisa juga rekomendasi berdasar harga atau penerbit atau penulis.

    Saran yang lain, buat juga tulisan kak Ari sendiri. Selain jadi konsumer buku, lebih bagus lagi kalau juga jadi produser cerita. Tapi aku kurang tahu, apa BBI memperbolehkan blog anggotanya membuat kiriman karya sendiri. Kalau boleh, kenapa nggak dicoba? Bisa buat refreshing, berlatih jadi penulis, atau  iseng.

    Satu lagi. Tulis perjalanan hidup kakak sebagai reviewer dan blogger. Bisa soal keseruan mengikuti kuis, bekerja sama dengan penerbit untuk blogtour, dan keseruan membaca buku.

    Sekian sudah kebanyakan, maaf jika membingungkan. Semoga ada yang nyantol diterapin di blog ini. Oh iya, buka followers lewat email dong kak, biar selalu ada notif masuk email terus tahu kalau ABOokaddict ngirim post terbaru.

    Terima kasih

    BalasHapus
  9. Halo, Ari
    Selamat ya akhirnya jadi Sarjana juga ney, semoga lancar persiapan wisudanya ya.

    Sekarang, izin ikutan GA ini ya:
    Nama : Rizky Mirgawati
    Email : kikyavis@gmail.com
    Akun twitter : @RizkyMirgawati
    Link Share : https://twitter.com/RizkyMirgawati/status/705260021471268867

    Postingan yang kusarankan selain review buku:

    1. Interview, jangan hanya penulis, tetapi orang-orang di balik layar sebuah buku, misalnya proofreader, editor, desain cover, dll

    2. Guest Post, bisa mencoba untuk menghubungi teman sesama blogger atau penulis untuk menulis artikel di blogmu, tentunya yang berhubungan dengan buku

    3. Artikel tentang Kenapa Ari suka membaca, genre favorit, rekomendasi buku Ari, Karakter favorit, Buku yang di luar ekspektasi, dll

    Buku yang aku pengen:
    1.Rahasia Batik Berdarah
    2. Kilah
    3. Mawar Hitam
    4. School : Chemistry

    Yang lain sudah punya soalnya, thanks buat GAnya ya :)

    BalasHapus
  10. nama: Aulia
    email: auliyati.online@gmail.com
    twitter: @nunaalia
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/705322068594659328
    judul buku pilihan:
    1. Perfection – Farrahnanda
    2. Versus – Robin Wijaya
    3. Happily Ever After – Winna Efendi
    4. Little Bee – Chris Cleave

    Postingan yg bisa jadi selingan selain review buku:

    1. Tentang pengalaman mereview buku, termasuk trik & tips sampai cara-cara mereview buku, supaya bisa jadi masukan untuk pemula yg mau mereview buku, saperti aku :D

    2. Buat acara menulis cerita bersama pembaca atau blogger yg lain, semacam cerita berantai gitu. Pertama yg mau ikutan harus daftar, setelah itu tiap peserta bisa menuangkan ide cerita mereka sesuai dengan tema yg diangkat, tapi cerita harus berkaitan dengan cerita sebelumnya. Aku pernah punya pengalaman, duluu banget, dengan beberapa teman tentang cerita berantai ini. Seru deh!

    BalasHapus
  11. Nama: Eni Lestari
    Email: shinra2588@yahoo.com
    Twitter: @dust_pain
    Link share: https://twitter.com/dust_pain/status/705577106487422976
    Judul buku pilihan:
    1. Perfection – Farrahnanda
    2. Versus – Robin Wijaya
    3. Happily Ever After – Winna Efendi
    4. Kilah – Vinca Callista

    Postingan yg bisa jadi selingan selain review buku:
    1. tentunya yang berkaitan dengan buku, seperti event perbukuan yang lagi berlangsung atau yang baru didatangi
    2. bisa juga rekomendasi buku bagus yang lagi happening banget
    3. oh ya, ulasan tentang tempat yang berkaitan dengan buku juga oke buat dibahas, seperti perpustakaan atau book cafe di tempat kakak

    yah itu aja deh :)

    BalasHapus
  12. Nama : Lutfi A
    email : bmwluph at gmail dot com
    twitter : @lutfixx
    link share https://twitter.com/lutfixx/status/705604826005024768

    buku pilihan
    School: Chemistry – aL Dhimas
    Versus – Robin Wijaya
    Happily Ever After – Winna Efendi
    Little Bee – Chris Cleave

    Kalau menurut aku, postingan tentang life ! kehidupan pribadi :) aku suka baca cerita orang lain juga, tentang kehidupannya. Maksud aku, apa yang ia lakukan, pekerjaannya, hobinya, apa yang sedang disukainya, atau apa saja. hehe, bukan kehidupan relationship pribadi. Misalnya habis nonton film, drama, atau musik yang lagi membuatnya sangat ...sedih/nggak bisa move on/senang ...bisa di buat review-nya juga hehehe. Nulis hal-hal berkaitan hidupnya

    BalasHapus
  13. Nama: Euis Sri N
    email: euisry@gmail.com
    twitter: @EuisSriNur
    link share: https://twitter.com/EuisSriNur/status/705753768294424576

    1. Tulis review film yang diangkat dari buku. Bandingkan dengan versi bukunya juga.
    2. Tulis artikel reflektif (kontemplasi pribadi) yang inspirasinya diambil dari quote favorit dari buku.
    3. Tulis ulasan hal2 yg menjadi favorit dari buku (bisa tentang tempat dari setting cerita, tokoh, penulis idola, dll).

    4 buku pilihanku:
    Happily Ever After - Winna Effendi
    Little Bee - Chris Cleave
    Versus - Robin Wijaya
    Kilah - Vinca Callista

    BalasHapus
  14. Nama : Pida Alandrian
    Email : shafrida.alandrian@gmail.com
    Twitter : @PidaAlandrian92
    Link Share : https://twitter.com/PidaAlandrian92/status/705755323953328128

    Sebelumnya saya mau ngucapin selamat menempuh perjalanan mencari pekerjaan... :D dan selamat memasuki dunia pengangguran. heheh

    4 buku yang menjadi pilihanku adalah :
    1. Versus – Robin Wijaya
    2. Happily Ever After – Winna Efendi
    3. Little Bee – Chris Cleave
    4. Perfection – Farrahnanda

    “Selain review buku, tulisan/artikel seperti apa sih yang kamu ingin saya tulis sebagai selingan di blog ini?”
    > Bagaimana kalau kamu menulis tentang "Guest Post".
    Nanti disini kamu akan mengundang orang-orang yang pecinta buku, dan mengulas tentang buku-buku yang disukai atau yang menjadi favoritnya. Dan disini yang menulis Post-nya adalah tentu saja Guest Post kamu sendiri, dan nanti guest post kamu akan menghubingi kamu bs melalui emai atau medsos kamu yg lainnya untuk mempermudah pengiriman file untuk postingan guest post nya kamu.
    Dan nanti di sini kamu bisa menentukan tema untuk Guest post kamu.
    temanya bs seperti buku yg menjadi favorit guest post nya kamu atau dll terserah di kamunya.
    kamu juga bisa menetapkan tema Guest Post utk perminggu atau bulanan.

    sekian.. Saran aku utk blog kamu.
    semoga bs membantu

    salam Pida Alandrian

    BalasHapus
  15. Nama: Putri Prama Ananta
    email: anantaprama@yahoo.co.id
    Akun twitter: @putripramaa
    Link share: https://mobile.twitter.com/PutriPramaa/status/705804844427120641
    “Selain review buku, tulisan/artikel seperti apa sih yang kamu ingin saya tulis sebagai selingan di blog ini?”
    Saya paling suka kalau diberi pertanyaan ini, karena dengan pertanyaan ini saya bisa berkontribusi dalam memberi ide postingan. Nah, berikut ini tulisan yang saya ingin Kak Ari tulis:
    1. Book Adaptation Review.
    Mungkin sudah banyak blogger yang menuliskannya, tetapi saya ingin Kak Ari juga menuliskannya. Namanya juga review, maka setiap orang akan memberi review yang berbeda tentang adaptasi buku, entah menjadi Film, Drama Serial, Game (ini kalau BBI bolehin, Kak). Saya ingin tahu review dari sudut pandang Kak Ari tentang adaptasi tersebut. Apalagi Kak Ari ini kan cowok (yang katanya lebih mengutamakan logika daripada perasaan), jadi pandangannya akan suatu hal mungkin akan berbeda dengan perempuan macam aku, hehehe.
    2. A Place For Reading Time.
    Jadi, postingannya tentang tempat membaca yang menarik di kota Kak Ari, bisa tuh Kak Ari pergi ke perpustakaan Kota, cafe, dll. Jangan lupa foto-fotonya, juga. Aku suka banget melihat postingan yang banyak gambarnya, apalagi kalau gambarnya itu tumpukan buku, beuh mood buruk seketika hilang deh. Ideku yang ini mungkin Kak Ari belum tentu suka, karena setiap orang belum tentu suka jalan-jalan--apalagi kalau jalan-jalannya diberi tanggungan buat ngepost xD
    3. Kidnapped to Book Store
    Ini mirip-mirip dengan yang kedua, Kak. Tapi, yang ini tujuannya seperti 'mengupdate' stok di toko buku, sekalian sharing sama penulisnya seperti: 'bukunya udah ada loh di Gramedia', dll. Di postingan ini bisa sekalian tuh, kak Ari beritahu buku apa aja yang udah dibeli. Ini kegiatan yang seru banget loh, Kak. :D
    4. A Post With/About Someone
    Postingan ini bisa seperti wawancara dengan seseorang (nggak harus yang selalu berhubungan dengan penerbitan buku, kok) contohnya: Kak Ari wawancarain petugas toko buku, tanya-tanya pendapatnya tentang minat baca ataupun lainnya. Atau wawancarain temen blogger, kan bisa tuh Kak sekalian menjalin silaturahmi. Oh ya, A Post With/About Someone ini beda dengan guest post ya, Kak. Kalau guest post kan lebih seperti kita mengundang seseorang untuk menulis post, kalau A Post With/About Someone ini Kak Ari yang nulis. (Tapi, Kak Ari bisa juga bikin guest post kok :D)
    5. Almost Missed
    Ini nih kaya ekspresi Kak Ari ketika menyukai suatu novel. Biasanya kan hanya review aja yang mengungkapkan rasa suka, nah di sini Kak Ari bisa menulis quotes-quotesnya disertai opini (atau curhatan?). Selain quotes, bisa di post ini Kak Ari gambarkan apa aja yang ada di novel ini, misalnya foto-foto dari setting novel, makanan di novel, dll. Supaya nggak terlewat dan disebut sedikit aja di review, mending dibikin post sendiri, Kak.
    Nah, itu yang aku ingin Kak Ari tulis selain review. Mungkin udah biasa dan terkesan lebay begitu, tapi ya itu tuh yang aku pengen Kak Ari tulis. Hampir lupa, jangan lupa minta pendapat pembaca, Kak, biar terjalin komunikasinya dengan pembaca.
    Kak Ari kan udah kelar tuh skripsinya, yuk, Kak mulai ngepost yang banyak untuk blognya. Review-review dari novel yang udah dibaca perlu ditulis dan dipost, Kak. Target membaca 50 buku untuk tahun 2016-nya juga yuk dituntasin perlahan-lahan, (jangan bilang malu sama jumlah yang udah dibacanya, Kak, aku ngerasa lebih malu karena targetku lebih sedikit dari Kak Ari xD) Pokoknya, tahun 2016 ini harus lebih baik dari sebelumnya dan aku minta maaf kalau komentar ini panjang banget xD
    Overall, terima kasih untuk pertanyaannya. Hampir lupa (lagi), dari novel di atas aku pilih Little Bee by Chris Cleave, Perfection by Farrahnanda, Rahasia Batik Berdarah by Leikha Ha, dan School Chemistry by aL Dhimas.
    Terima kasih, Kak Ari~ :))

    BalasHapus
  16. Nama: Athaya I
    email: athaya.irfan97@gmail.com
    Akun twitter: @jeruknipisanget
    Link share: https://twitter.com/JeruknipisAnget/status/706058620975206400

    Artikel tentang BBI dan tetek bengek seputar dunia nge-blog kayaknya bakal seru deh kak kalau diulas di blog.
    Kan kelihatannya bakal seru tuh gimana kisah anggota BBI selama ini. Kegiatan yang suka diadain sama anggota BBI apa aja dan gimana kesan-kesan selama udah gabung disana.

    Terus gimana kisah anggotanya kalau mau kopdar atau sharing tentang susah-senangnya jadi bagian dari Blogger Buku Indonesia. Boleh juga kan ideku? haha. Sekian dulu saranku.

    Thanks untuk giveawaynya ya :)

    BalasHapus
  17. Nama: Arie E. Pradianita
    e-Mail: ariepradianita@gmail.com
    Twitter: @APradianita
    Link Share: Take a look at @APradianita's Tweet: https://twitter.com/APradianita/status/706137490587914240?s=01
    4 Buku Hadiah:
    Rahasia Batik Berdarah – Leikha Ha
    Kilah – Vinca Callista
    Mawar Hitam – Candra Malik
    Happily Ever After – Winna Efendi

    "Selain review buku, tulisan/artikel seperti apa sih yang kamu ingin saya tulis sebagai selingan di blog ini?"

    KAK @ariansyahABO, coba sekali-kali tulis artikel yang tidak ada sangkut-pautnya sama buku & buku lagi.. Sebagai selingan saja biar tidak monoton, contohnya artikel tentang berita yang unik atau aneh tapi nyata yang terjadi di sekitar lingkungan Kakak..

    CONTOH artikel:

    SAYA berdomisili di Sukabumi, saya pernah menonton berita di SuBi TV(Sukabumi TV)..

    ARTIKEL tentang:

    SEORANG pria Sukabumi mengaku diculik oleh UFO beberapa waktu lalu. Setelah 12 tahun, pria ini akhirnya berani menceritakan peristiwa penculikan itu. Pria yang tinggal di sanggar Protagon Bukit Pakar Timur, Bandung, itu bernama Suherman. Pria asli Sukabumi ini akhirnya mau menceritakan kejadian dia dibawa UFO setelah menyimpan ceritanya selama 12 tahun. “Saya tak berani menceritakan cerita ini karena takut dianggap gila,” katanya. Suherman mengaku sebelum diculik, ia melihat sebuah benda berbentuk cakram bersinar mendekati dirinya dengan kecepatan sangat tinggi. Kemudian, ia mengaku mendadak tak sadarkan diri, ketika sadar ia sudah terbaring dalam sebuah ruangan pesawat (UFO).
    Video pengakuan itu diunggah di http://www.youtube.com/watch?v=ANmheP7AxLI[ito]
    Pakar UFO: 80% Cerita Suherman Diculik UFO Benar
    Seorang pria di Sukabumi mengaku diculik alien dan rekamannya beredar di internet. Pengamat UFO menilai, kemungkinan besar pengakuan itu benar.
    Video yang memuat penuturan Suherman warga Sukabumi yang mengaku diculik alien beredar sejak awal November. Menurutnya penculikan itu terjadi pada 1998, dan baru 12 tahun kemudian dia baru berani berbagi pengalamannya.
    Direktur Beta UFO Bayu Amus saat mengatakan, suatu hal yang wajar jika seseorang enggan menceritakan pengalaman penculikan yang dialami.
    “Hal ini merupakan hal yang sangat umum, mereka yang mengalami penculikan oleh UFO tidak berani bercerita karena reaksi orang pertama pasti menganggap dia berhalusinasi atau sinting,” katanya.
    Menurut pengamatan Bayu, penuturan Suherman dalam video rekaman itu cukup kredibel. “Confidence levelnya bisa dibilang antara 70-80% kesaksiannya benar,” tandasnya. Namun, kalau ingin dilakukan penyelidikan lebih lanjut mengenai kebenaran ceritanya, harus digunakan poligraf atau pembacaan micro facial reading.
    Bayu menduga cerita yang dituturkan adalah benar, karena Suherman mendeskripsikan alien penculiknya konsisten seperti deskripsi alien yang sering muncul di antara manusia. Mereka yang mengalami penculikan, biasanya mengalami sensasi tiba-tiba, seperti dibawa ke dalam pesawat kemudian dengan akselerasi tinggi mencapai luar angkasa.
    Selain itu, orang tersebut akan merasa seperti berada dalam mimpi tapi terbangun, suatu kondisi yang susah dijelaskan. Kemudian, orang yang diculik akan melihat Bumi yang semakin mengecil.
    KAK @ariansyahABO punya berita unik atau aneh tapi nyata di sekitar lingkungan Kakak? SHARE DONG KE KITA?

    BalasHapus
  18. Nama: Bintang Permata Alam
    Email: bintangpermata45@gmail.com
    Twitter: @bintang_ach
    Link share: https://twitter.com/Bintang_Ach/status/706094993577025536
    Buku pilihan:
    1. Mawar Hitam
    2. Versus
    3. Happily Ever After
    4. Rahasia Batik Berdarah
    .
    .
    .
    Jawaban:
    Sebenarnya aku juga lagi inspirasi sih buat selingan blog. Rasanya, pengin ada nuansa baru gitu, hehe.
    Aku punya beberapa postingan selain review buku di blog, aku rekomendasikan saja ya kak:

    1. Book Quotes
    Dalam membaca novel atau buku kadang kan kita sering menemukan beberapa quote atau kutipan menarik. Nah, daripada dianggurin, mending dikumpulin terus di share ke blog kak. Lumayan, bisa nambah isi postingan. Dalam quotes, kadang tidak hanya berisi kata-kata indah, tapi juga terselip pesan/kaidah. Jadi, aku rasa tidak sia-sia apabila kita berbagi pesan tersebut. Bisa jadi ilmu juga, kan?

    2. Kriiing Kriiing Penulis
    Sesi 'Kriiing Kriiing Penulis' ini sebenarnya adalah interview dengan penulis. Sudah banyak disebutkan ya sepertinya di atas? Tapi tak apalah. Di blogku, aku menamakan sesi postingan interview penulis ini dengan nama 'Kriiing Kriiing Penulis' tadi. Dalam postingan ini, keuntungannya adalah kita bisa mendapat ilmu, wawasan dan pengalaman menarik dari penulis yang kita interview tsb. Selain itu kita juga bisa tambah dekat kan dengan penulis? Siapa tahu nanti kalau ada blogtour diajak. Kan bisa aja? Hehe

    3. Book Of The Month
    Ini semacam wrap up post. Aku menamakannya Book Of The Month. Postingan ini berisi rekapan tentang buku-buku yang kita baca, review, dan yang kita beli selama sebulan. Pokoknya seru deh postingan ini, kita jadi punya list bacaan selama satu bulan tersebut. Bukan untuk apa-apa sebenarnya, cuma biar nggak lupa aja, hehe.

    Nah, itu tadi rekomendasi beberapa postingan di blogku kak, semoga berminat untuk dijadiin bahan postingan di blognya ya, makasih.
    .
    Oiya, semoga menang :D

    BalasHapus
  19. Nama: Frida Kurniawati
    Email: kimririn93@ymail.com
    Akun Twitter: @kimfricung
    Link share: https://twitter.com/kimfricung/status/706556548294643712

    Setelah melihat arsip blog Ari, saya ngeh kalau blog ini paling banyak dihuni review buku dan blog tour. Saya pengin baca rubrik semacam ini, deh, di blog-mu:

    1. HOW TO
    Berisi semacam tips melakukan sesuatu terkait buku. Seperti yang ada di blog Kak Sulis Peri Hutan, tuh, informatif dan membantu pembacanya untuk mendapat pencerahan *halah*. Misalnya, How To Read Book That You Don't Wanna Read, hihi.

    2. BEHIND THE READING
    Ini rencananya mau saya terapkan di blog saya sendiri, sih. Berisi tulisan tentang hal/kejadian menarik yang terjadi saat saya membaca buku tertentu. Misalnya, saya baca buku C sembari menunggu antrian job interview. Eh, nggak dinyana, saya bertemu seseorang yg saya kenal beberapa hari sebelumnya, dari LGD seleksi kerja perusahaan lain. Dan sialnya, waktu itu saya pakai baju yg sama dg waktu LGD (pantas saja dia langsung mengenali saya).

    3. NGULIK
    Rubrik ini berisi obrolan dg penulis (kalau bisa yg bukunya baru Kakak baca atau baru terbit). Selain itu, kayaknya seru juga kalau obrolannya dengan editor atau profesi lain yang erat dg buku.

    4. PLACES I WANNA GO
    Ini berisi tempat-tempat dari novel (baik itu murni fantasi atau tidak) yang pengin banget kamu kunjungi, plus foto/gambarnya. Rubrik ini bisa juga dimodifikasi untuk tokoh yang ingin ada di dunia nyata, makanan yang ada di buku yang pengin dicicipi, dll.

    5. BOOK PHOTOQUOTES
    Berisi photoquotes dari buku tertentu yang memiliki makna mendalam bagimu.

    6. WHY I...
    Ini berisi motivasi dari pengalamanmu selama menjadi book blogger. Misalnya, Why I Prefer Book To You *halah*.

    7. VERSUS
    Rubrik ini menandingkan performa 2 buku yang ditulis oleh penulis yang sama, atau punya tema dan genre sama, atau berdasarkan parameter lain.

    4 buku yang saya inginkan:

    KILAH
    HAPPILY EVER AFTER
    PERFECTION
    LITTLE BEE

    Semoga kamu makin produktif dan inovatif nge-blognya! Terima kasih, Ari! ^^

    BalasHapus
  20. Nama: Dera Devalina
    Email: deradevalina@gmail.com
    Twitter: @deradevalina
    Link share: https://twitter.com/deradevalina/status/707049760050454528

    “Selain review buku, tulisan/artikel seperti apa sih yang kamu ingin saya tulis sebagai selingan di blog ini?”

    1. artikel mengenai novel – novel bestseller juga bagus atau mungkin setiap review ditambahkan retingnya juga biar tambah seru baca reviewnya
    2. boleh juga ditambahkan artikel mengenai novel – novel yang udah di angkat ke layar kaca / film dari mancanegara maupun lokal
    2. sesama fans Kpop boleh dong share artikel seputar Kpop ataupun novel – novel yang bertemakan korea/ berbau korea baik itu novel terjemahan ataupun yang lokal

    Buku Incaran :
    Rahasia Batik Berdarah – Leikha Ha
    Perfection – Farrahnanda
    School: Chemistry – aL Dhimas
    Happily Ever After – Winna Efendi

    BalasHapus
  21. Nama: Alfiani Z Fitri R
    Email: alfiani.fitri901@gmail.com
    Akun Twitter: @falfanyfitri
    Link share: https://mobile.twitter.com/falfanyfitri/status/707169305998155776

    1. Chatting dengan main character dalam bentuk interview. Nah karena interview author sudah cukup menstrim, jadi tercetuslah ide gila ini. Hehe. Tapi tidak terlalu buruk kok, bahkan bisa dibilang cukup unik sehingga berpotensi menambah pembaca dan minat bacanya.

    2. Monthly wrap up and pile.
    Jadi yang ini berisi deretan buku yang sudah dibaca bulan ini, dan ingin dibaca bulan depan. Bagus sih, menambah rekomendasi bacaan pengunjung blog. Dan berpotensi juga menambah minat baca secara tidak langsung.

    3. Interaksi dengan pengunjung blognya dong, Kak.
    Boleh dengan sharing tentang buku dan kakak. Siapa inspirator kakak sehingga bisa suka baca buku? Kakak tipe pembaca yang seperti apa? Bagi kakak, pemberian rating review itu gimana? Gimana kakak memutuskan untuk memilih buku bacaan selanjutnya?
    Atau mungkin kalau kakak punya timbunan dan bingung mau baca yang mana dulu--karena sama-sama bagus, boleh tuh minta vote pembacanya juga. Ya siapa tau bisa saling sharing, kan?

    3. Sharing dong gimana ceritanya buku itu sampai di tangan kakak? Mungkin ada kejadian unik atau bahkan membutuhkan perjuangan untuk mendapatkannya? Atau gimana first impression kakak ketika liat buku itu dan baca sinopsis belakangnya?

    4. Ada gak sesuatu hal baru yang kakak terapkan berdasarkan instruksi dari buku? Nah bisa juga tuh di sharing. Tidak jarang, ada beberapa hal absurd dari novel, kan?

    Yah mungkin hanya itu saran dari saya. Semoga bisa membantu, Kak. Semangat ngeblognya!

    Buku pilihan :
    Happily Ever After
    Versus
    School Chemistry
    Perfection

    BalasHapus
  22. “Selain review buku, tulisan/artikel seperti apa sih yang kamu ingin saya tulis sebagai selingan di blog ini?”

    1. Artikel pengetahuan tentang perbukuan dan kesusastraan.
    Contoh: sejarah buku, macam-macam genre buku, biografi penulis legendaris, buku terkenal sepanjang masa.
    2. Info buku
    Contoh: buku yang akan terbit bulan ini, penulis yang sedang menggarap karya baru, flashback/coming soon event buku (MnG, kumpul pembaca, wawancara penulis, dll).
    3. Interaksi buku
    Contoh: topik yang masih simpang-siur atau yang membuat banyak perbedaan pendapat, sehingga dapat berdiskusi sesama pecinta buku.
    4. Curcol
    Cerita pribadi tentang buku, seperti awal mula suka baca, penulis favorit, genre favorit, kenangan bersama buku, dll.
    5. Tips
    Contoh: tips mereview buku, tips merawat buku, tips menyampul buku, dll.
    6. Suasana baru
    Contoh: buku-buku yang sudah difilmkan (membahas filmnya, serta perbedaan antara buku dan film), musik yang cocok didengarkan saat membaca buku, tempat-tempat yang cocok untuk membaca buku, cover buku unik, dll.
    7. Adaptasi dari buku
    Contoh: imaginary cast dari suatu buku, membahas latar tempat dari suatu buku, quotes yang berkesan, pengaruh dari suatu buku, dll.
    8. Wrap up post sudah pasti kan ya?
    Buku yang dibaca bulan ini, buku yang didapat bulan ini, buku yang siap dibaca bulan depan, dll.

    Tambahan: boleh juga selipkan permainan atau pertanyaan yang mengasah otak di bawah artikel. Gak usah ada hadiahnya, hanya untuk seru-seruan :D bahkan kalau mau lebih menarik, buat postingan sendiri khusus untuk quiz. Eh tapi kalau mau kasih hadiah juga boleh deh xD

    Nama: Ananda Nur Fitriani
    Email: anandanftrn@gmail.com
    Akun twitter: @anandanf07
    Link share: https://twitter.com/anandanf07/status/707332684670853121
    Buku pilihan:
    1. Perfection – Farrahnanda
    2. Kilah – Vinca Callista
    3. Versus – Robin Wijaya
    4. Little Bee – Chris Cleave

    Thankyou for the giveaway! Sering-sering update blog ya kak, jangan jadikan sibuk sebagai alasan :p happy belated birthday!! \^o^/

    BalasHapus
  23. Cynthia @vivicynthia cynthiaaprilia.kimkim@gmail.com Jakarta
    Aku blm pernah baca Karya winna efendi.jadi buku pilihan saya winna efendi,rahasia batik berdarah(judulnya keren),little bee,Versus.semoga lulus dgn nilai terbaik & makasih blogmu sudah cukup menginspirasi.Saran saya u/blog review film,bincang dgn penulis & pembaca,update buku terbaru walaupun tdk direview.udah beli buku yg versa pul suratkah?he he he.saya blm sempat cari.Makasih^_^

    BalasHapus
  24. Selamat datang di 22, Kak! :)
    Sejauh ini, 22 itu usia saya senang banget untuk menunggunya datang hehe.
    Ikut GA-nya, ya, Kak.

    Nama: Amilatun Sakinah
    Email: amilatunsakinah[at]gmail[dot]com
    Akun twitter: @amilatunS
    Link Share: https://twitter.com/amilatunS/status/707369469996236801
    Jawaban:
    Untuk artikel/tulisan yang saya sarankan buat Kak Ari:
    1. Wawancara atau kepo-kepoin pihak-pihak yang terlibat dengan buku. Bisa penulis, editor, penerbit, atau gebetan yang juga suka buku #eh. Nggak cuma itu, mungkin teman Kak Ari yang suka baca buku, nggak musti yang sesaklek amat juga nggak apa-apa. Hihi.

    2. Rekomendasi buku dari genre dan kultur. Bisa dwimingguan atau sebulan sekali.

    3. Tentang hal-hal yang berkaitan dengan buku, bisa tips2, (kayak mengatasi kebingungan memilih buku selanjutnya untuk dibaca dan reading slump, gimana review buku yang oke, dll) booktag, reading challenge, curhatan tentang baca buku dan bloggingnya sekalian, kapan terbitnya buku-buku baru, dll.

    4. Postingan tentang BBI dan aktivitasnya lebih banyak. Atau kopdarannya. Hehe.

    5. Tulisan yang Kak Ari mau. Siapa tahu sebenarnya Kak Ari juga sudah banyak list tulisan apa yang mau dibikin. :)

    Buku pilihan:
    Rahasia Batik Berdarah – Leikha Ha
    Kilah – Vinca Callista
    Versus – Robin Wijaya
    Little Bee – Chris Cleave

    Triiims :)

    BalasHapus
  25. Nama : Ahmad Rosyid Mustaghfirin
    Email : mustaghfirin.arrosyid@gmail.com
    Twitter : @ahmadrosyidmus
    Link Share : https://twitter.com/ahmadrosyidmus/status/707391409779650560

    kalau saran dari saya sih buat ulasan tentang buku yang udah pernah di baca. maksudnya ada beberapa ide dalam buku itu kemudian dibuat tulisan. ya bisa dibilang ide itu kita tafsirkan sendiri. terus juga buat artikel tentang penulis-penulis, bisa biografi, kegiatanya, buku-buku yang telah diterbitkan, atau rencana buku terbarunya yang akan terbit. tapi kayaknya yang pertama menarik, mengulas isi atau ide dalam buku kemudian dibuat tafsiran versi kita. itu juga bisa jadi bahan diskusi buat pengunjung. seperti yang biasa dilakukan klub buku yang saya ikuti, KBY (Klub Buku Yogyakarta). di sana mengulas suatu buku kemudian ide dalam buku itu didiskusikan bersama.
    Namun, kalau diskusi semacam ini dirasa cukup berat, mungkin bisa buat artikel seputar kegiatannya mas yang tidak keluar dari perbukuann. misalnya kumpul dengan teman-teman untuk baca bareng, atau kegiatannya beli buku bulanan, atau mungkin bahkan kegiatan bakti sosial bantuan buku gitu.

    Buku Pulihan
    1. Mawar Hitam - Candra Malik
    2. Rahasia Batik Berdarah – Leikha Ha
    3. Versus - Robin Wijaya
    4. Kilah – Vinca Callista

    BalasHapus
  26. Nama: Handini P.Indriawan
    Email: handiniputriindriawan@gmail.com
    Twitter: @hndiniptrind
    Link Share: https://mobile.twitter.com/Hndiniptrind/status/708095642804027394?p=v

    Buku: Rahasia Batik Berdarah – Leikha Ha
    School: Chemistry – aL Dhimas
    Happily Ever After – Winna Efendi
    Little Bee – Chris Cleave

    Yang simple tapi menarik kak. Misalnya bikin cerita tentang pengalaman pribadi tapi dikasih sedikit bumbu fiksi biar agak dramatis(?)
    terus bikin kata-kata motivasi buat para readers yang selalu gagal dapet GA :D
    Recommed buku yang paling baper sedunia.
    Trus juga mungkin sesekali review film / lagu yang lagi hits. Kan bisa jadi masukkan juga tuh lagu buat nemenin pas baca.
    Adain tanya jawab sama penghuni blog atau mungkin sesi curhat-curhatan hehe ..

    BalasHapus
  27. Nama: Cahya
    Email: cahyasptm@gmail.com
    Twitter: @chynrm
    Link share: https://twitter.com/chynrm/status/708139148465479682

    Berhubung blog ini termasuk dalam komunitas BBI, sudah pasti isinya harus tentang buku dong ya, ga boleh menyimpang tema lainnya. Nah, selama ini aku blog walking ke beberapa blog member BBI, tapi aku jarang banget--atau mungkin malah nggak pernah--nemu post yang isinya review buku pelajaran. Kenapa ya? Kebanyakan pada fiksi loh isinya. Padahal kan buku pelajaran termasuk buku juga. Ehehe~

    Jadi, kalau ditanya aku penginnya baca apa dari blog buku ini, aku mau nemuin rekomendasi buku pelajaran atau sejenis buku panduan yang bersifat ilmu pengetahuan. Nggak usah sampe di-review deh, kayaknya berat banget kalau harus review buku begituan. Jadi rekomendasiin aja mana yang bagus dan lengkap isinya atau kurangnya apa aja, beserta harga juga kalau bisa. Nggak cuma buku untuk anak sekolahan, bisa juga buku-buku untuk jurusan yang Ari geluti di kampus. Itu bisa membuat visitor lebih mengenal Ari ini sebenarnya bergelut di bidang apa. Karena kupikir pasti banyak deh orang diluar sana yang butuh info tentang ini, apalagi kalau yang jurusannya sama.

    Itu aja. Thank you ^^

    Buku pilihan:
    1. Kilah - Vinca Calista
    2. Mawar Hitam - Candra Malik
    3. School Chemistry - aL Dhimas
    4. Happily Ever After - Winna Efendi

    BalasHapus
  28. Nama : Cahya Widyastutik
    Email : cahyaembun04@gmail.com
    Twitter : @cahyawid
    Link share : https://twitter.com/cahyawid/status/708193363082629124


    “Selain review buku, tulisan/artikel seperti apa sih yang kamu ingin saya tulis sebagai selingan di blog ini?”

    Barangkali bisa artikel-artikel yang berhubungan dengan dunia perbukuan dan membaca bisa dijadikan selingan untuk blog ini. Misalnya tingkat kemauan dan kebiasaan membaca di lingkungan, perpustakaan yang layak dan asik untuk dikunjungi, atau tempat-tempat membaca yang biasanya dijadikan ajang untuk diskusi buku. Ataupun tempat-tempat wisata mana saja yang juga menyediakan buku untuk mendukung kegiatan membaca.
    Dan mungkin untuk setiap bulannya bisa ditambahin artikel "Buku yang harus dibaca bulan ini", biar sekalian menebar racun untuk pengunjung blog ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buku pilihan :
      - Happily Ever After
      - Rahasia Batik Berdarah
      - Versus
      - Mawar Hitam

      Hapus
  29. Haaaiii mas Ariii,, waaa waa waa,, honestly, ku baru nemu blognya mas,, wkwkwkw,, sukaaa,, feel excited gitu nemu blog serupa beginih, so "ujug ujug" ikutan give away sambi kenalan,, ku senang baca buku, tapi suka bingung sama buku yang mau ku baca, uda beli tapi ujungnya suka males baca, terlantar selama beberapa bulan (?), baru ku lirik lagi kalau inget, dan baru excited sama buku kalo direkomendasiin temen. hha,,

    kalo buat isi blognya, ku sukaa, mungkin mas ari bisa bikin list buku yang sedang dan akan mas baca, terusan bikin sesi sharingnya gitu, jadi kan kita bisa diskusi buku bareng gitu, berbagi pandangan dan pendapat, seru kek nya kalo gitu, tapi kalo sharing nya di blog susah uga yah,, apa mungkin bisa yang di share hasil pemikiran kita semua di forum lain, misal punya grup wa sendiri gitu yang setia buat bahas buku, tar resume nya yang ditulis dijadiin selingan, semacam gitu deh,,bakalan bantu banget buat orang orang kayak aku yang suka galau mau baca buku apa,, hha tengkiuu mas,, senang jalan jalan ke blog nyaa,,

    Nama : elisnaaa
    Email : impeesa.runa@gmail.com
    Twitter : @lisnawatielis
    link share : https://twitter.com/lisnawatielis/status/708348145432854532


    Buku Pilihan :

    Perfection – Farrahnanda
    School: Chemistry – aL Dhimas
    Happily Ever After – Winna Efendi
    Little Bee – Chris Cleave

    BalasHapus
  30. Hi Ari, numpang ikutan berpartisipasi dalam GAnya ya. Aku juga udah follow blog ini loh! ^^

    Sebelumnya aku ucapkan selamat ulang tahun (maaf telat banget!) dan selamat kembali dalam dunia blog buku! :)


    Selain review buku, tulisan/artikel yang aku ingin Ari tulis sebagai selingan di blog ini adalah:

    1. Interactive Post
    >> bisa berupa mini-quiz atau bahkan sekedar share isu terhangat seputar dunia perbukuan. Bisa juga bikin postingan dengan topik tertentu dan bikin hastag, kemudian mention beberapa rekan blogger buku lainnya. Nah! Blogger buku yang dimention Ari juga harus bikin postingan serupa (tapi dari sudut pandang mereka pribadi) di blog mereka dan kemudian memention beberapa blogger buku lainnya. Begitu seterusnya. Pasti akan sangat seru dan hidup! Dengan adanya hal ini, diharapkan ada interaksi yang lebih intens lagi antara Ari dan pembaca blog ini.

    2. Behind the Scene
    >> bisa ngebahas profil penulis, penerjemah, ilustrator dari buku yang sudah dibaca atau direview. Intinya hal-hal dibalik penulisan sebuah buku. Bisa juga ngebahas film dari buku yang telah difilmkan.

    3. Tips and Tricks
    >> Aku suka loh sama postingan Buku-Buku Gratisan 101 yang Ari buat diblog ini. Sayangnya hanya ada 2 postingan ya. Akan lebih menarik lagi kalau di blog ini diposting tulisan seputar tips & trik serta pengalaman yang bisa Ari bagikan ke sesama readers seputar dunia perbukuan. Sharing is caring, right?

    Nah semoga masukan ini bisa bermanfaat untuk perkembangan blog ini ke depannya ya.

    Oh iya, berhubung aku belum pernah baca semua buku yang ditawarkan Ari dalam postingan ini, jadi kalau kelak aku menang, aku sih pasrah ajah mau dikasih yang mana. Semua akan aku terima dengan senang hati dan dengan tangan terbuka lebar! ;)

    Wish me luck!

    Nama: Kitty
    Email: kitty.wibisono@gmail.com
    Akun twitter: @womomfey
    Link share: https://twitter.com/WoMomFey/status/708439417686372352

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Nama:Dessy Rahmatya Lestari
    Email:dessy.septriansyah29@gmail.com
    Twitter:@Dessy_Mination
    Link:https://twitter.com/Dessy_Mination/status/709188873021050880?s=09
    Buku pilihan:
    1.Perfection – Farrahnanda
    2.Kilah – Vinca Callista
    3.School: Chemistry – aL Dhimas
    4.Little Bee – Chris Cleave

    Saran:
    1. What's Happening
    Tentang kejadian atau hal-hal yang sedang hangat diperbincangkan.
    2. Review Film & Lagu
    Tentang film yang sedang atau akan tayang dan juga lagu-lagu yang sedang hits.
    3. All About Korea
    Post tentang drama terbaru yang sudah atau akan ditayangkan dan juga tentang lagu Korea yang sedang hits atau lagu dan album yang akan dirilis
    4. Tips & trik
    Tips dan trik untuk melakukan atau membuat sesuatu yang dekat dengan kehidupan sehari-hari tapi belum banyak orang yang tau. Bisa juga tips dan trik yang berkaitan dengan buku, misalnya cara merawat buku atau tips menulis
    5. All about book
    Semua hal yang ada dibalik penulisan dan penerbitan buku. Baik tentang penulis,penerbit, editor dan lain-lain. Bisa juga hal-hal menarik tentang buku, misalnya tempat-tempat yang asyik untuk membaca atau menulis buku dan juga ulasan tentang perpustakaan-perpustakaan unik di dunia.
    6. Guest post
    Yang pastinya akan mem-posting hal-hal yang berkaitan dengan buku atau apa saja yang menarik untuk didiskusikan
    7. Posting-an yang bisa meningkatkan interaksi antara blogger dan pengunjung.

    BalasHapus
  34. Review film yang baru atau mau Kak Ari tonton, buku yang ingin Kakak baca (semacam wishlist), atau artikel random seperti "5 Buku Paling Favoritku Tahun 2016". Menurutku posting-an semacam itu bisa menunjukkan sebagian dari diri Kak Ari, dan menarik pengunjung untuk ikut nimbrung. Memang apa yang dibaca seseorang bisa jadi menunjukkan seperti apa orang itu, tapi hal-hal selain buku pun bisa melakukannya. Dengan sedikit "keterbukaan" Kak Ari, akan ada interaksi yang berharga antara Kak Ari sebagai "pemilik rumah" dan blogger yang menjadi "tamu". Tulisan seperti novel, film, atau musik rekomendasi Kak Ari untuk para pengunjung pasti juga menarik.

    Nama: Eka Sasining Putri
    e-mail: ekasasie@yahoo.co.id
    Akun Twitter: @cha_ichie
    Link share: https://twitter.com/cha_ichie/status/709696654157348865
    Buku pilihan:
    1. Kilah – Vinca Callista
    2. Versus – Robin Wijaya
    3. Happily Ever After – Winna Efendi
    4. Little Bee – Chris Cleave

    BalasHapus
  35. Nama: Didi Syaputra
    Email: syaputradiddy@gmail.com
    Twitter: @DiddySyaputra
    Link Share: https://mobile.twitter.com/DiddySyaputra/status/707059087700152320?p=v
    Buku Pilihan:
    Mawar Hitam – Candra Malik
    Perfection – Farrahnanda
    Versus – Robin Wijaya
    Happily Ever After – Winna Efendi

    Selain review buku, sedikitnya tulisan/artikel sebagai selingan yang ingin sekali saya temukan di blog Mas Ari adalah Pertama artikel mengenai perfilman yang semula diangkat dari sebuah buku, tepatnya review film tersebut dan juga debut bukunya. Selain sebagai pengetahuan bahwa film tersebut merupakan adaptasi dari sebuah buku, tentunya popularitas bukunya juga akan terdongkar, nggak menutup kemungkinan buku adaptasinya juga akan lebih diminati. Kedua, artikel mengenai bincang-bincang blogger/penulis sebagai tamu bulanan. Pembahasan yang menjadi tajuknya bisa mengenai tips dan trik blogger dalam mengomando blognya, tips dan trik penulis dalam berkarya, serba-serbi ngeblog/menulis dan lain-lain, ya bisa dibilang behind the scene blogger/penulis. Namun yang perlu digarisbawahi artikel ini nggak hanya berbentuk interview monoton, bincang-bincang yang diciptakan harus benar-benar interaktif, dan blogger/penulis merupakan Blogger/Writer of The Month, sehingga bincang-bincang bersama mereka nggak hanya satu postingan tapi berkali-kali selama sebulan, sekurang-kurangnya empat postingan yang dibagi dalam empat minggu. Dan kalau bisa juga diadakan bincang-bincang bersama penerbit mulai dari pimpinan, layouter, editor dan lainnya yang berhubungan dengan penerbitan, sehingga dunia perbukuan akan terkesan membumi dan akrab dengan penikmat buku.

    Setidaknya dua poin tersebut yang ingin sekali saya dapatkan di blog ini. Terima kasih ;D

    BalasHapus
  36. Nama: Afif Rohman
    Email: rohmanafif212@gmail.com
    Twitter: @_Afif_Rohman
    Link share: https://twitter.com/_Afif_Rohman/status/709961150973255681

    “Selain review buku, tulisan/artikel seperti apa sih yang kamu ingin saya tulis sebagai selingan di blog ini?”

    Ketika membaca sebuah situs atau blog yang bertema buku atau sastra. Saya sangat betah jika konten yang disajikan itu lengkap. Artinya ada Review buku, Giveaway buku, kritik sastra, dan esai tentang isu-isu atau perkembangan dunia sastra di Indonesia.

    Contohnya: mas bisa bikin esai seputar isu-isu yang sekarang lagi hot. Ya seperti isu Tere Liye yang akhir-akhir ini lagi ramai di berbagai media. Tapi dengan gaya yang berbeda. Bisa dengan gaya santai, semi komedi atau gaya-gaya lain yang anti mainstream. Atau mas bisa juga bikin esai tentang perkembangan sastra di indonesia. Seperti esai tentang Eka Kurniawan, Penulis Pertama Indonesia Masuk Nominasi Man Booker International Prize. Dan digadang-gadang berbagai pihak sebagai titisan Pramoedya Ananta Toer.

    Dan semoga saran saya di atas bisa jadi alat tukar untuk buku:
    1. Mawar Hitam – Candra Malik
    2. Versus – Robin Wijaya
    3. Little Bee – Chris Cleave
    4. Happily Ever After – Winna Efendi

    BalasHapus
  37. Ari | muthia_batari@yahoo.com | @tiarizee | https://twitter.com/tiarizee/status/710011128013844480 | Mawar Hitam,Versus,Happily Ever After,& Little Bee.

    1. Dari yang paling basic; bagaimana cara menulis review yang baik, menjadi pembaca yang baik sekaligus cara mengapresiasinya, dan lain-lain. Pokoknya hal-hal basic yang mungkin selama ini dilupakan.

    2. Bisa ceritakan terlebih dahulu tentang kakak. Sejarah bagaimana bisa berkecimpung di dunia membaca, mengapa menyukai aktivitas membaca, pendapat kakak tentang dunia perbukuan sekarang, perjalanan hidup sebagai reviewer dan blogger, apa saja hal yang menyenangkan dan menyebalkan saat nge-blog, genre buku kesukaan, penulis favorit, buku favorit sepanjang masa menurut kakak yang kalimat ataupun perkataannya diterapkan di kehidupan nyata, hingga foto-foto timbunan bukunya!

    3. Q & A seputar tata cara penulisan yang baik dan benar. Walaupun mungkin sudah banyak artikel yang membahas tentang hal ini, namun 'biasanya', sama seperti kita sedang belajar matematika, kita bisa lebih cepat mengerti jika diajarkan dengan 'bahasa' tidak bertele-tele yang digunakan oleh teman kita. Pertanyaan Q & A bisa didapat dari pertanyaan para teman-teman pembaca, maupun pertanyaan yang memang sering dipertanyakan, seperti; EYD, tanda baca, dll.

    4. Membuat biografi dari penulis-penulis dalam maupun luar negeri :D

    5. Diskusi tentang tema yang sudah ditentukan dengan pembaca blog. Dari sini bisa terjalin komunikasi antara pembaca blog dengan bloggernya. Serta bisa mengetahui lebih jelas, siapa aja sih pembaca blog ini. Tak kenal maka tak sayang, bukan?

    6. 'Pojok Update' dalam dunia perbukuan. Bisa tentang isu terkini para penulis (dalam maupun luar negeri), hal-hal yang sedang menjadi topik hangat dalam dunia perbukuan, dan juga bisa tentang buku-buku apa saja yang sedang sangat dinantikan oleh jutaan pembaca di seluruh dunia.

    7. Membuat 'List Buku berdasarkan....'
    Bisa membuat daftar buku berdasarkan kehebatan penulisnya dalam memotivasi para pembaca, berdasarkan penokohan cerita yang tidak biasa, berdasarkan cerita paling anti-mainstream yang pernah diangkat, berdasarkan latar tempat & suasana yang dikemas dengan baik oleh penulisnya, berdasarkan genre-nya dan lain-lain! Hal ini bukan saja jarang ditulis oleh blogger lainnya, tapi juga membuat kami, para pembaca blogger kakak senang untuk berkunjung ke blog ini sekadar untuk mencari referensi buku yang hendak dibeli.

    8. Sharing tempat menarik yang bisa digunakan sebagai 'spot' asik untuk membaca. Selain itu, hal ini juga bisa dijadikan pembelajaran untuk mulai menumbuhkan budaya membaca dimana saja.

    9. Simpel, tapi jarang dijadikan ide artikel oleh para blogger; Sharing lagu-lagu yang cocok buat dijadikan backsound sambil membaca buku. (Aku paling nggak bisa baca buku sambil dengerin lagu. Pengin sekali-sekali mematahkan mindset ini. Jadi, rekomendasiin aku dong kak, lagu yang cocok berikut juga dengan buku yang harus aku baca dengan lagu itu :D)

    10. Buku versus Film hasil adaptasinya. Ga dipungkiri lagi, kalau kebanyakan buku yang diadaptasi malah berakhir tidak sesuai dengan ekspektasi kita. Karenanya, aku ingin kakak membuat perbandingan antara keduanya; kekurangan serta kelebihan cerita pada jenisnya masing-masing. Apakah ada buku yang hasil adaptasinya malah membuat kakak kecewa? Ataupun sebaliknya?

    11. 'Saat mendapatkan sebuah buku' (Ini bisa sedikit dijadikan cerita humor, menurutku) Bagaimana perjuangan kakak saat mendapatkan buku yang diidamkan selama ini. Bisa dari saat susah payah menabung uang untuk membelinya, hal tak terduga saat hendak membeli buku tersebut, euforia saat sudah membeli bukunya, ataupun yang pada akhirnya berubah haluan untuk beli buku yang ternyata lebih menarik daripada buku incaran wkwk.

    12. Bisa juga setiap beberapa bulan sekali membuat tulisan ringan, yang terinspirasi dari 'quotes' pada buku berkesan yang telah dibaca. Ya, sejenis cerpen begitulah, setidaknya untuk mengasah kembali kemampuan menulis :D

    BalasHapus
  38. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Email : n0v4ip[at]gmail[dot]com
    Twitter : @n0v4ip
    Link Share : https://twitter.com/n0v4ip/status/710024359348477953

    Buku pilihan :
    School: Chemistry – aL Dhimas
    Versus – Robin Wijaya
    Happily Ever After – Winna Efendi
    Little Bee – Chris Cleave

    Mungkin bisa ditambah seputar artikel gimana kak Ari *eaa, SKSD* mereview sebuah buku. Langkah-langkah dan hal-hal apa yang menjadi perhatian kakak dalam mereview buku. Atau bisa juga membuat artikel seputar buku-buku yang sangat mempengaruhi mood kakak setelah membacanya juga menarik. Pasti seru mengetahui buku-buku yang bisa mempengaruhi minat baca kakak.... :D

    Terima kasih kak ^^

    BalasHapus
  39. Nama : Rizkiana Hidayati
    Email : rhimawari88@gmail.com
    Akun Twitter : @rzknhdyt
    Link Share : https://mobile.twitter.com/rzknhdyt/status/710026712835162112?p=v

    - Tentang tips-tips cara merawat buku dengan baik supaya buku tidak menguning atau apapun itu tentang cara merawat koleksi buku. Tips memenangkan giveaway juga boleh hehe
    - Rekomendasi buku yang bagus misalnya di post per bulan.



    Buku pilihan:
    Happily Ever After – Winna Efendi
    Rahasia Batik Berdarah – Leikha Ha
    Versus – Robin Wijaya
    Little Bee – Chris Cleave


    Terima kasih udah ngadain giveaway nya.

    BalasHapus
  40. Bintang Maharani
    btgmhrn@gmail.com
    @btgmr
    https://twitter.com/btgmr/status/710012571999412224

    Buku pilihan:

    1. Happily Ever After (Winna Efendi)
    2. Kilah (Vinca Callista)
    3. Mawar Hitam (Candra Malik)
    4. Little Bee (Chris Cleave)

    Jawaban:

    1. Asal mula suka buku dan gila baca.
    2. Bacaan favorit: pas masih kecil dan yang sekarang.
    3. Sejarah terbentuknya blog ini sekaligus pengalaman apa saja yang didapat selama bergabung dengan BBI.
    4. Daftar buku-buku yang nggak tuntas dibaca dan/atau ngeselin pas dibaca. Soalnya kalau buku-buku yang disuka dan direkomendasikan untuk dibaca kan sudah mainstream.
    5. Meme about books.

    Terima kasih :)

    BalasHapus
  41. Rini Cipta Rahayu
    rinspiration95@gmail.com
    @rinicipta
    https://twitter.com/RiniCipta/status/710126834072084480

    Artikel yang mungkin bisa kakak tuliskan sebagai selingan dari book review, misalnya :
    -kumpulan quotes dari satu buku (utamanya novel). Ini sih sering banget aku kumpulin, tapi nggak di post di blog hehe..
    -Hal setema dalam beberapa buku misalnya dari segi jalan cerita, deskripsi tokoh disertai dengan analisisnya atau dari cara pandang kakak. Mengenai genre dan contoh bukunya, soalnya masih belum paham dengan ilmu seputar buku.
    -Book of the Month : diisi dengan postingan buku-buku yang dibaca selama sebulan. Kesan-kesan tapi bukan review, lebih ke arah curhat pribadi sih atau khusus pembahasan tentang buku itu secara mendalam dari mulai proses produksi hingga terbit (bisa undang penulis atau editornya sekalian)
    -Kaleidoskop : sempet ada, tapi kayaknya nggak dilanjutin? Bagus sih, flashback sekalian nostalgia sama buku yang udah pernah dibaca.
    Semoga bermanfaat ya kak :)

    Mau bukunya Winna Efendi, Vinca Callista, Robin Wijaya, Leikha Ha

    BalasHapus
  42. Arfina
    arfina.tiara123@gmail.com
    @ipinkaramel
    https://twitter.com/IpinKaramel/status/710714318589825024

    Saya usul sih curhatan tentang buku-bukuan gitu, curhat pas beli buku atau ga toko bukunya kebanjiran gitu. Terus kasih tips dan trik pas ngeresensi buku, atau bisa aja teknik menulis hehehe. Bisa juga post solusi-solusi problem blog buku atau kuis tapi ngga perlu hadiah. Atau mungkin interview dengan penulis, hm, liputan saat book talk show. Atau mungkin post DIY mengenai buku, entah itu sampul kain, bookmark dari kolor, or yaa semacam postingan yang lebih ringan dan bisa dibilang kurang penting tapi sebagai interval karena post serius terus. Maaf ya ngelantur, Btw, thanks for Ga!

    BalasHapus