Minggu, 03 November 2013

[Book Review] Carrie by Stephen King






Judul: Carrie
Pengarang: Stephen King
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2013
Tebal: 256 halaman

“Banyak anak bilang mereka merasa iba pada Carrie White—kebanyakan perempuan, dan itu sangat lucu—tetapi aku bertaruh tidak ada di antara mereka yang sesungguhnya mengerti bagaimana rasanya jadi Carrie White, setiap detik sepanjang hari. Dan mereka tidak sungguh-sungguh peduli.”

Carrieta White memang bukan remaja biasa. Di sekolah dia selalu di-bully oleh murid-murid lain. Di rumah lebih parah lagi karena ibunya merupakan seorang yang fanatik terhadap agamanya dan tak jarang menyakiti dirinya sendiri dan Carrie dengan alasan yang tak masuk akal.

Suatu hari, ketika berumur tujuh belas tahun Carrie baru mengalami (maaf) haid, dan dia sama sekali tidak tahu dan panik melihat darah yang keluar secara terus menerus itu. Peristiwa itu malah membuka kesempatan anak-anak wanita lain yang melihat Carrie menangis melihat darah itu berlaku kurang ajar—melemparinya dengan pembalut—terhadap Carrie.

Satu yang mereka tidak tahu, ternyata sejak peristiwa itu Carrie menyadari kalau dia punya kemampuan telekinesis, yaitu kemampuan yang dapat membuatnya berkuasa atas benda apa pun yang dikehendakinya.

Ketika Pesta Dansa Musim Semi Sekolah Menengah Atas Ewen hampir tiba, Susan Snell atau Sue yang merasa bersalah pada Carrie karena juga ikut andil melempari Carrie dengan pembalut, meminta Tommy Ross untuk mengajak Carrie sebagai pasangannya pergi ke pesta prom itu.

Mereka sama sekali tidak menyadari kalau hal itu merupakan awal malapetaka yang akan terjadi dan tidak akan pernah dilupakan oleh penduduk seisi kota bahkan dunia.

“Aku hanya ingin dibiarkan menjalani hidupku sendiri. Aku… aku tidak suka hidupmu.”

Ini kali pertamanya saya membaca novel karya Stephen King. Biasanya saya hanya menikmati adaptasi layar lebar karyanya seperti The Mist yang punya ending gila itu. Dan tentu saja saya pernah menonton Carrie versi De Palma jauh sebelum saya membaca buku ini.

Mendengar sang penerbit menerbitkan terjemahannya, saya langsung kegirangan karena sudah lama sekali saya ingin membaca buku ini, mungkin sejak saya menonton filmnya. Apalagi momen diterbitkannya buku ini pas mengingat remake Carrie yang memajang Chloë Grace Moretz sebagai pemeran utamanya akan segera dirilis. Sayangnya menurut saya pemasaran buku ini kurang digembar-gemborkan. Tapi saya tidak akan membahas hal itu di sini karena akan sangat panjang :D

Saya akui dari awal uncle Stephen King *sok akrab* sudah berhasil membawa feel horornya. Yang saya suka adalah selingan-selingan artikel-artikel atau kutipan-kutipan dari buku, telegraf dan media lain mengenai peristiwa mengerikan itu. Anehnya, tak jarang kutipan-kutipan itu telah menyebutkan apa yang akan terjadi, tapi malah membuat saya semakin penasaran untuk segera sampai ke peristiwa inti itu.

Dan kehancuran yang digambarkan di buku ini jauh lebih parah dari yang digambarkan di film adaptasi versi De Palma, jadi yang sudah menonton filmnya jangan ragu-ragu untuk membaca buku ini ya, apalagi terdapat beberapa perbedaan yang lain.

Salut dengan uncle Stephen King yang berhasil menggambarkan ke-psycho-an ibu Carrie, perasaan dan amarah Carrie dan peristiwa di malam prom itu dengan detail dan terasa nyata.

Saya juga sangat suka dengan covenrya, perpaduan warnanya pas dan ilustrasinya mengerikan.
Next, saya mau membaca Under the Dome yang dibundel buku 1 & 2-nya sayang harganya cukup menguras kantong .__.). Mungkin ada yang bersedia membelikan saya? Atau ngasih sekennya gpp deh. Anyone? xD
“Yesus memperhatikan dari dinding;
Namun dingin wajahnya bagai batu,
Dan kalau Yesus mencintaiku
Seperti yang dia bilang
Mengapa aku merasa sendirian?”


RATING 5/5

4 komentar:

  1. aku lagi ngumpulin buku King yang bagus apa daya.....uangnya gak ada :v doain aing bisa dapat ini segera yak :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin :D harga buku ini tergolong bersahabat kok, harga aslinya Rp. 47.000. Kalo di toko buku online sering didiskon bisa lebih murah *malah promosi* xD

      Hapus
    2. percuma aja klo ongkir ke rumahku hampir 20k (´Д`。)

      Hapus